REVIEW HUAWEI NOVA 3i: SMARTPHONE MENENGAH EMPAT LENSA

Plus

  • Desain cantik
  • Empat kamera
  • Layar luas
  • Storage besar
  • Night Mode Photo

Minus

  • Simcard slot hybrid
  • Peningkatan suhu saat bekerja intens
  • Tak punya EIS/OIS pada kamera

Score: 7.8

DESAIN
9
LAYAR
8
KAMERA
8
MULTIMEDIA
7
PERFORMA
8
VALUE FOR MONEY
7
ArenaLTE.com - Huawei menggeber segmen menengah dengan terus menghadirkan serial Nova. Setelah Nova 2 Lite, pabrikan asal Cina itu melanjutkan dengan merilis Nova 3i. Hape cerdas satu ini diterjunkan di segmen menengah atas.
 
Punya desain cantik, spesifikasi yang lumayan tinggi, serta mendapat pengembangan dalam beberapa aspek, sehingga dikatakan lebih baik dari pendahulunya, Nova 2 Lite. Termasuk salah satunya, adalah teknologi AI yang lebih powerfull dan cerdas.
 
Lainnya? Dibekali dengan empat kamera, dua di belakang dan dua di depan. Kamera depan lebih besar kapasitasnya dari yang di belakang, sehingga jelas menunjukkan, Nova 3i ini diciptakan untuk memenuhi hasrat selfie penggunanya. Okelah, mari kita simak saja reviewnya:
 

DESAIN

Ukuran             : 157.6 x 75.2 mm
Tebal                : 7.6 mm
Bobot               : 169 gram
Platform           : Unibody
 


Setelah menciptakan tren mirror surface dengan balutan warna gradasi bernuansa kosmis, Huawei melanjutkannya pada seri baru ini. Cover belakang (dan juga frame) yang dibaluri warna biru bergradasi ke ungu, dilapisi glass coating, yang membuat permukaannya berkilau seperti cermin. Dan juga licin!  Inilah yang enggak enaknya, permukaan body terlalu licin sehingga mudah tergelincir dari genggaman.
 
Dimensinya sendiri sudah enak dan pas dalam genggaman. Tipis dengan bagian pinggir (frame) yang dibuat melengkung, sehingga nyaman di telapak tangan. Bobotnya juga terasa pas dan enak. Struktur body meski tipis dan kelihatan ringkih, tapi di tangan terasa kokoh dan ajeg.
 
Peletakan tombol-tombol, seperti tombol finger print di bagian belakang yang mudah dijangkau jari, serta tombol on/off yang juga pas dengan jari jempol. Secara keseluruhan rancang body Nova 3i ini sudah memenuhi syarat ergonomis. Dan pastinya, aspek “look” juga keren betul.
 

DISPLAY

Jenis                            : IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran                         : 6.3 inches, 97.4 cm2
Resolusi                       : 1080 x 2340 pixels
Rasio Tampilan            : 19.5 : 9
Ratio ke Body               : 82.2%
 


Konsep layar lebar full view dengan notch, pada akhirnya menghadirkan sebuah layar display yang bisa memanjakan mata pengguna. Bentang layar yang di atas rata-rata smatphone sekelas, ditambah dengan memaksimalkan luas layar, hasilnya adalah sebuah layar yang nyaman bagi mata, dan bersahabat dengan jari jemari.
 
Tapi kalau Anda sedikit gerah dengan poni ini, sebenarnya ada opsi menghilangkan notch ini, sehingga bagian atas layar menjadi rata. Itu bisa dilakukan dengan menyetel aturan “hide notch”. Agak tidak praktis memang, bila dibandingkan dengan satu hape cerdas lain brand, yang menyediakan opsi menyembunyikan notch ini hanya dengan sapuan jari di sudut atas layar.
 
Performa layar sentuhnya juga oke, yang dapat merespon dengan cepat sentuhan jari. Bahkan untuk beberapa sentuhan sekaligus (multi touch). Kemampuan ini juga sangat bermanfaat untuk aplikasi, semacam gaming. Bukankah memang sasarannya kalangan muda, yang rata-rata doyan gaming?
 
Selain respon yang bagus pada sentuhan jari, kualitas tampilan layar juga sangat bersahabat dengan mata. Kombinasi warna ditampilkan dengan natural dan berimbang. Tidak terlalu kontras, dan tidak pula terlihat pias (pucat). Ini dibarengi dengan ketajaman layar yang terjaga baik.
 

KAMERA

Belakang          : Dual 16 MP, f/2.2, PDAF + 2 Mpix Depth Sensor
Depan              : Dual 24 MP, f/2.0 + 2 Mpix Depth Sensor
Flash Light       : LED Flash
Video               : 1080 @30 fps
 


Fitur imaging adalah salah satu andalan smartphone buatan Huawei. Seperti pada Huawei Y9, di seri baru ini juga dilengkapi empat kamera (dua belakang dan dua depan). Titik beratnya ada di kamera depan untuk selfie, dengan besaran resolusi mencapai 24 Mpix.
 
Hasilnya (kamera selfie) memang paten. Foto selfie nampak tajam, meski foto di-strech, tidak tampak pecah, keseimbangan cahaya yang pas, saturasi warna yang pekat, meski tampak sedikit over pada warna dominan.
 
Hasil foto selfie akan lebih memukau bila moda AI, beauty dan bokeh diaktifkan. Moda AI-nya akan menyesuaikan pencahayaan yang pas dengan suasana sekitar, lalu moda beauty akan menghaluskan permukaan kulit sehingga tampak mulus, dan efek bokeh akan lebih menonjolkan obyek foto.
 
Performa kamera belakang, meski tak terbilang istmewa, namun cukup mampu menghasilkan foto-foto yang bagus. Focusing yang cepat dan akurat, detil obyek, kedalaman ruang, dan saturasi warna yang seimbang. Kemampuan AI dalam mengenali suasana dan obyek foto, membantu pengaturan otomatis untuk menghasilkan foto yang bagus.


 
Untuk lowlight/night foto, bila mengandalkan pengaturan standar, kamera kurang mampu menangkap cahaya minim. Hasil foto tampak gelap, dan hanya tertangkap bagian yang terkena cahaya (lampu). Namun tersedia moda night untuk memotret obyek dalam suasana minim cahaya. Namun, untuk itu diperlukan tripod untuk menstabilkan hape. Bila tidak, foto akan blur.  


 
Nova 3i sedikit membekali fitur kamera dengan pengaturan efek yang membuat foto lebih atraktif dan kreatif. Hanya ada fitur effect yang bisa diaktifkan tatkala kamera aktif. Selebihnya, bisa didapat dengan mengolah foto yang sudah jadi. Fitur edit pada gallery menyediakan bermacam pilihan edit foto.


 

MULTIMEDIA

Music Player    : MP3/eAAC+/WAV/Flac player
Video Player    : MP4/H.264 player
FM Radio         : Support


 
Untuk urusan fungsinya sebagai perangkat penghibur, Nova 3i menyediakan pemutar music, pemutar video dan radio FM. Juga bisa digunakan sebagai perangkat mobile office, dengan terlebih dahulu mengunduh aplikasi mobile office –Tak tersedia WP Office. Kecuali fitur Note.
 
Soal kualitas audio sendiri cukup bagus, meski bukan yang terbaik. Masih terdengar desis bila didengarkan melalui speaker. Kelihatannya nada treble sedikit lebih dominan. Audio menjadi lebih baik ketika didengarkan lewat headset. Keseimbangan nada lebih tercapai, dan detil-detil nada pun keluar. Tingkat kenyaringan juga cukup tinggi.
 
Video player sudah mendukung untuk menonton video full HD. Dengan layar lebar yang dimilikinya, tampilan video jadi lebih maksimal dan nyaman di mata. Didukung pula dengan kualitas audio yang lumayan oke.  
 

NETWORK & KONEKTIVITAS

Jaringan           : 2G/3G/4G LTE Cat 12
WiFI                 : Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth         : 4.2, A2DP, LE, EDR, aptX HD
SIM                  : Hybrid dual nano simcard
USB                 : MicroUSB 2.0, USB On-The-Go


 
Nova 3i bisa menampung semua jaringan 4G dari operator yang ada di Indonesia. Teknologi LTE yang dipasangkan di hape ini adalah LTE Cat 12, yang teorinya mendukung kecepatan data 600 Mbps untuk download dan 150 Mbps untuk upload. Jadi, sebenarnya sudah sangat memadai untuk akses internet super cepat.
 
Tersedia dua slot untuk menaruh simcard. Dua-duanya kompatibel dengan simcard 4G. Namun salah satunya adalah slot hybrid, yang juga bisa berfungsi sebagai slot memori card. Jadi, kalau Anda memilih memasang memori card, anda cuma bisa memasang satu simcard saja.
 
USB hape ini kompatibel pula dengan flash disk, karena sudah dibekali teknologi USB On The Go. Anda bisa leluasa memindahkan file dari hap eke flash disk, atau sebaliknya, memindahkan file dari flash disk ke hape, dengan proses semudah men-charge baterai.
 

SMART ASSISTANCE



Fitur yang terdapat dalam menu pengaturan (setting) ini menyediakan beberapa pilihan penyetelan untuk memudahkan pengguna mengakses hape, hanya berdasarkan gerakan (motion control).
 
Yang pertama adalah One-handed UI. Layar yang lebar kadang menyusahkan kalau hendak mengoperasikan hape dengan satu tangan. Apalagi tangan perempuan. Nah, dengan hape ini layar bisa diperkecil sehingga letak tombol virtual menjadi lebih mudah digunakan dengan satu tangan. Caranya, dengan mengaktifkan menu ini, lantas menyapukan layar dari sisi kiri ke kanan. Untuk mengembalikan, sapu ke arah sebaliknya. Konsekuensinya, tampilan tombol (keyboard) juga akan mengecil.
 
Berikutnya ada motion control, yang berguna untuk melakukan beberapa fungsi dengan kontrol gerakan, agar lebih praktis. Seperti, gerakan mengangkat hape untuk mengecilkan nada dering dan alarm. Ada gerakan mengangkat hape ke telinga untuk otomatis menjawab panggilan masuk, atau membuat panggilan keluar. Ada pula fungsi sapuan tiga jari di layar untuk fungsi screen-shot.
 

SECURITY

Memiliki beberapa tapisan pengaman agar ponsel aman dari jamahan orang-orang iseng, atau malah anak kecil, yang iseng hendak mengotak-atik isi ponsel. Yang pertama adalah Face Unlock, fasilitas pembuka kunci layar dengan metoda pengenalan wajah. Y9 dibekali algoritma pengenalan wajah AI, yang bisa secara otomatis mendeteksi 1.024 titik bagian wajah sehingga pemetaannya lebih akurat dan responsnya juga cepat sekali. Dalam uji coba, memang responnya sangat cepat. Serta, masih bisa mengenali wajah pengguna meski berbeda ekspresi dengan hasil rekam data wajah –kecuali perubahan ekspresi yang ekstrim.
 
Fingerprint Recognation, yang fungsinya sama sebgai pengaman. Bisa diterapkan pada kuncian layar maupun membuka aplikasi. Tombol fingerprint yang berada di panel belakang, dan posisinya ideal dengan jangkauan jari, bisa pula difungsikan sebagai tombol kamera, dan beberapa fungsi lain.
 

BATERAI

Jenis                : Lithium Ion
Kapasitas         : 3.340 mAh
Tipe                 : Non-removable
 
Kapasitas baterai sedang-sedang saja. Tetapi cukup memadai untuk dipakai seharian. Untuk pemakaian intens memang daya baterai cenderung lebih cepat menyusut. Namun dukungan pengelolaan daya baterai, membantu pemakaian daya lebih efisien dan efektif. Didukung pula dengan pengisian cepat, yang dalam pengujian, mengisi daya dari 18% hingga penuh hanya menghabiskan waktu sekitar 2 jam.
 

PERFORMA

OS                   : Android 8.1 Oreo + EMUI 8.2
CPU                 : Octa-core (4x2.2 GHz Cortex-A73 & 4x1.7 GHz Cortex-A53)
GPU                 : Mali-G51 MP4
Chipset            : Hisilicon Kirin 710 (12 nm)
RAM                 : 4 GB
ROM                 : 128 GB
Ext Memory      : MicroSD hingga 256 GB
 


Soal performa, dengan bekal Kirin seri 7, Nova 3i tak kesulitan menjalankan fungsi-fungsi menengah-berat. Apalagi didukung RAM besar serta prosesor delapan inti, yang bekerja dengan optimal memproses beragam perintah. Proses membuka dan menjalankan aplikasi berjalan cepat. Termasuk ketika digunakan untuk gaming. Layar lebar, grafis yang mulus serta performa yang bagus, membuat game semacam Mobile Legend sangat nyaman dimainkan di Nova 3i.
 
Hanya saja, dalam pemakaian yang intens, terutama ketika prosesor mesti bekerja keras, mesin cenderung panas. Suhu panas merembet ke permukaan panel belakang, yang membuat agak mengganggu ketika menggunakan hape ini. Namun begitu, tetap tak mengganggu performa.
 
Sudah dipasangi system operasi Android terbaru, versi 8.1 Oreo, yang membuat hape ini kompatibel dengan bermacam aplikasi-aplikasi mutakhir. Dikombinasikan dengan UI buatan sendiri, EMUI 8.2, membuat tampilan skin dan user interface lebih dinamis.
 
Soal koneksi jaringan 4G, Nova 3i dilengkapi Huawei GEO 1.5, untuk meningkatkan kinerja, bahkan ketika berada dalam terowongan sekalipun. Konektivitas pergerakan AI yang adaptif membuat hape ini selalu terhubung dan menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat pengguna berada. Moda elevatornya berguna untuk memulihkan sinyal 4G dengan cepat.
 
Untuk sambungan telepon, hape ini dilengkapi kemampuan analitis dan kemampuan meredam suasana berisik ketika bertelepon. Kalau suara di seberang sana terdengar kecil, AI-nya bekerja meningkatkan volume. 
 

VALUE FOR MONEY

Dipasarkan dengan harga IDR4.199 juta. Ini level harga kelas menengah atas. Dibanding dengan harga rata-rata hape cerdas sekelas, dan punya spesifikasi mirip-mirip, harga Nova 3i memang agak tinggi. Tapi masih sebanding dengan nilai merek, teknologi –terutama AI, empat kamera, spesifikasi dan kelengkapan fitur lain, serta tampilannya yang cantik. Jadi menurut kami, masih wajarlah bila Nova 3i ini berada pada level harga itu.  


Leave a Comment