MediaTek Hadirkan Prosesor Baru Helio P65 Dengan Performa 22% Lebih Cepat

ArenaLTE.com - Bukan hanya produsen smartphone yang dikebut untuk terus berinovasi tentang produk besutannya. Hal serupa juga dilakukan oleh beberapa perusahaan teknologi lainnya, seperti MediaTek. Produsen chipset asal China ini kembali mengungkapkan produk terbarunya dengan fitur pemrosesan CPU yang lebih cepat dan NPU yang telah ditingkatkan.

Produk terbaru yang dihadirkan MediaTek adalah chipset yang dibekalinya dengan nama Helio P65, prosesor yang hadir dengan sokongan core CPU yang lebih cepat dan NPU yang terbaru dan telah ditingkatkan dari versi sebelumnya. Namun menurut perusahaan, seri P65 bukan peningkatan dari seri P60 melainkan adalah prosesor yang ditingkatkan dari seri P70 yang memiliki beberapa kemiripan.

CPU MediaTek Helio P65 memiliki dua inti Cortex A75 dan Cortex A55. Berbeda dengan seri P60 yang memiliki empat core dari A73, sedangkan P70 memiliki empat core A53. Menurut ARM, A75 rata-rata memiliki pemrosesan 22% lebih cepat dari A73. Sedangkan A55 memiliki proses peningkatan mencapai 18% dari seri A53. Kinerja single-thread lebih tinggi, namun skor multi-threaded lebih rendah.

Namun sayangnya, untuk urusan grafis kabarnya menggunakan ARM Mali-G52 dan bukan Core G72 yang dianggap lebih kuat dan digunakan pada P60 atau P70. Dan seri ini dianggap sedikit mengalami penurunan, terutama di performa 3D. Dan untuk NPU, MediaTek mengatakan seri ini dua kali lebih cepat dari chipset Helio mainstream sebelumnya (sehingga mengalahkan P60 dan P70), dan 30% lebih cepat daripada apa yang ada dalam chipset "pesaing langsung".

Perangkat keras yang terkait dengan kamera juga ditingkatkan. Ini memiliki dukungan perangkat keras untuk sensor 48MP Quad Bayer serta pengurangan Multi-Frame Noise. Chipset dapat membuat bokeh bidikan dengan satu atau dua kamera.

Video dapat dikodekan dalam format H.265 dan nikmati Stabilisasi Gambar Elektronik dan kompensasi Rana Bergulir (RSC). Chipset hanya mendukung perekaman hingga 1080p / 60 video, namun (tidak ada 4K). ISP yang aman menjanjikan penguncian wajah berbasis kamera yang cepat.

Leave a Comment