Acer Nitro 5 3550H : Notebook Gaming Gahar Dengan Harga Terjangkau

ArenaLTE.com - Persaingan industri notebook gaming di Tanah Air, kini telah bergeser mengarah ke lini harga yang lebih terjangkau. Tentu hal ini untuk menarik banyak minat pengguna terutama dalam beragam sektor kategori. Sebelum Asus yang telah menghadirkan notebook gaming dari keluarga TUF dengan harga terjangkau, produsen Taiwan lainnya, yakni Acer turut menghadirkan seri yang dilabelinya dengan nama Acer Nitro 5 AMD  Ryzen 5 3550H. Seri ini bisa dibilang sebagai pelengkap keluarga seri notebook gaming milik perusahaan yang dikenal dengan nama series Predator.

Acer Nitro 5 adalag Notebook gaming yang diklaim mampu mengakomodasi pengguna dalam bermain maupun bekerja, karena spesifikasi di dalamnya telah mendukung dengan optimal. Seri ini hadir dengan dimensi layar 15 inci yang didesain dengan ciri khas notebook gaming dengan beberapa aksen yang sangat kentara dan berbeda dari notebook konvesional.

Berikut ulasan redaksi ArenaLTE.com mengenai notebook gaming Acer Nitro 5 3550H yang disebut dijual dengan banderol harga Rp10 jutaan. Harga yang relatif murah bila dibandingkan dengan banyak notebook gaming yang ada saat ini di pasaran.

Desain

Desain yang sangat kental sebagai produk gaming sudah terlihat jelas dalam tampilan luar Acer Nitro 5 3550 H ini. Kontur bagian penutupnya dibuat dengan aksen grafir yang mempertegas adanya keunikan atau ciri pembeda dari notebook konvesional yang ada, ditambah lagi kehadiran garis berwarna merah menyala yang menghias bagian engsel penutup notebook. Sehingga sangat mudah ditebak oleh banyak orang bahwa seri ini adalh notebook gaming.



Melengkapi desain gaming yang dibawa Nitro 5 ini, kabarnya perusahaan menggunakan bahwa sejenis ABS berlapis Faux Carbon yang jelas membuatnya semakin terasa kental gaming. Seperti umumnya bahan berlapis karbon, kontur berntuk kotak bergaris tegas menghias bagian penutup. Semakin gahar dan menekan produk adalah pada bagian tulisan Nitro yang terletak pada engsel penutup yang menjadikannya detail dengan cirinya.

Layar

Sebagai notebook gaming tanggung, Ya, layar 15.6 inci untuk gaming memang sangat terasa tanggung, karena visual sepertinya terlihat terbatas dengan dimensi ini. Terlebih ada sekitar bezel memiliki ketebalan yang layaknya laptop konvesional, menjadikannya sedikit kurang berkesan luas. Tetapi over-all semua terasa terbayar saat menikmati sajian visual yang ditampilkan di dalamnya.



Acer Nitro 5 didukung dengan teknologi IPS (in-plane swithching) yakni teknologi yang mampu memberikan tampilan visual dengan detail yang baik meski dilihat dari sudut pandang 180 derajat sekalipun. Artinya, Anda tentu tidak akan merasa terganggu dengan melihat layar dari sisi samping notebook ketika bergeser duduk. Meski sayangnya, notebook ini gak rekomen kalau digunain di luar ruangan dengan sinar matahari yang sangat kuat. Efek ghosting akan selalu menghantui layar ketika digunakan.

Konektivitas



Untuk mendukung aktivitas berkerja atau bermain game, terutama ketika ingin menyandingkan notebook dengan perangkat lain, Acer Nitro 5 sudah terbilang cukup komplit untuk menghadirkan konektivitas tersebut baik secara fisik maupun nirkabel. Seperti halnya untuk menyandingkan dengan layar tambahan, Anda bisa memanfaatkannya melalui konektor HDMI. Selain itu, dukungan USB Class 3.0 yang diklaim mampu memberikan sistem transfer data lebih cepat sudah ditempatkannya sebanyak dua konektor. Belum lagi konektor mini hdmi dan koneksi wireless yang sudah mengadopsi di kelas tertinggi, terutama untuk memanfaatkan area hotspot.

Keyboard

Sebagai produk gaming, Nitro 5 bukan hanya sudah terbilang mendukung tetapi juga terasa lebih nyaman saat digunakan. Anda tak perlu kuatir kehilangan tuts keyboard saat digunakan dalam kondisi ruangan gelap, keyboar sudah dilengkapi dengan tombol back-light yang seragam dengan ciri khas gaming yang dibawa nitro, Merah. Lampu leda akan menyala secara otomatis atau bisa diatur penggunaannya sendiri saat Anda membutuhkan.



Tombolnya pun terasa sangat empuk, didesain dengan bentuk coklat chicklit berdesain kotak dengansudut oval dan jarak tuts yang tidak terlalu rapat. Desain ini mampu mengurangi resiko salah ketik ketika Anda bekerja dengannya, cukup nyaman sehingga tidak perlu ada penekanan khusus untuk sekedar mengetik bahkan jari tidak terlalu lelah berpindah antara keyboard karena jaraknya yang terbilang proposional.

Performa

Soal performa, Acer Nitro 5 telah ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 5 3550H. Prosesor generasi terbaru dari AMD yang hadir dengan konfigurasi 4 core dan 8 thread dengan kecepatan pemrosesan hingga 3,7GHz. Prosesor tersebut didukung oleh GPU AMD Radeon RX560 yang memiliki VRAM sebesar 4GB. Sehingga mampu menampilkan visual yang detail tanpa gradasi di beberapa layer atau aplikasi yang membutuhkan pengolahan visual yang berat.  Prosesor ini juga sudah hadir dengan desain arsitektur 12nm yang memungkinkannya lebih hemat mengonsumsi daya.


 
Yang menarik adalah kombinasi hardware tersebut ternyata tidak hanya powerful untuk menjalankan berbagai macam game modern saat ini, tetapi juga dapat digunakan sebagai penunjang kebutuhan para kreator konten. Prosesor Ryzen 5 3550H memiliki kemampuan multitasking yang sangat baik berkat jumlah core dan thread yang diusungnya. Prosesor tersebut juga cocok digunakan untuk menjalankan aplikasi profesional seperti video atau photo editor.

Dengan dukungan prosesor AMD Ryzen 5 3550H, tentu akan hadir teknologi yang disebut FreeSync di AMD GPU yang dapat difungsikan untuk menyelesaikan masalah komunikasi antara prosesor dan monitor, menghilangkan gambar pecah dan goyang untuk permainan game yang mulus.

Leave a Comment