Keamanan Autentikasi Dua Faktor Facebook, Kini Lebih Mudah Diatur

ArenaLTE.com - Kasus Cambridge Analitica yang mengakibatkan bocornya data pengguna, menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi Facebook. Dan seolah tak ingin kasus ini terulang kembali di masa mendatang, perusahaan terus melakukan pengembangan fitur terutama dalam faktor keamanan. Kali ini, Facebook menghadirka fitur keamanan autentikasi dua faktor kepada penggunanya.

Autentikasi dua faktor merupakan salah satu praktik terbaik industri dalam memberikan keamanan tambahan untuk pemilik akun media sosial tersebut. Dan kabarnya, perusahaan telah melakukan banyak pengembangan dan pengolahan sistem dalam fitur untuk memudahkan pengguna melakukan pengaturan keamanan.

Fitur autentikasi ini, diklaim Facebook mampu meningkatkan kemampuan dalam pengolahan data keamanan dalam akun pemilik. Dua faktor terbaru dalam sistem autentikasi yang diberikan Facebook kepada penggunanya, seperti
  • Kemudahan memproses untuk mengaktifkan fitur autentikasi dua faktor dengan memudahkan pengaturan dan memastikan pengguna terbantu saat menjalani prosesnya.
  • Penambahan cara agar pengguna bisa mengamankan akun menggunakan faktor kedua dengan memastikan bahwa pengguna yang tidak memiliki nomor telepon sekalipun tetap dapat mengaktifkan autentikasi dua faktor.
Sebelumnya, Facebook mengharuskan pengguna memasukkan nomor telepon untuk menerima kode enam digit melalui pesan teks. Sekarang, ketika mendaftarkan autentikasi dua faktor, Facebook akan memandu menjalani proses pengaktifan, menjelaskan cara kerjanya, serta menawarkan pilihan untuk mendapatkan kode masuk, baik itu melalui pesan teks maupun aplikasi autentikasi seperti Google Authenticator atau Duo Mobile. 

Mengapa pengguna memerlukan autentikasi dua faktor? Autentikasi dua faktor merupakan praktik terbaik industri untuk memberikan keamanan tambahan untuk akun. Perusahaan akan senantiasa mendorong pengguna untuk mengaktifkan autentikasi dua faktor guna memberikan lapisan perlindungan tambahan kepada akun Facebook mereka.

Untuk mengaktifkan autentikasi dua faktor, silakan kunjungi facebook.com/settings dan klik tab “Security and Login”.

Leave a Comment