XL Hadirkan Layanan 4G-LTE di Makassar

ArenaLTE.com - Pelanggan PT XL Axiata Tbk (XL) di Makassar kini telah bisa mengambil manfaat dari layanan internet cepat 4G LTE (long term evolution). Sejak November 2016 lalu, layanan internet cepat ini telah sampai di Ibu Kota Sulawesi Selatan dan akan menyusul kemudian kota-kota lainnya di provinsi ini dan kota-kota lain di Sulawesi.

XL sangat berharap layanan internet cepat ini akan mampu ikut mendukung percepatan pembangunan di berbagai bidang di Sulawesi Selatan, termasuk juga bisa mendorong produktifitas ekonomi masyarakat setempat di era digital saat ini. Apalagi, Kota Makassar dan sekitarnya memiliki potensi ekonomi yang besar. Presiden Direktur/CEO XL, Dian Siswarini, VP LTE XL, Rahmadi Mulyohartono, Head of XL North Region, Handono Warih, Asisten IV Bidang Administrasi Setda Provinsi Sulawesi Selatan, DR. H. Ruslan Abu, SH., MH meresmikan layanan 4G dari XL di Makassar, Jumat (2/12).

Presiden Direktur/CEO XL, Dian Siswarini mengatakan, “Layanan 4G LTE dari XL kini hadir Makassar, kota terbesar di Sulawesi, sekaligus pintu gerbang ke Kawasan Timur Indonesia. Karena itu kami berusaha keras agar Makasar bisa mendapatkan layanan 4G tahun ini. Setelah Makassar dan sebelumnya Manado, semoga tahun depan menyusul beberapa kota lagi di Sulawesi. Kami berharap, pembangunan jaringan 4G ke depan bisa mengiringi gencarnya pembangunan berbagai proyek infrastruktur oleh pemerintah dalam mendorong perekonomian daerah. Kami yakin, keberadaan layanan internet cepat hingga ke pelosok daerah akan memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan aktifitas ekonomi masyarakat.”

Dian menambahkan, sejak mulai mengimplementasikan layanan 4G LTE, XL langsung memutuskan untuk lebih mengutamakan sisi kualitas. Karena itu tanpa mengabaikan perluasan wilayah layanan 4G, XL juga terus berusaha menghadirkan layanan internet 4G LTE yang memberikan kecepatan dan kenyamanan bagi penggunanya. XL telah menerapkan sejumlah teknologi terbaru yang bisa memaksimalkan kualitas 4G. Untuk tahun 2017, XL akan mengalokasikan capex sebesar Rp 7 triliun, dengan fokus untuk pengembangan 3G dan 4G. Untuk semua wilayah 4G LTE ini, XL akan terus mempersiapkan kualitas jaringan secara khusus, termasuk juga ekosistem dan program layanan yang semakin mempermudah pelanggan dan masyarakat untuk bisa segera memanfaatkan layanan 4G.

Layanan 4G LTE di Makassar dan sekitarnya ditopang oleh lebih dari 169 BTS 4G. Area-area yang terjangkau layanan 4G pada tahap awal ini antara lain dalah Biringkanaya, Bontoala, Makassar, Mamajang, Manggala, Mariso, Panakkukang, Rappocini, Tallo, Tamalanrea, Tamalate, Ujung Pandang, Ujung Tanah, Wajo, Gowa, dan Mandai Maros. Pada area-area tersebut terdapat pusat pemerintahan provinsi dan daerah, pusat bisnis lokal, sentra industri, beberapa lembaga pendidikan, pemukiman warga, Bandar Udara International Sultan Hasanuddin, Kantor Gubernur, Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo, Mall Panakkukang, Mall Ratu Indah, dan MTC Karebosi, serta publik lainnya. Layanan internet cepat 4G akan membantu peningkatan kinerja dan produktivitas masyarakat di kota tersebut.

Saat ini pelanggan XL di Makassar dan sekitarnya hampir mencapai 500 ribu pelanggan, dengan sekitar 28% di antaranya telah menggunakan layanan 4G. Dalam rangka mengenalkan keberadaan layanan 4G LTE di Makassar, XL telah meluncurkan bus 4G LTE, bekerjasama dengan BRT Mamminasata dari Perum Damri. Bus 4G LTE dari XL ini merupakan bentuk dukungan penuh dari XL terhadap kemajuan transportasi publik di Makassar. XL menyediakan fasilitas internet gratis bagi masyarakat yang menggunakan bus ini. Bus 4G LTE dari XL ini melewati rute Mal GTC - Trans Studio - Jalan Metro Tanjung Bunga - Jalan Penghibur - Jl Pasar Ikan - Jalan Ujung Pandang - Jalan Ahmad Yani - Jalan Bulusaraung – Jalan Masjid Raya - Jalan Urip Sumoharjo – Jalan AP Pettarani - Jalan Boulevard – Mall Panakkukang. Untuk tahap awal, ada dua bus yang mendapat layanan internet gratis dari XL dari akan terus bertambah di tahun depan.

Serangkaian kegiatan telah disiapkan dalam rangka peresmian layanan 4G di Makassar ini. Selain meluncurkan bus 4G, XL juga menyelenggarakan seminar dengan tema “The Power of Digital Innovation & Entrepreneurship” di Universitas Hasanuddin, Makassar, dengan pembicara sejumlah praktisi dunia digital. Lalu, pada awal Januari 2017 akan diadakan Pesta Digital Rakyat dengan beragam hiburan dan hadiah.

Leave a Comment