Pilih Mana, Xiaomi Redmi K20 Atau Realme 5 Pro? Ini Perbedaannya

ArenaLTE.com - Xiaomi dan Realme tengah bersaing kuat untuk memantapkan posisinya di pasar dengan mengguyur beragam seri smartphone terbaru kembangannya. Hingga saat ini, Realme sudah kembali menghadirkan dua seri terbarunya di pasar Indonesia, Realme 5 dan 5 Pro. Disebut sebagai smartphone premium dengan harga terjangkau menjadi nilai jualan Realme, namun adakah produk penyeimbang dari Xiaomi?

Dua produsen smartphone asal China ini dikenal memiliki banyak seri smartphone dalam beragam kelas pengguna namun dibanderol dengan harga yang terjangkau. Bila dibandingkan dengan Samsung, Xiaomi dan Realme memang sepertinya mematok pasar pengguna di kelas menengah bawah, sehingga produk yang dihadirkannya berada di kisaran harga di bawah IDR5 jutaan.

Realme telah menghadirkan seri 5 Pro yang digadangkan sebagai perangkat premium dengan kekuatan kamera utama sebesar 48MP. Pengaturan kamera lebih dari satu ini memang tengah menjadi tren di pasar, dan hal itu pun diikuti Realme dengan menanamkan pengaturan Quad Camera pada seri ini. Meski terbilang baru dan digadangkan sebagai smartphone premium, namun seri ini disebut hadir dengan harga terjangkau.

Realme 5 Pro yang hadir dengan pengaturan Quad Camera dan disebut sebagai smartphone premium dengan harga terjangkau, sepertinya masih harus berjuang keras di pasar untuk bersaing dengan produk lain dari produsen Xiaomi sebagai kompetitor terkuatnya. Kami akan berikan perbandingan Realme 5 Pro dan Xiaomi K20 yang bisa menjadi pertimbangan pengguna.

Harga

Melihat harga yang ditawarkan produsen Realme untuk seri 5 Pro ini, memang bisa dibilang lebih terjangkau dibandingkan dengan seri Xiaomi K20. Untuk spesifikasi Realme 5 Pro dengan RAM 4 GB dan Internal 64 GB dibanderol Rp 2,8 juta, sedangkan untuk RAM 6 GB dan ROM 64 GB sekira Rp 3 juta. Dan untuk versi RAM 8 GB serta Memori Internal 128 GB dibanderol Rp 3,4 juta.

Sedangkan untuk Xiaomi K2 dalam varian RAM 6GB dan ROM 64GB, dibanderol dengan kisaran harga IDR4,3 jutaan. Untuk versi dari ser Redmi K20 6GB RAM dengan ruang ppenyimpanan internal sebesar 128GB dibanderol dengan harga sekira  IDR4,7 jutaan. Jika menelisik dari harga, tentu realme memang terbilang lebih murah dibanding kompetitornya, Xiaomi. Namun jika penilaian tersebut didasarkan pada spesifikasi, tentu perbedaan ini lebih baik Xiaomi Redmi K20 dibanding Realme 5 Pro.

Layar

Redmi K20 yang dihadirkan Xiaomi, sepertinya telah berhasil menumbangkan Realme 5 Pro di sektor spesifikas layar. Seri K20 hadir dengan dimensi layar 6.39 inci dengan dukungan layar Super AMOLED layar penuh.  Sedangkan Realme 5 Pro menggunakan layar jenis LCD IPS dimensi 6,3 inci dengan desain waterdrop.

Layaar Super AMOLED merupakan bahwa yang bisa diandalkan untuk menghasilkan cahaya untuk setiap piksel lebih baik, terutama ketika datang ke mode dark mode, karena layar ini dapat mematikan masing-masing piksel untuk memberikan warna hitam yang benar. Sedangkan Panel IPS LCD menggunakan lampu latar untuk menghasilkan cahaya untuk semua piksel, tidak dapat menghasilkan kegelapan karena lampu latar masih menyala.

Layar SAMOLED lebih terang dan menghasilkan warna yang lebih cerah dibandingkan dengan panel LCD. Selain itu, karena layar SAMOLED memiliki lebih sedikit lapisan kaca, ia memantulkan lebih sedikit cahaya, sehingga lebih mudah digunakan di bawah sinar matahari langsung. Konsumsi daya layar SAMOLED juga lebih rendah daripada panel IPS LCD, mengingat yang terakhir membutuhkan lebih banyak daya untuk lampu latar.

Prosesor

Realme 5 Pro ditenagai oleh prosesor Snapdragon 712 Qualcomm yang dipasangkan dengan GPU Adreno 616 sedangkan Redmi K20 ditenagai oleh prosesor Snapdragon 730 yang dipasangkan dengan GPU Adreno 618. Mengintip dari desain arsitektur prosesor, Snapdragon atau SD710 dibangun pada proses 10nm, sedangkan SD730 dibangun pada proses 8nm. Tentu penilaiannya adalah desain arsitektur lebih kecil akan lebih optimal dibanding dengan yang lebih besar, termasuk seperti konsumsi daya yang juga akan lebih hemat.

Mengutip dari laman IndianExpress, CPU dari Snapdragon 712 memiliki kecepatan atau clock at– 2 × 2,3 GHz Kryo 360 Gold dan CPU Kryo 360 Silver 6 × 1,7 GHz. Sedangkan CPU Snapdragon 730 memiliki clock di– 2 × 2,2 GHz Kryo 470 Gold & 6 × 1,8 GHz Kryo 470 Silver CPU. 

Soal nilai benchmark, Di Geekbench, Redmi K20 mencetak skor single-core 2.524 dan skor multi-core maksimum 6.749, sedangkan Realme 5 Pro berhasil mendaftarkan skor single-core 1.179 dan skor multi-core 4.916. Pada AnTuTu, Redmi K20 skor 2.12.741 sedangkan Realme 5 Pro skor 1.78.833.

Leave a Comment