Sulit Dapatkan Pemasok Modem, Apple Terlambat Rilis iPhone 5G

ArenaLTE.com - Electronic Times Taiwan melaporkan bahwa Qualcomm dan Samsung telah menolah kesempatan untuk memasok modem 5G ke Apple. Hal ini disebutkan karena adanya konflik perang paten global antara Apple dan Qualcomm. Pun demikian, selain produsen chipset asal Amerika ini sepertinya hal demikian juga akan diikuti oleh Samsung yang tak ikut memasok modem 5G untuk Apple.

Alasan Samsung untuk tidak memasok modem 5G ke Apple memang lebih masuk akal, menurut sumber perusahaan asal Korea ini tidak bisa memasok karena tidak cukup untuk memproduksi modem Exynos 5100 5G miliknya. Namun, meski Samsung bisa meningkat kapasitas produksi modem tersebut, kemungkinan tidak akan juga mengambil kerjasama dengan Apple.

Pun demikian, bukan berarti bahwa kurangnya pasokan dari banyak pemain industri ini tidak berarti Apple mati langkah. Perusahaan asal Cupertino ini akan menggunakan modem 5G XMM 8160 yang kemungkinan akan siap pada 2020 mendatang, modem tersebut kabarnya didapat dari Intel. Perusahaan berlogo Apel ini juga kemungkinan akan memanfaatkan Huawei.

Tetapi sayangnya, Huawei pun sepertinya berpikiran sama seperti Samsung yang memilih lebih baik menggunakan produknya sendiri dibanding harus memasok untuk pesaing. Sehingga hal ini diungkapkan dalam laman bisa menjadi peluang MediTek untuk memasarkan produknya melalui modem Helio M70 untuk bisa digunakan ke iPhone. Namun sayangnya, analis UBS Timothy Arcuri mengungkapkan bahwa MediaTek tak memenuhi standar Apple untuk hal ini.

Intel bisa dipastikan akan terlambat untuk memproduksi modem 5G saat ini, sehingga belum bisa kemungkinan juga iPhone 5G akan hadir pada tahun depan. Namun, melihat jadwal rilis perusahaan asal Cupertino yang pasti menghadirkan iPhone setiap setahun sekali, bisa kemungkinan bahwa iPhone 5G akan hadir pada 2021.

Leave a Comment