Telkomsel Maksimalkan Frekuensi 2,3GHz Untuk Kapasitas 4G LTE

ArenaLTE.com - Setelah mendapatkan sertifikasi Uji Laik Operasi (ULO) pada frekuensi 2,3GHz, Telkomsel mengungkapkan bahwa pita frekuensi tersebut akan difokuskan perusahaan untuk kapasitas. Hal ini diutarakannya karena adanya peningkatan penggunaan data pelanggan yang terus bertambah. Sedangkan untuk urusan teknologi di dalamnya yang digunakan pada frekuensi ini adalah 4G TDD.

Telkomsel mengutarakan hal tersebut pasca pengumuman resmi Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), mengenai pemenang lelang spektrum untuk frekuensi 2,3GHz. Tambahan spektrum ini pun diungkapkan akan dimanfaatkan untuk pelebaran teknologi 4G yang telah diadopsi operator di Tanah Air.

“Kami terus bergerak cepat pasca pengumuman pemenang lelang spektrum untuk frekuensi 2,3GHz, agar pelanggan dapat segera merasakan pengalaman mobile broadband Telkomsel yang lebih baik lagi. Penyesuaian izin bergerak seluler pun sudah selesai dan telah ditetapkan oleh Kemkominfo,” tegas Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel, di Jakarta.

Menurut Ririek, perusahaan akan mengejar secara bertahap BTS LTE TDD di frekuensi 2,3GHz ini khususnya di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) yang tercatat memiliki kepadatan layanan data yang tinggi. Pengejaran secara bertahap tersebut juga akan diselingi dengan pembangunan 500 BTS, ditambah di dua kota lainnya seperti Palembang dan Bandung.

Bagi pengguna Telkomsel sendiri, perusahaan mengungkapkan tidak perlu adanya pergantian SIM Card, selama smartphone atau gadget yang digunakan mendukung teknologi 4G di frekuensi 2,3GHz. Saat ini, tercata ada lebih dari 50 juta handset LTE yang sudah mendukung frekuensi terseut, sehingga bisa menikmati layanan throughput downlink yang lebih baik.

“Dengan tambahan spektrum ini, akan memungkinkan pelanggan kami menikmati layanan broadband dan layanan digital dengan kualitas dan keceoatan akses yang lebih baik. Dalam jangka panjang, tambahan spektrum ini juga memungkinkan kami untuk terus memberikan layanan data terbaik kepada masyarakat secara kompetitif,” tambah Ririek.

Sebagai catatan, Telkomsel mendapatkan pita lebar sebanyak 30MHz di frekuensi 2,3GHz serta 15MHz di frekuensi 2,1GHZ sedangkan untuk frekuensi 1,8 GHz perusahaan mendaatkan pita lebar 22,5MHz sedangkan frekuensi 900MHz menggunakan pita lenar 7,5MHz dan frekuensi 800MHz perusahaan mendapatkan pita lebar 7,5MHz.

Leave a Comment