Ini Dia, Layar Geser Fleksibel Pertama Di Dunia

ArenaLTE.com - Smartphone dengan layar yang bisa ditekuk telah hadir. Membawa solusi praktis perangkat dengan kemampuan dan ukuran layaknya sebuah smartphone biasa. Namun dengan layar yang bisa diperluas ketika dibutuhkan. Tapi, apakah sudah berhenti sampai di situ saja? Tidak! Industri smartphone –dan juga industry pendukung—tetap berkutat mencari rancangan dan teknologi baru yang lebih praktis dan lebih bisa diandalkan.
 
Setelah layar yang bisa dilipat dan ditekuk, kini ada lagi yang baru. Layar yang bisa digulung. Layar gulung ini –yang dirancang untuk bisa diterapkan pada smartphone—bekerja seperti halnya layar gulung untuk keperluan prsentasi (penyerta proyektor semacam in-focus). Ketika dibutuhkan, layar ditarik keluar, dan ketika selesai, tinggal digulung masuk ke body smartphone. Solusi ini, diyakini lebih praktis dan lebih tidak beresiko membuat permukaan layar rusak akibat berulang kali ditekuk-buka.
 
Keberadaan layar gulung, yang disebut Layar Geser Fleksibel, diumumkan oleh BOE (Beijing Oriental Electronics) Group. Co. Ltd, dalam ajang International Display Technology Conference (IDTC 2021), yang digelar beberapa waktu lalu di Beijing. Pabrikan layar display asal Cina itu, mengumumkan mereka memasuki tahap produksi massal dari lini produk layar display generasi terbaru. Salah satunya AMOLED Flexible Sliding Screen, yang diklaim sebagai layar geser fleksibel pertama di dunia.   
 
BOE mengklaim, layar berteknologi gulung ini tak akan berpengaruh banyak pada dimensi smartphone. Bahkan bisa tetap singset, karena ketebalan lengkung layar (ketika digulung) hanya 4 mm saja. Soal ketahanan, sudah melalui uji coba dibuka-gulung sebanyak 200 ribu kali, dan tetap bisa menyajikan performa sempurna. Satu hal yang jadi keunggulan dibanding layar lipat, layar berteknologi gulung tak beresiko membuat layar cacat atau rusak, karena tak memiliki lipatan sama sekali. 
 
Namun belum ada informasi, layar geser fleksibel ini bakal dipakai pada smartphone apa. BOE belum mengumumkan, siapa rekanan vendor (smartphone) yang sudah merapat ke mereka. BOE adalah pabrikan komponen elektronik. Cukup punya nama besar sebagai produsen layar display. Lini produk mereka dipakai oleh pabrikan semacam Samsung, Oppo, Xiaomi dan lain-lain.
 
Sebenarnya, LG Mobile pada awal tahun mengumumkan akan merilis seri baru, LG Rollable Phone, sebuah smartphone dengan layar gulung, yang konsepnya mirip dengan layar geser fleksibel yang diumumkan BOE ini. Kabarnya, untuk layar gulung itu, LG Mobile memesan ke BOE. Namun, menyusul anjloknya kinerja divisi mobile, LG Electronic memutuskan menutup operasi LG Mobile (divisi smartphone). Boleh jadi, karena proyek yang urung itu, dan kadung sudah memproduksi layar gulung, lantas BOE memasarkannya sendiri.  

Leave a Comment