Western Digital Luncurkan HD 12TB Untuk Sistem Keamanan Machine Learning dan AI Terbar

WD-HDD-PURPLE-Surveilans
ArenaLTE.com - Untuk memungkinkan evolusi industri surveilans mengejar semakin banyaknya kamera beresolusi tinggi dan aplikasi-aplikasi baru yang membutuhkan analitik di sistem paling ujung secara real-time. Oleh karena itu Western Digital Corporation memperluas portofolio perangkat surveilans-nya dengan meluncurkan Western Digital® Purple 12TB yang dilengkapi dengan teknologi AllFrame AI.
 
Produk terbaru hard disk surveilans berkapasitas tertinggi di industri ini mampu mengaplikasikan deep-learning, serta menciptakan kemungkinan-kemungkinan baru dalam video surveilans dengan mendukung pengambilan berbagai video beresolusi tinggi dan secara bersamaan bisa mengakses rekaman video untuk mendukung deep learning dan analitik.
 
Kemampuan ini didesain untuk sistem DVR dan NVR dengan kapabilitas Artificial Intelligence (AI) di dalamnya yang diperuntukkan untuk mendukung deteksi peristiwa-peristiwa yang dipicu AI secara realtime pada saat pengambilan video sambil terus melakukan analisis.
 
Menurut IDC, big data yang berjumlah exabyte yang dihasilkan oleh solusi-solusi surveilans diprediksi akan tumbuh 25 persen per tahun hingga 2021. Pertumbuhan ini didorong oleh penggunaan berbagai kamera canggih dengan resolusi yang semakin tinggi, semakin banyaknya aplikasi-aplikasi intelijen dan semakin meluasnya penggunaan video untuk analitik secara global.
 
Sistem video surveilans tradisional mendeteksi subyek bergerak tanpa menyediakan analisis yang mendetail. Sedangkan, sistem-sistem barunya memungkinkan tambahan fungsi-fungsi, misalnya analitik pada sistem paling ujung secara real-time agar dapat mendeteksi objek lebih baik dan mengurangi kesalahan tanda bahaya (alarm).
 
Objek-objek seperti binatang, daun-daun dan bahkan cahaya dapat memicu kesalahan tanda bahaya. Sistem-sistem dengan teknologi AI bukan hanya mendeteksi benda bergerak, tetapi juga dapat menganalisanya agar membantu dalam menentukan apakah hal tersebut merupakan potensi bahaya atau tidak.

WD-HDD-PURPLE-Surveilans
 
Sebagai tambahannya, algoritma deep­-learning membantu melampaui sistem deteksi gerakan yang sederhana sehingga memungkinkan kemampuan-kemampuan yang lebih canggih lagi, seperti deteksi wajah dan prediksi perilaku yang mendorong kemajuan pada industri retail dan hiburan, misalnya.
 
Dalam keterangannya Brendan Collins, vice president product marketing, devices business unit, Western Digital mengungkapkan jika sistem-sistem perekaman video semakin cerdas. Video NVR berteknologi AI sedang didesain untuk berbagai GPU dan CPU terbaru agar meningkatkan kapabilitas deep-learning secara keseluruhan dan untuk mempercepat algoritma yang berkaitan dengan pengenalan objek dan deteksi wajah.
 
“Video-video NVR dengan deep-learning membutuhkan kapasitas perangkat penyimpanan yang lebih besar dan pemrosesan yang lebih canggih, untuk melakukan analitik yang lebih canggih, seperti lokasi dari gambar wajah seseorang dari video yang telah disimpan selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan, atau membuatkan peta kemacetan lalu lintas dari perekaman video surveilans retail selama berjam-jam,”ujarnya.
 
Hard disk kelas surveilans Western Digital Purple 12TB ini memberikan kapasitas penyimpanan yang lebih tinggi bagi semua sistem surveilans video yang kompatibel. Perangkat Western Digital Purple berkapasitas 10TB dan 12TB memiliki fitur teknologi AllFrame AI eksklusif yang didesain secara spesifik untuk sistem-sistem berteknologi AI. Hal ini membuat hard drive tersebut mendukung hingga dua kali channel AI (16 AI channels/32 AI streams) daripada kompetitor dan siap digunakan dimasa mendatang untuk sistem generasi selanjutnya guna membantu evolusi deep-learning dan analitik video pada pasar surveilans.
 
Hard drive kelas surveilans Western Digital Purple akan tersedia di berbagai jaringan distributor resmi Western Digital di Indonesia mulai bulan September 2018. Manufacturers Suggested Retail Price (MSRP) atau harga produk ini mulai dari IDR6.300.000 untuk kapasitas 10TB (model #WD101PURZ) dan IDR7.800.000 untuk kapasitas 12TB (model #WD121PURZ).

Leave a Comment