Program Kampus Shopee Berikan Bantuan Pengusaha Lokal Di e-Commerce

ArenaLTE.com - Perkembangan industri e-commerce di Tanah Air memang belum begitu meningkat signifikan, terutama dari para pengusaha lokal. Menegaskan komitmennya untuk mendukung dan memberikan edukasi kepada pengusaha lokal di Indonesia, Shopee kini menghadirkan program terbaru yang dibekali dengan nama Kampus Shopee.

Program terbaru ini memberikan edukasi bisnis dan sesi berbagi informasi dalam sebuah workshop. Tahun lalu, program ini telah menjangkau sekitar 30.000 pengusaha lokal di 13 kota Indonesia, dimana jumlah ini meningkat sekitar 15 kali dibanding tahun 2016, dan akan memperluas jangkauannya ke lebih dari 30 kota di seluruh Indonesia.   

Chris Feng, CEO Shopee menjelaskan, “Roadshow Kampus Shopee tahun lalu mendapatkan antusiasme luar biasa dari para peserta. Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk melakukan Roadshow Kampus Shopee dengan skala yang lebih besar dan menjangkau lebih dari 30 kota di Indonesia tahun ini. Hal ini sejalan dengan tujuan pemerintah Indonesia untuk mengembangkan industri e-commerce, untuk menginspirasi dan menjadi sebuah platform untuk berbagi informasi antar penjual.”  

"Selama ini, salah satu kendala utama yang dialami oleh para pelaku Industri Kecil dan Menengah adalah bagaimana mengembangkan bisnis mereka. Namun, kehadiran e-commerce di Indonesia telah membuka peluang untuk meningkatkan pertumbuhan kinerja Industri Kecil dan Menengah, karena kini mereka dapat lebih mudah memasarkan produk mereka melalui online platform,” tambah Gati Wibawaningsih, Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM), Kementerian Perindustrian.

Menurutnya, program ini disambut positif sebagai inisiatif Shopee yang memberikan edukasi bagi para pengusaha lokal di Indonesia melalui program Kampus Shopee 2018. Kedepannya, kami berharap program edukasi Shopee dapat membantu pemerintah untuk mendorong percepatan industri digital ekonomi karena semakin banyak pengusaha lokal yang go online.

Roadshow Kampus Shopee 2018 akan dikemas dalam kurikulum yang lebih menarik dan komprehensif yang telah disesuaikan dengan kebutuhan para penjual. Shopee kini akan menyediakan beberapa tingkatan kelas bagi para penjual yang tergabung dalam komunitas Kampus Shopee, mulai dari Beginner Class hingga Intermediate Class. Dalam kelas-kelas tersebut, para peserta akan mempelajari beberapa topik edukasi mulai dari pengenalan aplikasi dan fitur Shopee, hingga bagaimana mengoperasikan bisnis online dengan cara yang lebih baik, termasuk membuat data produk, Operasional, Penjualan, Topik Keuangan, dan lain-lain.

Denny, pemilik toko @Isabelshop adalah salah satu kisah inspiratif mengenai peserta program Kampus Shopee sebelumnya yang telah merasakan manfaat yang luar biasa setelah mengimplementasikan kurikulum Kampus Shopee untuk bisnis sepatu lokalnya. “Saya merasa sangat beruntung bisa menjadi salah satu peserta Kampus Shopee. Kurikulum yang diajarkan selama program tersebut bukan hanya sekedar teori dan sangat sesuai dengan praktek yang ada di lapangan. Ketika saya mengimplementasikan kurikulum tersebut secara bertahap, saya merasakan pertumbuhan yang signifikan bagi bisnis saya. Berkat pengetahuan dan keahlian yang saya peroleh selama Kampus Shopee, toko saya juga berhasil terpilih menjadi Official Shop di Shopee Mall,” ungkap Denny.

Leave a Comment