Mengenal AON Smart Sensor Pada OPPO Reno4

ArenaLTE.com - Ada sesuatu yang menarik, ketika OPPO memperkenalkan OPPO Reno4 Series, yang sebentar lagi akan resmi diluncurkan. Salah satu fitur yang akan dibawa lini seri terbaru ini adalah AON Smart Sensor. Inilah teknologi masa depan, yang dihadirkan OPPO untuk masa kini. Teknologi yang akan melindungi privasi pengguna lebih baik lagi.
 
Di era yang segalanya serba terhubung dan terbuka seperti saat ini, data pribadi berada pada posisi yang sangat rawan terpapar ke public, dan disalahgunakan. Untungnya OPPO menyadari hal itu, dan memikirkan cara bagaimana melindungi data pribadi pengguna. Maka, hadirlah inovasi smart sensor, hasil pengembangan teknologi AI (artificial intelligence) termutakhir.
 
Fitur yang dihadirkan berdasarkan smart sensor ini, antara lain, Smart Spying Prevention. Berfungsi untuk mencegah pesan-pesan yang diterima pengguna Reno4, dibaca atau terbaca oleh orang lain –yang iseng melirik layar ponsel ketika ada notifikasi muncul. Pesan-pesan yang mungkin sifatnya sangat pribadi dan rahasia.
 
Sensor pintar ini bekerja dengan menganalisa keadaan sekitar. Ketika Reno4 menerima pesan, sensor pintar yang telah disempurnakan dengan fungsi kecerdasan buatan pada ponsel dapat mengidentifikasi hanya pemilik ponsel yang boleh membuka layar. Apabila ternyata bukan pemilik ponsel, maka konten notifikasi akan disembunyikan untuk melindungi privasi pengguna.
 
Secara spesifik, algoritma pencegahan privasi ini dibangun selaras dengan perangkat keras berupa sebuah sensor yang canggih. Sensor ini akan secara otomatis menganalisa beberapa wajah dalam berbagai keadaan dan skala. Jika hanya 1 (satu) wajah yang terdeteksi, maka kamera utama akan dihidupkan untuk  mengidentifikasi wajah pemiliknya sendiri. Jika ya, maka akan ditampilkan seluruh pesan. Jika sensor mendeteksi ada lebih dari satu orang (atau tidak ada orang) yang menghadap ke layar, maka pemberitahuan akan tetap ditampilkan tetapi konten tidak akan ditampilkan.
 
Pada era layar sentuh sekarang ini, input hampir seluruhnya dilakukan lewat sentuhan pada layar. Menyenangkan. Tetapi, bagaimana kalau Anda harus menjawab pesan, atau menggeser tombol jawab panggilan telepon, di saat jari Anda belepotan saus pizza? Repot kan, karena harus membersihkan jari dulu.
 
Smart AirControl adalah solusi untuk itu. Sensor yang memungkinkan Anda mengontrol perangkat tanpa harus menyentuh layar. Hanya lewat gerakan di atas layar, full-screen gesture-- seperti yang dilakukan para air bender dalam Avatar .
 
Dengan fitur ini, pengguna dapat menggulirkan halaman layar baik ke arah atas dan ke bawah halaman pada beberapa aplikasi populer seperti YouTube, Facebook, Instagram, dan TikTok. Fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk menjawab panggilan telepon tanpa menyentuh layar, yang sangat berguna pada situasi pandemi seperti saat ini guna mengurangi intensitas bersentuhan dengan layar.
 
Bahkan, Anda tak perlu lagi melepas sarung tangan untuk melakukan input pada perangkat. Dan pada saat pandemic Covid-19 ini, di mana layar bisa jadi medium penularan virus, fitur Smart AirControl membantu pengguna meminimalkan resiko penularan, dengan meminimalkan kontak langsung dengan layar Reno4 Anda.  
 
Satu lagi fitur yang dihadirkan berdasarkan smart sensor yang bekerja dengan teknologi AI ini, yakni, Smart Rotation. Betapa menjengkelkan ketika Anda mau bersantai, menjelajah laman Facebook Anda sambil berbaring, tetapi layar tak mau diam, terus berotasi. Bisa saja sih, mematikan rotasi layar otomatis. Tetapi, kan, kadang sesekali perlu melihat tampilan layar yang vertical, atau sebaliknya.
 
Fitur Smart Rotation ini mencegah ketidaknyamanan itu. Dengan menggunakan AI-Enhance Smart Sensor yang dimilikinya, Reno4 secara otomatis akan mendeteksi orientasi wajah Anda. Apakah dalam posisi horizontal atau vertical, dan menyesuaikan tampilan layar. Layar hanya akan berotasi apabila diperlukan saja.
 
Satu lagi, fitur Smart Always On Display. Umumnya, layar akan mati dalam beberapa waktu ketika tidak ada input pada layar. Bisa saja mengaktifkan penyetelan waktu aktif layar hingga maksimal –biasanya diatur hanya beberapa detik, dan akan mati sendiri. Tapi kadang kurang nyaman juga, lagi enak-enak membaca pesan, tiba-tiba layar mati, misalnya.
 
Fitur ini membantu pengguna Reno4 mendapat pengalaman penggunaan yang lebih baik.  Dengan mengidentifikasi wajah pengguna yang terus-menerus mengamati layar perangkat, ponsel akan otomatis mengatur tampilan layar, sehingga layar tidak akan mati. Fitur ini membuat Reno4 lebih cerdas dan memberikan pengalaman penggunaan yang lebih baik.
 
Pada tingkat perangkat lunak, algoritma pencerahan khusus akan membuat sensor bekerja lebih baik pada cahaya rendah. Bahkan ketika tingkat pencahayaan lebih rendah dari 1 lux, Smart Sensor dengan penyempurnaan kecerdasan buatan dapat berfungsi sangat baik. Di sini, sekali lagi, OPPO selangkah lebih maju dibanding para pesaing.
 

Leave a Comment