Perusahaan Ini Mampu Menumbangkan Posisi Teratas Apple Sebagai Kapitalis Pasar

ArenaLTE.com - Apple tercatat menjadi perusahaan pertama yang berhasil meraih kapitalisasi pasar mencapai USD1 triliun. Angka itu dihitung dengan mengambil harga saham perusahaan publik saat ini dan bertambah banyak dengan jumlah saham yang beredar. Bahkan, hingga Mei tahun lalu saja saham Apple telah mencapai USD153 dan yang pertama memiliki nilai USD800 miliar.

Peningkatan saham yang melonjak menjadi USD176, dan terhitung oleh reuters mampu mencapai nilai besar hingga USD893 miliar saat ini menjadikan perusahaan ini tertinggi di pasar saham. Hanya butuh 12% lagi untuk perusahaan mencapai nilai saham USD196,20. Pencapaian yang dilakukan Apple, membuat perusahaan tak bisa disingkirkan oleh para kompetitornya.

ExxonMobil dan Microsoft pernah mencoba menyalip Apple untuk menjadi perusahaan publik terbesar kedua di dunia. Namun sepertinya hal itu tidak bisa terwujud. Tetapi sekarang, penantang berikutnya mulai bermunculan, seperti Amazon. Perusahaan ini tercatat paling bisa dan memungkinkan karena pangsa pasarnya yang tercatat telah mencapai USD752 miliar.

Pencapaian Amazon banyak diklaim mampu menumbangkan keperkasaan Apple, sebagai perusahaan yang pertama mencapai valuasi senilai satu triliun. Namun usaha itu harus dilakukan dengan keras, karena untuk mencapai nilai triliun, saham Amazon harus berlari mencapai nilai sebesar 33% menjadi USD2.063. 

Pengejaran itu memang memungkinkan, terutama melihat kondisi Apple saat ini. Meski saat ini terlihat Apple memiliki sedikit peningkatan dari tahun ke tahun mencapai 24%. Namun dibalik itu, saham Amazon pun turut meningkat dan mencapai nilai besar dalam periode yang sama dengan pesaingnya tersebut mencapai 83%.

Banyak daftar bisnis Amazon yang membantu peningkatannya, seperti layanan cloud, Amazon echo sebagai asisten cerdas yang mulai populer, dan juga Alexa. Kondisi ini berbanding terbalik dengan Apple yang justru mencatat sedikit penurunan, terutama pada produk premium terbarunya iPhone X yang jauh dari perkiraan Apple sendiri, memaksa perusahaan pialang untuk mengurangi perkiraan produksi perangkat untuk paruh pertama tahun 2018. 

Jika kedua perusahaan tersebut melanjutkan tren yang telah mereka hadapi selama setahun terakhir, Amazon akan tercatat mampu menjadi perusahaan triliun dolar pada bulan Agustus dan menyingkirkan posisi Apple dalam seminggu ke depan, seperti dilansir dari laman phonearena.

Leave a Comment