XL Axiata Antisipasi Gangguan Sinyal di Jalan Tol Baru

ArenaLTE.com - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah mempersiapkan infrastruktur yang mampu melayani pelanggan yang melintas di jalan-jalan tol baru. Persiapan yang sudah dilakukan antara lain berupa pemasangan mobile BTS (MBTS), yang hampir semuanya merupakan MBTS yang memiliki kemampuan mendukung jaringan 4G, di sejumlah lokasi. 

Tim teknis XL Axiata juga telah melakukan uji coba di semua ruas tol baru yang ada di sejumlah ruas di Jawa Tengah dan Jawa Timur, serta di ruas tol baru di Medan – Kuala Namu. Hal tersebut diungkap I Gede Darmayusa, VP Service Operation Management XL.

"Mempertimbangkan sebagian dari ruas tol baru yang dibuka tersebut sebenarnya masih dalam pembangunan maka infrastruktur telekomunikasi pun juga belum secara khusus disiapkan di sepanjang jalan tol baru tersebut. Diprediksi akan banyak pemudik yang memanfaatkan jalan-jalan baru tersebut yang berarti akan ada kebutuhan atas ketersediaan layanan telekomunikasi dan data," ujarnya. 

Karena itu, lanjutnya, XL menyiapkan perangkat penunjang yang juga masih bersifat darurat seperti MBTS, selain juga memperkuat jangkauan (coverage) dari BTS-BTS yang ada di jalan tol baru. Total lebih dari 30 unit MBTS yang kami kerahkan secara khusus dalam rangka antisipasi kebutuhan selama Lebaran ini.
 
Gede menambahkan, tim teknis XL Axiata sudah menempatkan sebagian dari MBTS tersebut di tol baru dan melakukan uji jaringan juga di jalan-jalan tol baru tersebut, termasuk yang ada di Jawa Tengah, hingga Jawa Timur. Dari uji jaringan tersebut bisa didapatkan titik-titik akurat mana yang masih memerlukan peningkatan kualitas jaringan., antara lain di area exit tol dan rest area yang biasanya terjadi kemacetan. Misalnya ada di exit tol Brebes, Pejagan, Weleri, Salatiga, Bawen, dan Sragen Selain itu, XL Axiata juga menindaklanjuti laporan dari pelanggan dan masyarakat, termasuk juga hasil pantauan media, mengenai lokasi-lokasi yang dipandang memerlukan penguatan sinyal.

Untuk menjamin kualitas jaringan dan layanan, XL Axiata meningkatkan kapasitas jaringan sebesar 2-3 kali lipat di beberapa lokasi mudik dibanding hari-hari biasa. Dengan penambahan kapasitas tersebut, operator telekomunikasi dengan brand XL dan AXIS tersebut optimis akan mampu mengatasi terjadinya lonjakan trafik yang signifikan. Secara khusus, XL Axiata juga memanfaatkan teknologi MME dan MSS in Pool di jaringan core yang akan memudahkan pengalihan kapasitas dari area yang kelebihan kapasitas ke area yang memerlukan tambahan kapasitas.

Leave a Comment