Kreasi Nusantara, Kanal Baru Shopee Untuk 300 Produk Lokal

ArenaLTE.com - Situs belanja, Shopee kini tampilkan laman baru yang dikhususkannya untuk produk dalam negeri yanng bisa diakses pengguna di laman Kreasi Nusantara. Pihak perusahaan mengungkapkan bahwa laman tersebut adalah bagian dari sebuah program yang didedikasikan untuk memamerkan rangkaian produk lokal Indonesia lintas kategori, seperti fashion, makanan dan minuman, kecantikan dan perawatan, perlengkapan rumah tangga, dan masih banyak lagi.

Kreasi Nusantara yang diungkapkan perusahaan juga sudah sejalan dengan visi pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai Digital Energy of Asia, dan untuk menggerakan kemandirian digital UMKM sebagai tonggak pertumbuhan ekonomi nasional.  

Chris Feng, CEO Shopee mengatakan, “Shopee turut ambil bagian dalam mendukung pemerintah yang sangat fokus mengembangkan pasar ekonomi digital di Indonesia melalui kemandirian digital UMKM di Indonesia. Shopee meluncurkan Kreasi Nusantara untuk memberikan wadah bagi UMKM menjangkau basis pasar yang lebih luas dan memasarkan produk karya mereka. dimana secara bersamaan juga memberikan ragam pilihan produk unik asli Indonesia bagi para pengguna di 515 kota dan kabupaten di Indonesia.”

Inisiatif ini turut disambut baik oleh Kementerian Koperasi dan UKM. Herustiati, Asisten Deputi Pemasaran, Kementerian Koperasi dan UKM mengatakan, “Kami sangat menyambut positif peluncuran Kreasi Nusantara dari Shopee guna memajukan produk lokal melalui platform online. Sampai saat ini, sudah tercatat lebih dari 3,79 juta pelaku UKM yang memanfaatkan teknologi digital seperti e-commerce termasuk Shopee, sehingga besar harapan kami para pelaku UKM mampu memaksimalkan penggunaan platform Kreasi Nusantara untuk mengembangkan bisnisnya dengan tetap mempertahankan ciri khas budaya lokal”.

Mulai tanggal 27 Februari, lebih dari 25 juta pengguna Shopee serta masyarakat Indonesia dapat menemukan beragam produk hasil karya UMKM lokal di laman Kreasi Nusantara, termasuk fashion, makanan dan minuman, perawatan dann kecantikan, aksesoris, perlengkapan rumah tangga, dekorasi, dan masih banyak lagi.

Setiap bulannya Shopee telah menyiapkan kampanye tematik dilengkapi fakta unik dibalik pembuatan produk tersebut. Ditambah lagi, untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lebih nyaman, pengguna dapat memilih pilihan produk sesuai preferensi mereka dari klasifikasi kategori koleksi pilihan produk Kreasi Nusantara antara lain Gaya Etnik, Karya Lokal, dan Kudapan Asli Indonesia.

Sebagai bentuk komitmen yang berkelanjutan untuk mendukung kemajuan produk lokal, Shopee turut menggandeng Iwet Ramadhan melalui JKT Creative di program Kreasi Nusantara. JKT Creative telah membuka toko di Shopee, yang diharapkan dapat menginspirasi dan menjadi titik awal lahirnya lebih banyak pelaku UMKM di Kreasi Nusantara. Lebih jauh lagi, JKT Creative akan berkolaborasi untuk mendesain batik eksklusif Shopee termasuk menjalankan kegiatan  yang ditujukan bagi UMKM.

“JKT Creative memiliki misi untuk memajukan produk lokal melalui pemberdayaan masyarakat. Kami melihat Shopee juga memiliki misi yang sama untuk mengembangkan  pelaku dan produk lokal melalui platform online. Kami berharap melalui Kreasi Nusantara, semakin banyak masyarakat Indonesia memilih dan dengan bangga menggunakan produk lokal Indonesia,” ungkap Iwet Ramadhan, Co Founder JKT Creative.

“Sebagai perusahaan yang beroperasi di Indonesia, telah menjadi tanggung jawab kami untuk ambil bagian dalam mendukung visi pemerintah. Kreasi Nusantara diharapkap dapat memajukan produk lokal dan memberikan dampak positif dalam pertumbuhan ekonomi nasional, tutup Chris Feng.
 

Leave a Comment