Tips Jaga Kebersihan Siber (Cyber-Hygiene) untuk Individu dan UKM

ArenaLTE.com - Apakah Anda tahu bahwa 80% PC baru yang dilengkapi perangkat lunak bajakan di Asia terinfeksi malware? Informasi ini diperoleh dari penelusuran uji coba pembelian PC yang digagas oleh Microsoft. 

Menurut hasil penelusuran uji coba pembelian PC oleh Microsoft, Asia PC Test Purchase Sweep, salah satu praktik paling umum bagi penjual yang menginstal perangkat lunak bajakan pada PC baru adalah dengan mematikan fitur keamanan sehingga mereka dapat menjalankan alat peretas untuk mengaktifkan perangkat lunak bajakan.
 
Terkait hal ini, konsumen dan pemilik usaha kecil dan menengah (UKM) di Asia, termasuk di Indonesia harus punya pemahaman secara menyeluruh mengenai PC baru yang dilengkapi perangkat lunak bajakan dan risiko yang dapat timbul terhadap individu dan bisnis.

Berikut adalah tips supaya kebersihan siber atau cyber-hygiene pada perangkat milik individu dan UKM tetap terjaga. 

1. Menggunakan perangkat lunak asli adalah garis pertahanan pertama melawan penjahat siber.
 
2. Langkah mendasar yang dapat dilakukan oleh pengguna untuk melindungi  mereka secara digital adalah dengan selalu membeli PC dari penjual resmi dan bukan dari penjual perangkat lunak bajakan, dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perangkat lunak asli. 

3. Konsumen harus merujuk kepada situs penyedia perangkat lunak untuk mempelajari bagaimana cara membedakan perangkat lunak asli dari bajakan.
 
4. Selain menggunakan perangkat lunak asli, masyarakat juga dapat mempertimbangkan dan mengikuti rekomendasi berikut untuk melindungi diri mereka dengan lebih baik:

- Selalu perbarui perangkat lunak dengan pembaharuan sistem keamanan terbaru, yang selalu cuma-cuma.
- Ikuti praktik Internet yang aman dan jangan mengunjungi situs web yang dapat membahayakan perangkat, seperti situs yang menawarkan konten dewasa, unduhan ilegal, dan perangkat lunak bajakan, serta portal berbagi dokumen.
- Hindari penggunaan perangkat lunak yang sudah sangat lama yang telah mencapai akhir masa pakainya dan tidak lagi didukung pembaruan dan sistim keamanan dari penyedia perangkat lunak.

Leave a Comment