Khusus Indonesia, Firefox Hadirkan Browser Hemat Paket Data

ArenaLTE.com - Meningkatkan pengguna sekaligus mengkhususkan fitur baru untuk pengguna di Tanah Air, perusahaan aplikasi browser, Mozilla menghadirkan dua aplikasi terbaru kembangannya yakni FireFox Quantum dan Firefox Rocket. Dua mesin penjelajah situs terbaru yang diklaim telah mendapatkan modernisasi dan fitur lebih lengkap dari aplikasi sebelumnya.

Firefox Quantum, merupakan browser baru yang menggunakan mesin Web generasi berikutnya dari Mozilla, dan Firefox Rocket, browser Android yang cepat dan ringan diciptakan khusus untuk Indonesia. Bersiaplah untuk mendapat pengalaman dari kedua browser Firefox yang telah dimodernisasi dan disesuaikan ini dan rasakan perubahan besar.

Setelah lebih dari satu tahun pengembangan dan memperbaiki hampir 500 bug yang mempengaruhi kinerja, perusahaan kini melakukan beberapa perbaikan besar pada Firefox dan menjadikannya lebih baik dari sebelumnya. Seperti halnya pada Quantum Compositor yang telah mengurangi crash browser sekitar 10% dan fitur pengubah permainan seperti WebAssembly dan WebVR, sehingga memungkinkan untuk mendapatkan kinerja super cepat dan hampir seperti aslinya untuk aplikasi web di desktop dan headset VR.

Bila dibandingkan dengan Firefox enam bulan yang lalu, Firefox Quantum 2X lebih cepat berdasarkan benchmark Speedometer 2.0. Firefox baru juga menyeimbangkan penggunaan memori dengan 30% lebih sedikit daripada Chrome.

Selain peningkatan masif pada kinerja secara keseluruhan, kami juga berfokus untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Dengan 'Tracking Protection' dalam mode browsing private, kami mencapai 67.5 % penurunan dalam jumlah cookie set HTTP selama crawl 200 top situs berita Alexa. Karena Firefox tidak mendownload dan membuat konten dari pelacakan domain, 'Tracking Protection/Perlindungan Pelacakan' juga memiliki kinerja pengurangan median 44% pada waktu buka halaman dan pengurangan 39% penggunaan data di situs yang sama. Selain itu, sejumlah komponen Quantum ditulis dalam bahasa Rust, sebuah bahasa yang dirancang khusus untuk memastikan perlindungan terhadap beberapa jenis kerentanan keamanan besar.

Untuk mencerminkan keseluruhan peningkatan, Mozilla juga telah menyegarkan dan mendesain ulang antarmuka pengguna Firefox melalui proyek Photon kami untuk menyediakan alur desain yang cepat, lancar dan lebih cerdas. Desain minimalis yang baru memperkenalkan tab persegi, animasi halus, dan Library/Perpustakaan, yang menyediakan akses cepat ke item tersimpan milik Anda: bookmark, Pocket List, history, downloads, tabs, dan screenshot.

Firefox Rocket

Penggunaan internet berkembang lebih cepat di Asia Tenggara dibandingkan wilayah lain di dunia dan Indonesia adalah negara ke-5 terbesar di dunia untuk jumlah pengguna Internet. Selain itu, Indonesia adalah negara mobile first yang hampir 70% populasinya mengakses Internet menggunakan perangkat mobile, dibandingkan 28% untuk penggunaan laptop dan desktop.

Sekitar 40% pengguna muda Indonesia tidak puas dengan browser mobile default mereka karena kecepatannya yang lambat. Mengingat hal ini, Mozilla mengembangkan Firefox Rocket, browser Android cepat dan ringan yang disesuaikan untuk pengguna Indonesia.

Ukuran APK Firefox Rocket lebih kecil dari 2.39MB, terkecil di antara browser utama. Ini akan memberi waktu download aplikasi tercepat. Tak hanya bisa mendownload Firefox Rocket dengan sangat cepat, Firefox Rocket juga memungkinkan untuk meluncurkan aplikasi hanya dalam waktu sekitar 1 detik, kecepatan peluncuran aplikasi tercepat dibandingkan pemain utama lainnya.

Beberapa fitur utama Firefox Rocket antara lain Turbo Mode, Screenshot, Clear Cache, Storage Control, dan Block Images. Pengguna bisa melakukan browsing lebih cepat dengan Turbo Mode yang memblokir iklan untuk menyimpan data.

Untuk melakukan penghematan akses data, pengguna bisa memblok loading gambar (Block Images) dan menggunakan fitur Screenshot untuk mengakses konten secara offline. Dengan Storage Control, pengguna juga dapat menyimpan unduhan ke SD card dan mengosongkan penyimpanan ponsel dengan mudah dan menggunakan fitur Clear Cache untuk mengosongkan penyimpanan ponsel.

Firefox Rocket kini tersedia sekarang (hanya di Indonesia) dengan Firefox Quantum yang dirilis pada 14 November. Mozilla dengan senang hati mengundang untuk menikmati perubahan besar yang telah kami buat dan mendapatkan pengalaman browsing internet yang tidak pernah ada sebelumnya.

Leave a Comment