REVIEW REALME 3: SENJATA PAMUNGKAS DI KELAS MID-ENTRY

Plus

  • Desain cantik dan ergonomis
  • Layar lebar dan responsive
  • Kamera performa tinggi
  • Kapasitas baterai besar
  • Value for Money tinggi

Minus

  • Tak dilengkapi VoLTE

Score: 8.0

DESAIN
8
LAYAR
8
KAMERA
8
MULTIMEDIA
7
PERFORMA
8
VALUE FOR MONEY
9
ArenaLTE.com - Di jagad smartphone Indonesia, Realme boleh disebut sebagai salah satu pendatang baru. Rookie di tahun 2018. Meskipun sebenarnya, di belakang Realme ada nama Oppo, brand besar yang sudah sukses menjadi salah satu pemain besar di dunia. Realme adalah brand besutan Oppo.
 
Realme memulai debut dengan merilis seri Realme 1 dan Realme 2. Kedua seri itu mendapat sambutan lumayan antusias dari pengguna smartphone Tanah Air. Kini, Realme bersemangat sekali untuk meraih pencapaian lebih tinggi. Untuk itulah Realme 3 dihadirkan di sini.
 
Realme melakukan banyak hal untuk membuat seri terbaru ini tampil lebih oke dibanding pendahulunya. Mulai dari desain, yang dirancang dengan cermat serta mengikuti style kalangan muda yang jadi sasaran pasarnya. Hingga ke spesifikasi dan kemampuan yang ditingkatkan. Semua itu dilakukan untuk membuat Realme menjadi pilihan terbaik untuk smartphone di bawah Rp2 juta.
 
Berapa persisnya harga Realme 3 di Indonesia? Ketika artikel ini diturunkan, belum ada informasi resmi soal itu. Namun mengingat filosofi Realme yang ingin menghadirkan smartphone spesifikasi bagus dengan harga terjangkau, serta “sinyal” yang disentil Realme, sepertinya harganya memang di bawah Rp2 juta. Kita lihat saja nanti. Sekarang mari lihat review-nya dulu.

DESAIN

Ukuran                   : 156.1 x 75.6 mm
Tebal                      : 8.3 mm
Bobot                     : 175 gram
Platform                : Unibody
 


Pertama melihat tampilan Realme 3 sesaat setelah dikeluarkan dari boks, komentar yang bisa diucapkan adalah, ponsel ini memang keren. Dia hadir dengan form factor unibody,  dan cover belakangnya memantulkan kilauan biru yang  menawan –kebetulan ArenaLTE mendapat varian Radiant Blue. Pernah lihat peralihan warna biru laut dalam ke biru kehijauan laut dangkal? Kira-kira begitulah tampilan cover belakang Realme 3.
 
Tampilan cantik itu dikombinasikan dengan pengerjaan body yang terukur. Banyak smartphone unibody dengan frame terlihat di tengah-tengahnya, seperti roti lapis, frame diapit panel belakang dan panel depan (layar). Realme 3 tampil berbeda. Tak nampak frame yang diapit panel. Yang ada hanyalah panel belakang dengan sisi cembung, tersambung sempurna (seamless) dengan panel layar.
 
Desain frameless ini terlihat lebih classy. Tetapi yang utama adalah, sangat menunjang aspek ergonomis. Sisinya yang cembung itu terasa nyaman dan pas dengan lekukan telapak tangan. Tak menyisakan sensasi sudut tajam yang mengganggu saat digenggam. Ditunjang pula dengan struktur body kokoh, yang membuatnya makin mantap saat digenggam.


 
Realme menerapkan konsep warna gradasi, yang jadi  tren di kalangan smartphone-smartphone premium. Mirror–like surface pada cover belakang, dipadu dengan warna gradasi biru ke biru kehijauan, memancarkan kesan dinamis, trendy dan atraktif, cocok dengan karakter kaum muda kekinian.
 
Realme juga memperhatikan detil-detil kecil pada aspek desain ini. Misalnya, penempatan logo Realme di cover belakang, yang ditaruh pada posisi vertical dan memberi efek fashion lebih kental. Lantas lubang kamera dan finger print, yang diberi frame metal bernuansa emas, yang membuatnya lebih catchy. Serta, penempatan tombol volume di sisi kiri dan tombol power di kanan, yang membuat mudah terjangkau jari.

DISPLAY

Jenis                                       : IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran                                   : 6.22 inches, 96.6 cm2
Resolusi                                 : 720 x 1520 pixels
Rasio Tampilan                     : 19:9 ratio
Ratio ke Body                       : 88.3 %
Proteksi                                 : Corning Gorilla Glass 3
 


Bila pada seri sebelumnya, notch hadir dengan bentuk memanjang, kini pada Realme 3 notch hadir dengan konsep tetesan embun (dewdrop), yang minimalis. Di sini Realme berhasil mengintegrasikan kamera depan, sensor cahaya dan jarak, serta saluran suara dalam satu ruang minimalis. Hasilnya adalah sebuah layar full view yang optimal menyajikan tampilan layar luas.
 
Layar maksi 6.22 inchi ini dipadukan dengan rasio luas layar pada body sebesar 88.3%, bezel minimalis selebar 2 mm, kecuali di bagian bawah yang lebih tebal. Serta komposisi tampilan 19:9. Performa layar mampu menyajikan tampilan yang halus, tajam dan cerah, serta cukup tangguh menahan ghost effect tatkala berada di luar ruang dengan sinar matahari langsung.

KAMERA

Belakang                : Dual camera 13 MP, f/1.8, 1/3", 1.12µm, PDAF +  2 MP, Depth Sensor
Depan                    : 13 MP, f/2.0, 1/3", 1.12µm
Flash Light             : LED Flash
Video                     : 1080 @30 fps
 


Realme 3 memiliki sepasang kamera dengan komposisi ideal di bagian belakang –yang berfungsi sebagai kamera utama. Lensa utama sebesar 13 Mpix dan lensa pendamping sebesar 2 Mpix. Meski besaran lensa sama dengan seri pendahulu (Realme 2), namun ada perbaikan pada aperture, yang kini mendapat bukaan lensa f/1.8.
 
Performa kamera utama Realme 3 boleh dibilang memuaskan.  Itu terlihat dari foto yang dihasilkan dari jepretan kameranya, yang tajam, cerah, warna yang cukup padat, proses focusing yang cepat dan akurat. Padahal, itu dilakukan dengan setting “polosan”, dengan memilih mode photo.
 
Sementara di dalam menu kamera, ada yang namanya moda chroma boost. Moda ini membantu meningkatkan kualitas foto menjadi lebih tajam, detil yang lebih kaya, kepekatan warna yang lebih tinggi, dan memberi kedalaman ruang agar foto tak tampak datar.



Aperture f/1.8 yang dimilikinya sudah cukup untuk membantu memotret dalam kondisi low light. Bukaan sebesar itu membantu lensa menangkap lebih banyak cahaya. Terutama pada bagian obyek utama. Tak perlu dibantu flash light –kecuali memang benar-benar minim cahaya—untuk membuat sebuah foto yang lumayan jernih dari noise meski dalam kondisi temaram.
 
Apalagi kalau mengaktifkan moda nightscape. Moda ini memang tak ditempatkan pada jajaran pilihan moda yang ada di bagian bawah view finder. Atau seperti moda chroma boost yang ada di bagian atas. Klik pada ikon menu yang ada, lalu pilih nightscape. Moda ini memungkinkan untuk membuat foto di malam hari –benar-benar dalam keadaan gelapnya malam.


 
Nighscape akan menyerap cahaya lebih banyak, mengontrol dan  meningkatkan eksposure pada bagian yang disorot kamera. Untuk memotret malam dengan suasana lampu perkotaan, misalnya, tak dibutuhkan long eksposure untuk merekam gambar. Prosesnya hanya berlangsung antara 3 hingga 5 detik, sudah cukup. Hasilnya adalah foto yang bersih dari noise, detil yang lebih kaya, serta meredam efek pendaran cahaya (lampu).
 
Performa kamera yang memuaskan ini tak lepas dari dukungan teknologi AI (artificial intelligent) yang disertai di seri baru ini. Teknologi ini membantu pengguna dengan mudah mendapatkan hasil foto terbaik, dengan secara cerdas dan mandiri memilih strategi pencahayaan yang pas dengan kondisi yang ada. Teknologi AI yang dimiliki Realme 3 ini mampu mengenali 16  pemandangan independen dan 100 kombinasi pemandangan.


 
Sekarang beralih ke kamera selfie 13 Mpix yang ditaruh di depan. Menurut keterangan, kamera ini merupakan kombinasi lensa 5P dengan aperture f/2.0, sensor berukuran 1/3 inchi dan ukuran piksel tunggal 1.12 um. Spesifikasi ini diberikan untuk menyajikan foto selfie yang mampu bermain dalam kondisi apapun, dengan tetap mempertahankan detil dan komposisi warna yang ideal.
 
Ditunjang dengan teknologi AI, yang menggunakan algoritma SelfiePro RealmeU1. Karenanya kamera dapat dengan tepat memberikan detil warna kulit, mata dan rambut melalui 296 titik identifikasi wajah. Hasilnya adalah sebuah foto selfie yang akan membuat penggunanya terkagum-kagum sendiri, dan membuat anda tak sabar menaruhnya sebagai profile picture.


 
Asyiknya lagi, fitur kamera selfie Realme 3 ini dilengkapi kemampuan membedakan gender pada moda beauty-nya. Ketika memotret group selfie (kamera dapat menampung 4 orang dalam satu frame), kamera akan mengidentifikasi gender yang berbeda dan memberikan “perlakuan” berbeda pula pada obyek foto –Wanita akan tampak lebih ayu tanpa membuat pria ikut jadi kemayu juga.

MULTIMEDIA



Sebagai smartphone keluaran terkini, tentu aspek lain yang patut diperhatikan adalah kemampuannya sebagai perangkat multifungsi. Pertama adalah fungsinya sebagai perangkat hiburan (entertaintment). Ada music player dan radio FM sebagai sarana mendengar music. Kualitas keluaran audionya oke juga, keseimbangan nada terjaga dengan baik. Tidak terlalu cempreng dan tidak juga terlalu nge-bass.
 
Pemutar videonya dapat memainkan video full HD. Anda bisa mendapatkan sajian video yang halus dan tajam. Ditunjang pula dengan layar lebarnya, membuat menonton video menjadi menyenangkan. Ditambah dengan keluaran audio yang berkelas, membuatnya jadi makin menyenangkan.
 
Gaming? Layar lebar multi touch, dibarengi dengan GPU Mali-G72 MP3 menyajikan pengalaman gaming yang mengasyikkan. Realme 3 dilengkapi menu Game Space yang dapat secara otomatis membantu menyimpan game. Setiap kali aplikasi game baru diinstal, Game Space akan menyimpan aplikasi tersebut pada saat yang sama. Fungsi optimisasi game yang relevan akan dihidupkan, sehingga memudahkan manajemen aplikasi game yang ada untuk pengguna. Tersedia juga mode kinerja, mode jangan-ganggu, hingga kunci kecerahan.

NETWORK & KONEKTIVITAS

Jaringan                 : 2G/3G/4G, LTE-A Cat 12 (600/50 mbps)
WiFI                        : Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
Bluetooth               : 4.2, A2DP, LE
SIM                         : Active Dual nano simcard
USB                        : microUSB 2.0, USB On-The-Go


 
Realme sudah mendukung jaringan 4G LTE, yang kompatibel dengan jaringan operator penyedia 4G LTE di Indonesia. Namun khusus untuk Smartfren, yang tak punya lagi jaringan 3G/2G, Anda harus meng-install dulu aplikasi VoLTE untuk bisa melakukan panggilan suara atau mengirim/menerima SMS. 
 
Pengujian pada aspek konektivitas yang lain juga berjalan bagus. Keterhubungan dengan perangkat lain melalui Bluetooth, WiFi, berjalan mulus. Realme 3 menggunakan microUSB 2.0 yang sudah mendukung USB On The Go (OTG).

FITUR LAIN

Quiet Time: Fitur ini berfungsi untuk “mencegah” Anda terus-terusan memainkan hape tanpa kenal waktu. Aktifkan moda Quiet Time, dan setel waktu kapan Anda tak mau diganggu oleh pesan masuk, panggilan, dan aplikasi lainnya. Hanya aplikasi yang “diijinkan” yang masih bisa tetap aktif.
 
Moto Ride: Pernah bertemu orang bertelepon atau membaca pesan saat berkendara? Menyebalkan! Karena mengganggu pengendara lain. Maka, janganlah menjadi bagian dari orang menyebalkan itu. Aktifkan fitur Moto Ride. Begitu aktif, semua notifikasi dapat dibisukan. Pengguna dapat menolak panggilan yang tidak diinginkan dan secara otomatis menjawab dengan SMS. Kecuali nomor yang dipilih. Panggilan masuk ditampilkan dalam tombol besar. Hanya tombol pickup yang disediakan.
 
Security: Realme 3 dilengkapi fitur pengamanan tiga lapis untuk mencegah orang lain iseng mengotak-atik hape Anda. Pertama dengan PIN. Lalu ada finger print recognition yang bekerja responsif dan akurat membaca sidik jari pemilik. Terakhir ada Facial Unlock, yang bekerja hampir real time untuk membuka kuncian layar dengan metoda pengenalan wajah.
 
Aspek security memang menjadi salah satu perhatian khusus di smartphone ini. Banyak tersedia fitur pengamanan lain yang berhubungan dengan penggunaan aplikasi hingga kuncian keypad. Bahkan ada fitur pengaman untuk payment, yang mencegah akun payment Anda disalah gunakan orang lain.

PERFORMA

OS                           : Android 9.0 Pie + ColorOS 6.0
CPU                        : Octa-core (4x2.0 GHz Cortex-A73 & 4x2.0 GHz Cortex-A53)
GPU                        : Mali-G72 MP3
Chipset                  : Mediatek MT6771 Helio P60 (12 nm)
RAM                       : 4 GB
ROM                       : 64 GB
Ext Memory           : MicroSD hingga 256 GB, dedicated slot


 
Realme 3 sudah disematkan sistem operasi terbaru besutan sendiri, ColorOS 6.0, yang berbasis Android terbaru, versi 9.0 Pie. Paduan itu berhasil menyajikan user interface dengan desain yang lebih dinamis dan atraktif khas Realme. Jajaran menu ditampilkan lebih menyeluruh tanpa batas, tersusun berdasarkan abjad untuk memudahkan eksplorasi. Serta kompatibel dengan bermacam aplikasi android luaran terbaru yang dirancang untuk Android 9.0 Pie.
 
Menggunakan SoC Helio P60 dari Mediatek. Seri ini mengadopsi proses FinFET 12 nm, yang menjanjikan kinerja lebih efisien dalam penggunaan daya namun tetap powerfull. Itu ditunjukkan dengan performa Realme 3 yang dengan gampang melahap berbagai fungsi dan aplikasi. 
 
Kinerjanya yang mulus itu tak lepas dari desain Helio P60, yang hadir dengan multi-threaded APU (AI Processing Unit). Mencakup prosesor multi-inti dan prosesor smart control logic.  Kombinasinya dengan NeuroPilot, menghasilkan performa dua kali lebih efisien dalam penggunaan daya. Komponen ini bisa menggenjot proses komputasi hingga 280 GMAC per detik, yang  menjadikannya terminal artificial prosessing paling kuat di kelasnya.


 
Dalam pengukuran dengan AntutuBench, Realme 3 mencatat skor 131.735. Ini jelas pencapaian yang bagus buat smartphone kelas menengah semacam ini. Angka itu lebih tinggi dibanding dengan pencapaian smartphone sekelas, semacam Asus Zenfone Max Pro M2 dan Honor 8C.

BATERAI

Jenis                       : Lithium Polymer
Kapasitas               : 4230 mAh
Tipe                        : Non-removable
Flash Charge         : Fast battery charging 10 W
 
Di bodynya yang sebenarnya termasuk tipis, disematkan baterai kapasitas besar, 4.230 mAh. Ini termasuk tertinggi di antara pesaing sekelas. Kapasitas besar ini tentu menjamin pemakaian yang lebih lama. Apalagi ditambah dengan sistem pengelolaan yang membuat daya terpakai secara efisien.  
 
Pengelolaan daya secara lebih cerdas itu, tak hanya menghasilkan konsumsi daya yang efektif, tetapi juga mampu mengelola suhu ponsel agar tidak overheating. Dalam pengujian, meski digeber secara intensif, tak terjadi peningkatan suhu yang siginifikan pada body smartphone. Ini penting untuk kenyamanan penggunaan. Ada sejumlah fitur untuk pengelolaan daya baterai agar lebih efisien. Sleeping mode, misalnya. Fitur ini dapat “merasakan” kalau pengguna sedang istirahat atau tidur. Ponsel secara otomatis akan beralih ke moda Low Power, untuk menghindari penggunaan daya yang tidak perlu.
 
Lantas ada lagi yang namanya Screen Battery Optimization. Bila mengaktifkan moda ini, ponsel secara otomatis menurunkan kualitas tampilan layar agar tak terlalu banyak menghabiskan daya baterai. Ada dua pilihan, balance mode akan meningkatkan daya tahan baterai sebesar 5%. Sementara high energy efficiency mode, meningkatkan ketahanan baterai hingga 10%.
 
Realme 3 dilengkapi teknologi fast charging 10 W, yang memungkinkannya mengisi ulang baterai dengan cepat. Dalam percobaan, mengisi baterai dari 10% hingga penuh, memakan waktu kurang dari 2 jam.

VALUE for MONEY



Ketika artikel ini diturunkan, belum ada konfirmasi harga resmi dari Realme. Namun sebagai perkiraan, Realme 3 dipasarkan di India dengan hargar sekitar 9000 Rupee –atau sekitar Rp1.830 juta. Jadi, mungkin harganya tak akan jauh-jauh dari kisaran itu. Kalau memang harganya nanti di sini sekitar dua juta rupiah, wow, jelas Realme 3 bisa membuat competitor kalang kabut. Bayangkan, sebuah smartphone dengan desain cantik, spesifikasi tinggi dan lengkap, performa kinclong, tetapi harganya sekitar 2 juta rupiah? Siapa yang tidak ngiler.(ADV)

Leave a Comment