XL Axiata Kenalkan Platform Internet Of Things “FLEX IOT” dan “Fleetech”

ArenaLTE.com - Solusi digital berbasis Internet of Things (IoT) semakin dikenal dan diakui manfaat besarnya terutama di kalangan bisnis untuk meningkatkan daya saing dan mempercepat pertumbuhan bisnis di era digital.
 
Merespon tingginya minat atas solusi IoT tersebut, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meluncurkan satu platform IoT bernama “FLEX IOT” yang akan mempermudah para pengembang IoT untuk menciptakan suatu solusi digital berbasis IoT.
 
Untuk lebih mengenalkan produk terbaru ini, XL Axiata menggelar suatu kompetisi pengembangan solusi digital “Hackathon” bertema Smart Home, Smart City,dan Transportasi/Logistik, 15-16 September 2018 lalu, di Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang, Banten.
 
Keunggulan platform “FLEX IOT” ini antara lain kompatibel  dengan berbagai macam tipe perangkat IoT seperti Arduino dan Raspberry. XL Axiata berharap para pengembang solusi IoT, baik perangkat keras maupun perangkat lunak, termasuk para pelaku riset, bisa menggunakan “FLEX IOT” untuk semakin  mempercepat dan mempermudah mereka dalam membuat solusi IOT.
 
Dalam keterangannya Chief Enterprise dan SME XL Axiata, Kirill Mankovski mengungkapkan bahwa XL Axiata ingin memperkenalkan platform IoT baru ini kepada para pengembang dan pengguna layanan IoT di Indonesia.
 
“Platform ini mempermudah para para inovator untuk membangun dan mengembangkan solusi digital untuk berbagai keperluan, baik untuk bisnis maupun untuk kebutuhan masyarakat umum di seluruh Indonesia. Khusus di ranah bisnis, saat ini solusi IoT menjadi tren baru di sejumlah  industri vertikal untuk meningkatkan efisiensi operasional dan produktivitas,” jelasnya.
 
Kirill menambahkan, selain sebagai ajang untuk mengenalkan platform IoT “FLEX IOT”, hackathon ini juga menjadi sarana bagi XL Axiata untuk mendapatkan ide-ide dan inovasi baru yang diharapkan akan menjadi sebuah terobosan baru yang nantinya akan bisa bermanfaat dan diterima pasar dengan baik.
 
Pada ajang ini, semua peserta akan menggunakan platform “FLEX IOT” dalam mengembangkan ide-idenya menjadi solusi berbasis IoT.  Selanjutnya, XL Axiata akan bekerja sama dengan para pemenang untuk mengembangkan dan mematangkan karya tersebut sehingga bermanfaat nyata bagi masyarakat luas.
 
Sebanyak 19 tim yang berasal dari berbagai daerah mengikuti ajang ini. Peserta terbagi dalam kategori mahasiswa dan umum. XL Axiata menyediakan hadiah total sebesar Rp 50 juta dengan hadiah utama sebesar Rp 10 juta untuk pelajar, dan Rp 15 juta untuk peserta umum.


 
IoT “Fleetech” untuk mengontrol armada transportasi
 
Sementara itu, dalam event Indonesia Transport Supply Chain Logistics (ITSCL) di Jakarta, 12-14 September 2018, XL Axiata juga meluncurkan layanan berbasis IOT terbaru bernama “Fleetech”.
 
Layanan Fleetech ini akan memudahkan para pelaku usaha untuk mengoptimalkan proses manajeman armada transportasi mulai dari perencanaan, operasional, hingga pengawasan armada secara real time di mana pun dan kapan pun. Dengan layanan ini, para pelaku usaha diharapkan dapat meningkatkan efisiensi operasional dan produktifivitas bisnis.
 
Keunggulan yang ditawarkan dari Layanan Fleetech yakni melalui  perangkat IoT yang dipasang pada armada transportasi dan terintegrasi dengan system Fleetech yang berbasis cloud, para pengguna dapat memantau kendaraan yang tersebar di berbagai lokasi secara real time dan akurat, ditambah dukungan dari dashboard monitoring yang sangat mudah untuk digunakan dari perangkat desktop ataupun mobile.
 
Lebih dari itu, dengan Feetech bahkan penggunanya dapat juga secara akurat memantau kondisi kendaraan hingga cara berkendara pengemudinya. Layanan  ini sangat cocok diimplementasikan untuk perusahaan-perusahaan yang mengelola armada transportasi untuk berbagai kebutuhan, baik sekala kecil, menengah, maupun perusahaan besar sehingga bisa lebih fokus dalam meningkatkan produktivitas dan mempunyai daya saing yang lebih tinggi dalam lini bisnisnya.
 
ITSCL adalah event internasional yang dinantikan para pelaku industri transportasi untuk menambah pengetahuan dan wawasan mengenai industri terkait. Pada event ini para peserta juga melakukan penjajakan untuk mengembangkan bisnis potensial mereka di Indonesia.
 
Banyak paparan mengenai tantangan dan potensi dunia transportasi, supply chain, pelabuhan, dan manufaktur,untuk memamerkan produk dan layanan terdepan. Di acara ini, XL Axiata tampil menjadi pembicara dan tak ketinggalan mengenalkan layanan yang sesuai dengan kebutuhan industri transportasi yakni “Fleetech”.

Leave a Comment