OPPO Dukung Pelestarian Cagar Budaya Melalui ‘BNI Heritage Digital Photography Competition’

ArenaLTE.com - Kawasan Kota Tua Jakarta memang selalu menarik untuk dijadikan obyek fotografi. Beberapa museum dan bangunan bersejarah berarsitektur kolonial menjadi nilai jual kawasan ini. Akses yang mudah ke kawasan ini menjadikan tujuan favorit pelancong baik dari warga Jakarta sendiri maupun warga luar Jakarta.
 
Salah satu bangunan yang dilindungi pemerintah adalah gedung BNI 46. Gedung yang dibangun pada tahun 1960 ini merupakan salah satu hasil rancangan Frederich Silaban, arsitek yang juga merancang Monumen Nasional dan Masjid Istiqlal.
 
Dalam rangka melindungi bangunan bersejarah, BNI 46 mengadakan sebuah kontes fotografi yang bertajuk ‘BNI Heritage Digital Photography Competition’. Yang menarik BNI 46 juga menggandeng OPPO dan Canon untuk mendukung event ini. Kehadiran dua vendor yang identik dengan fotografi tersebut tentunya menjadi daya tarik bagi peserta kontes.
 
OPPO sendiri menganggap fotografi smartphone saat ini merupakan langkah awal dalam pelestarian cagar budaya dimana banyak masyarakat yang memanfaatkan perangkat smartphone mereka untuk berfoto di tempat – tempat cagar budaya atau bangunan bersejarah kemudian menyebarkan melalui media sosial mereka.

Walau identik dengan predikat ‘Selfie’, OPPO juga punya kemampuan kamera belakang yang mumpuni. Tengok saja produk terbaru mereka OPPO F3 dan OPPO F3 Plus, keduanya punya kualitas kamera yang mampu memberikan hasil terbaik dari sebuah obyek foto. 

Aryo Meidianto, Media Engagement OPPO Indonesia mengungkapkan, “Kehadiran kami disini tidak lain untuk menunjukan betapa OPPO sangat peduli dengan pelestarian cagar budaya. OPPO menganggap dokumentasi memiliki peran yang sangat penting dalam upaya pelestarian cagar budaya, hasil sebuah dokumentasi fotografi akan lebih mudah dalam memberikan gambaran sejarah, terlebih lagi di era modern sekarang ini fotografi dipermudah dengan kehadiran perangkat smartphone.”

Aryo juga menambahkan,dukungan OPPO di ajang ini dikarenakan punya kesamaan visi dengan BNI 46 tentang fotografi dan cagar budaya di Indonesia.
 
Kontes fotografi yang berhadiah total 26 juta rupiah ini diikuti oleh 296 peserta yang berasal dari umum, pelajar dan mahasiswa. Selain mengadakan kontes, event ini juga menghadirkan workshop fotografi digital yang juga bertujuan untuk memberikan ilmu kepada peserta bagaimana mendokumentasikan cagar budaya baik dari sisi eksterior maupun interior.

Untuk pemenang pertama dari setiap kategori selain mendapatkan apresiasi berupa uang tunai, juga akan mendapatkan perangkat F3 edisi special Reza Rahadian Limited Edition. Selain itu OPPO juga menyediakan doorpize untuk sesi workshop pada acara ini.

Leave a Comment