Begini Cara Pemerintah Genjot Pemerataan Ekonomi Digital

ArenaLTE.com - Ekonomi digital di Indonesia terus berkembang dan tumbuh dengan pesat. Dari sisi pendapatan misalnya, pada 2018 pendapatan ekonomi digital pada 2018 mencapai USD 27 miliar. Nilainya diprediksi bakal terus melejit pada tahun 2019 mencapai USD 40 miliar atau setara Rp566 triliun.

Angka pertumbuhan ekonomi digital tersebut diperkirakan akan terus tumbuh ditahun-tahun selanjutnya. Terlebih setelah Palapa Ring mulai beroperasi secara penuh per Agustus 2019 lalu. Seh'mgga tidak berlebihan bila disebut negeri kepulauan ini disebut sebagai digital archipdago.

Kehadiran Palapa Ring dimaksudkan untuk memberi pelayanan prima kepada seluruh masyarakat Indonesia. Saat ini, lebih dari 60 persen penduduk atau sekitar 171 juta merupakan pengguna internet.Dalam kondisi jaringan yang sedemikian prima itu, pemerintah meyakini berbagai potensi bisnis di bidang digital akan semakin tumbuh dan berkembang. Tidak hanya di kota-kota besar, tapi juga di wilayah terpencil yang sekarang secara nyata sudah terhubung internet.
Adapun potensi ekonomi digital di Indonesia dari tahun ketahun makin besar. Hasil riset berjudul e-Conomy SEA 2019 yang dilansir Google, Temasek dan, Bain & Company menaksir potensi ekonomi digital di Indonesia bakal menyentuh US$ 133 miliar atau Rp 1.862 tr'mun d1 tahun 2025 mendatang.

Luas Wilayah dan jumlah penduduk sekitar 26S juta jiwa merupakan potensi yang nyata, Selam Itu pembangunan infrastruktur dan ekosistem ekonomi digita\ yang terus membaik dan membuat. Indonesia menjadi negara yang pertumbuhan omzet ekonomi digita\ yang pahng moncer d1 kawasan Asia Tenggara dengan raihan hingga 49 persen.

Masalahnya kemudian adalah bagaimana potensi besar ekonomi digital itu bisa dinikmati secara adil oleh seluruh masyarakat Indonesia? Bagaimana pemerintah bertindak dan mengambl'l kebijakan untuk melakukan distrusi akses ekonomi digital secara adil.

Bebagai pertanyaan itulah yang akan dikupas dalam FMB9 Kementerian Kominfo yang digelar Kamis, 31 Oktober 2019. Akan tampil sebagai pembicara: Menteri Kominfo Johnny G Plate, Dirut Bakti Anang Latief, Vice President Media & Digital PT Telkom Asli Brahmana, Vice President Ruangguru Ritchie Goenawan, dan CEO ARUNA Farid N aufal Aslam.

Leave a Comment