PhoneKid, Smartphone Android Anak Dengan Kontrol Penuh Orangtua

ArenaLTE.com - Kecanduan anak terhadap smartphone semakin meningkat dan mengkuatirkan, di Amerika Serikat sendiri peningkatannya mencapai 47%.

Pemanfaatan dan penyalahgunaan perangkat, menjadi satu hal yang banyak ditakutkan para orangtua di seluruh dunia. Namun untuk menyiasatinya, bukan dengan melarang melainkan memberikan perangkat yang lebih tepat untuk anak-anak.

Perusahaan asal Spanyol, EscudoWeb, pada pagelaran acara Mobile World Congress 2018 ini menghadirkan smartphone yang dikembangkan khusus anak-anak. Ponsel pintar ini dilabeli dengan nama PhoneKid yang memungkinkan para orangtua memiliki kontrol lebih di dalamnya.

PhoneKid berjalan pada versi Android yang dimodifikasi untuk mencegah bypass keamanan, memungkinkan orang tua mengendalikan perangkat anak mereka dari jarak jauh pada waktu tertentu dengan menggunakan aplikasi. 

Nantinya para orangtua dapat memberi anak akses ke aplikasi yang dipilih, atau menyiapkan profil untuk memberi akses ke satu set aplikasi. Misalnya, jika Anda mengaktifkan profil "mode Studi", anak Anda hanya akan mengakses aplikasi terkait pendidikan, seperti Kalkulator, Word, dan sebagainya. Anda juga bisa memblokir homescreen pada telepon anak dan menggantinya dengan perintah aktivitas sebagai cara lain untuk memberi tahu anak Anda apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Namun selain itu, ada beberapa batasan yang terintegrasi juga di dalamnya, gunanya untuk mengurangi atau mencegah anak mengeluarkan langkah untuk mematikan kontrol Anda. Sehingga nantinya, Anak tidak dapat mematikan telepon atau menonaktifkan pelacakan lokasi, meskipun yang terakhir tidak akan tersedia jika ponsel kehabisan baterai.

Leave a Comment