XL Future Leader Diharapkan Bisa Pengaruhi Gairah Bisnis Digital Anak Muda

ArenaLTE.com - Xl Future Leader yang menjadi program andalan XL Axiata kembali digelar. Kali ini, perusahaan mengusung tema baru “Creative Business - Xplore Your Business with Creativity”. Melalui program yang digelar tahun ini, perusahaan berharap bisa mendukung anak-anak muda Indonesia mengambil peran di era digital yang semakin mempengaruhi berbagai ranah kehidupan masyarakat.

Direktur Keuangan XL Axiata, Muhamed Adlan bin Ahmad Tajudin mengatakan, “Bisnis kreatif yang diinisiasi anak muda terus berkembang secara dinamis dan memberi pengaruh besar terhadap kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Data yang dikeluarkan oleh Badan Ekonomi Kreatif, ada sekitar 8,2 juta jumlah usaha ekonomi kreatif, di mana 20% di antaranya merupakan usaha rintisan atau startup yang berkembang pesat sejak era 2014 dan antara lain digerakkan oleh anak muda milenial.”

Dari sisi Pemerintah sendiri berharap banyak dari industri kreatif dan telah menargetkan produk domestik bruto (PDB) sektor ekonomi kreatif sebesar Rp 1.000 triliun untuk 2018 ini. Ada tiga subsektor utama yang menopang ekonomi kreatif ini, yaitu kuliner, fashion, dan kriya. Selain itu ada juga 16 subsektor lain yang sangat berpotensi untuk digarap di Indonesia, mencakup aplikasi dan pengembang permainan, arsitek, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, film dan animasi, fotografi, musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, televisi dan radio.

Para pembicara merupakan pelaku langsung industri kreatif, termasuk Sandiaga Uno sebagai pengambil kebijakan di Provinsi DKI Jakarta yang aktif menggalakkan ekonomi digital kreatif di wilayah kerjanya. Sapto Anggoro sebagai jurnalis dan pelaku industri kreatif di bidang media berbasis online dengan format pemberitaan yang disesuaikan dengan segmen pembaca era digital, akan memaparkan pandangannya mengenai perkembangan industri kreatif di Indonesia dan secara global. Sementara itu, Stefanie Kurniadi dan Heret Frasthio, akan memaparkan pengalamannya menghadapi segala tantangan dalam upaya membangun eksistensi di industri digital hingga kemudian meraih kesuksesan.

XLFL adalah program pengembangan kepemimpinan untuk mempersiapkan calon pemimpin global yang mempunyai jiwa kepemimpinan sekaligus mempunyai sifat kepedulian dengan lingkungan sekitar. Dengan begitu, XL Axiata berharap para peserta suatu saat nanti akan bisa secara maksimal ikut  membangun masa depan Indonesia yang lebih baik. Program ini berlangsung selama dua tahun untuk setiap angkatan.

Tahun ini, kembali XL Future Leaders akan melakukan seleksi untuk para calon peserta. Para mahasiswa yang tertarik untuk mengikuti program XL Future Leaders dapat mengikuti seleksi dengan melakukan registrasi secara online via website join.xlfutureleaders.com mulai 1 April dan akan berakhir pada 31 Juli 2018. Peserta yang lulus registrasi online akan diumumkan pada bulan Agustus dan akan mengikuti tahap selanjutnya yaitu Tes Tertulis yang diadakan secara online pada bulan Agustus.

Untuk bisa mengikuti program berdurasi 2 tahun ini, syarat yang harus dipenuhi antara lain adalah berstatus sebagai mahasiswa aktif, berusia maksimal 21 tahun, pada saat mendaftar sedang menempuh tahun pertama atau kedua program S-1, terbuka untuk semua jurusan, serta memiliki IPK minimal 2,8. Program XLFL ini terbuka untuk seluruh mahasiswa yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk program XLFL tahun ini, jumlah peserta yang diterima berjumlah minimal 150 orang terpilih melalui serangkaian seleksi ketat yang diadakan oleh XL Axiata. Tidak ada kuota khusus untuk masing-masing daerah pada saat seleksi peserta dilakukan.

Tahap selanjutnya yang harus diikuti oleh calon peserta program XLFL adalah FGD dan Interview, yang akan diadakan pada bulan Agustus hingga September. Pengumuman peserta yang lulus tahap ini, dan sekaligus menjadi peserta XLFL angkatan ke-7, akan diumumkan pada bulan Oktober 2018. Pengumuman kelulusan dari setiap tahap seleksi akan disampaikan melalui website resmi www.xlfutureleaders.com dan media sosial XLFL (Twitter: @xlfutureleaders, Facebook: XL Future Leaders, Instagram: @xlfutureleaders)

Leave a Comment