Xiaomi Mi 6 Hilangkan Lubang Jack Headset 3,5 mm, Ini Alasannya!

Xiaomi-Mi-6
ArenaLTE.com - Dalam beberapa tahun terakhir, evolusi fitur dan desain smartphone terus dilakukan oleh para vendor untuk menarik minat para pengguna mulai dari dual kamera, layar OLED, sensor sidik jari dan lain sebagainya.
 
Menghilangkan lubang jack juga termasuk salah satu evolusi desain smartphone terbaru yang banyak dilakukan sekarang ini. Apple dan Motorola sudah melakukannya melalui seri iPhone 7 dan Motorola Moto Z. HTC juga melakukannya melalui seri HTC U 11, dan kini seri terbaru Xiaomi Mi 6 juga menghapuskan lubang jack 3,5 mm.
 
Lalu apa alasannya? Hampir semua vendor yang menerapkan metode terbaru ini mengungkapkan jawaban yang sama. Menurut Apple, lubang jack headset 3,5 mm ini merupakan teknologi lama yang sudah tidak relevan lagi dengan perkembangan teknologi smartphone kedepannya, jadi harus dihilangkan.
 
Lalu apa menurut Xiaomi? Seperti yang dilansir Android Central, Xiaomi juga menjelaskan alasan yang senada. Karena lubang jack ini menjadi penghambat terpasangnya baterai besar di seri terbaru mereka yaitu Xiaomi Mi 6 dengan kapasitas baterai 3350 mAh, maka diputuskan untuk menghilangkan lubang jack headset 3,5 mm tersebut.

Xiaomi-Mi-6
 
Menurut Xiaomi, Smartphone merupakan perangkat yang kompleks yang saling terintegrasi, oleh karena itu ruang kosong di dalam smartphone menjadi sangat penting. Dengan menghapuskan lubang jack headset ini, Xiaomi memperoleh ruang kosong tambahan untuk menyematkan kapasitas baterai yang lebih luas.
 
Sebagai penggantinya koneksi audio akan digabungkan dengan lubang port USB type-C yang mulai banyak digunakan dan mampu menghantarkan kualitas audio yang lebih baik. Fungsi lain dari hilagnya lubang jack headset 3,5 mm ini juga menjadikan smartphone lebih tahan terhadap air.
 
Meskipun demikian, Xiaomi tidak terlalu membesar-besarkan kemampuan anti air pada Xiaomi Mi 6 mereka, hanya disebutkan akan mampu tahan terhadap percikan air.

Xiaomi-Mi-6

Alasan lain dari hilangnya lubang jack audio 3,5 mm ini juga ternyata untuk meningkatkan kemampuan teknologi kamera smartphone. Terlihat dari smartphone Apple dan Xiaomi yang menerapkan fitur dual kamera pada produk terbarunya.
 
Bagaimana? Apakah kalian merasa sedih dengan hilangnya lubang jack headset 3,5 mm dari seri Xiaomi Mi 6 ini. Tak usah khawatir, sebagai alternatif, dalam paket pembelian Xiaomi akan menyediakan konektor khusus berupa adapter USB Type-C ke lubang jack headset 3,5 mm agar hasil suara lebih maksimal.

Leave a Comment