Samsung Ciptakan Chip Memori 1 TB untuk Smartphone

ArenaLTE.com - Punya smartphone yang penyimpanan memorinya sebesar 256 GB saja sudah bingung mau menyimpan apa. Sekarang bayangkan ada smartphone yang ruang memorinya sebesar 1 TB, atau setara 1000 GB. Dan itu bukan khayalan, karena sebentar lagi bakal ada smartphone model begitu.

Adalah Samsung, pabrikan smartphone asal Korea Selatan, yang lini produknya merajai segmen smartphone di dunia, bersiap memperkenalkan smartphone dengan daya tampung memori sebesar 1 TB. Langkah ke arah sana, dimulai dengan mengumumkan kreasi teknologi terbarunya, chip 1 TB embedded Universal Flash Storage (eUFS) untuk smartphone.

“eUFS 1 TB ini diharapkan dapat berperan penting dalam memberikan pengalaman menggunakan perangkat mobile mirip dengan menggunakan note-book,” kata Cheol Choi, Executive Vice President of Memory Sales and Marketing, Samsung Electronic. Memang, kapasitas 1 TB memori itu sama dengan kapasitas (memori) sebuah note-book.

Penciptaan chip memori internal dengan daya tamping raksasa ini, dipicu dengan meningkatnya tren menyimpan foto, video , lagu, dan sebagainya di smartphone. Selalu ada keluhan dari (sebagian) orang, ruang memori smartphone mereka tak cukup untuk menyimpan segala jenis file tersebut. Solusi penambahan ruang memori, saat ini ada pada kartu memori eksternal, atau menitipkan di Cloud. Tapi ya, kurang praktis.

Nah, dengan chip eUFS 2.1 dengan kapasitas 1 TB yang dirancang untuk perangkat mobile, orang boleh berharap tak ada lagi masalah keterbatasan ruang memori di smartphone. Ukuran chip memori ini sama persis dengan produk sebelumnya, yang berkapasitas 512 GB, hanya 11.5 x 13 mm. Sehingga, tak butuh penambahan dimensi smartphone. Tetapi, daya tampung yang dua kali lipat.

Samsung menyebut, chip memori ini mampu menampung 260 video 4K UHD (3840 x 2160) yang durasi masing-masing 10 menit. Sebagai bandingan 64 GB memori (yang dipakai kebanyakan smartphone masa kini), hanya mampu menampung 13 video dengan format dan ukuran yang sama.
Chip memori baru ini juga memiliki kecepatan baca hingga 1000 Mbps, yang setara dengan 10 kali kecepatan  kartu microSD.  Atau dua kali lipat kecepatan baca 2.5 inch SATA SSD. Secara teori, artinya mampu memindahkan file video FHD sebesar 5 GB ke NVMe SSD hanya lima detik saja. Lebih jauh, kecepatan baca acak meningkat 38% dibanding versi 512 GB.  Kemampuan ini, akan sangat mendukung fungsi multi kamera pada smartphone-smartphone flagship teranyar dan mendatang.

Samsung sendiri mengatakan sudah memulai produksi massal chip memori ini, di pusat produksi di Pyongtaek, Korea. Produksi dimulai pada semester pertama 2019, untuk mengantisipasi permintaan tinggi akan 1 TB eUFS ini dari pabrikan smartphone dunia.  Namun begitu, Samsung sendiri tak menyebutkan, chip memori baru ini bakal dipasangkan di lini produk smartphone Samsung yang mana.

Leave a Comment