Website Resmi Meningkatkan Kepercayaan Konsumen Toko Online

web-hoster-Niagahoster-indonesia-1
ArenaLTE.com - Sumbangan E-Commerce Indonesia untuk Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia masih terhitung kecil. Dilansir dari Tech in Asia, industri e-commerce baru mampu menyumbang 0,75 persen untuk PDB Indonesia pada tahun 2017 dengan nilai sekitar 7.1 milyar US dollar.
 
Angka ini masih tertinggal jauh dari Amerika Serikat dan China. Pada tahun 2017, Industri e-commerce Amerika Serikat sudah menyumbang 1,81 persen PDB dengan nilai transaksi sebesar 409 milyar US dollar. Di tahun yang sama, industri e-commerce China sudah menyumbang 499 milyar US dollar atau mengalami kenaikan yang setara dengan 1,83 persen PDB
 
Selain angka transaksi industri e-commerce yang masih kecil, persentase pengguna internet yang berbelanja online pun masih sedikit. Menurut survey yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), baru 32,19 persen pengguna internet Indonesia yang berbelanja online. Berbeda jauh dari China yang persentase penduduk yang melakukan belanja online sudah mencapai angka 65 persen.
 
Rendahnya pengguna internet Indonesia yang berbelanja online ini bukan tanpa alasan. Berdasarkan Studi E-Commerce yang dilakukan oleh Asosiasi E-Commerce Indonesia, MARS, dan SWA, salah satu alasan mereka tidak berbelanja online adalah karena khawatir akan risiko penipuan.
 
Hal ini merupakan tantangan bagi para pelaku bisnis online untuk dapat meyakinkan para pengguna internet Indonesia belanja online itu aman. Salah satu cara untuk meyakinkan mereka adalah dengan memiliki website resmi untuk bisnis online. Menurut Penelitan Merril Research mengenai perilaku konsumen bisnis online, 89 persen konsumen meyakini bisnis online yang memiliki website lebih terpercaya.
 
Walaupun begitu, pelaku bisnis online tidak boleh membuat website sembarangan, website yang dibuat harus berkualitas bagus. Website berkualitas bagus tidak hanya membuat konsumen lebih percaya, tetapi juga akan memberikan pengalaman belanja online yang nyaman bagi mereka.
 
Untuk dapat memiliki website yang berkualitas bagus, pelaku bisnis online harus memilih web hosting yang berkualitas juga. Oleh karena itu, pelaku bisnis online harus cermat dalam memilih penyedia layanan web hosting yang akan digunakan.
 
Server web hosting berfungsi untuk menyimpan data dan informasi sebuah website yang dikelola dalam ruang penyimpanan data bernama data center. Tanpa web hosting, sebuah website tidak akan bisa diakses melalui internet. Web hosting beroperasi untuk menyimpan data dan informasi website dan menampilkannya di internet sehingga dapat diakses oleh banyak orang.

Apa pengaruh web hosting terhadap sebuah website?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, website tidak bisa diakses secara online tanpa menggunakan web hosting. Layanan web hosting yang digunakan akan berpengaruh terhadap performa website. Memilih web hosting berkualitas rendah akan mengakibatkan performa website ikut rendah yang ditandai dengan seringnya server down, keamanan website tidak terjamin, hingga lambatnya loading page website.
 
Di sisi lain, jika pelaku bisnis online cermat memilih, mereka akan mendapatkan layanan web hosting dengan kualitas tinggi sehingga kinerja website toko online-nya juga bagus. Apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih layanan web hosting? Terdapat tiga aspek dasar yang perlu diperhatikan dalam memilih layanan web hosting, yaitu server uptime, kemanan website, dan technical support.
 
Pertama, web hosting berpengaruh pada server uptime website. Semakin tinggi garansi server uptime layanan sebuah web hosting, semakin kecil kemungkinan server website mengalami down. Semakin sedikit server down, semakin bagus karena pengunjung website dapat mengaksesnya setiap saat.
 
Kedua, web hosting juga berpengaruh terhadap keamanan website. Sebuah website rentan terhadap serangan hacker, DDoS, spam, pencurian data, dan malware. Keamanan website harus selalu terjaga keamanannya agar pengunjung tidak perlu merasa khawatir ketika berbelanja online.
 
Ketiga, para pelaku bisnis juga perlu mempertimbangkan ketersediaan technical support andal selama 24 jam juga perlu diperhatikan. Supaya jika terjadi error atau masalah pada web hosting, pengguna layanan web hosting bisa menyelesaikannya dengan cepat.

web-hoster-Niagahoster-indonesia-1
 
Pelaku bisnis online di Indonesia dapat memperoleh tiga fasilitas utama web hosting tersebut di Niagahoster. Niagahoster merupakan perusahaan layanan web hosting yang berdiri sejak tahun 2013. Menyadari tingginya kebutuhan layanan web hosting berkualitas di Indonesia, Niagahoster hadir di industri web hosting Indonesia dengan memberikan fasilitas terbaik.
 
Niagahoster selalu menjamin layanan web hosting yang disediakan adalah kualitas terbaik. Dimulai dari data center, Niagahoster menggunakan Green Data Center Tier-4 berstandar internasional milik DCI Indonesia dan bagian dari Equinix yang merupakan penyedia data center terbaik dunia. Dengan menggunakan teknologi ini, Niagahoster menjamin server uptime layanan web hostingnya mencapai 99.98 persen.
 
Untuk masalah keamanan, Niagahoster menyediakan SSL (Secure Socket Layer) dan BitNinja secara gratis. Dengan menggunakan SSL, pertukaran data yang terjadi di website akan lebih aman. Selain itu, fitu BitNinja akan melindungi website dari serangan hacker, pencurian data penting, dan serangan malware serta DDoS yang menyebabkan website sulit diakses.
 
Niagahoster juga menyediakan technical support yang terjamin kecakapan dan ketangkasannya dalam membantu pelanggan menyelesaikan permasalahan masalah terkait web hostingnya. Pengguna layanan web hosting Niagahoster dapat menghubungi technical support 24 jam sepanjang tahun.
 
Niagahoster juga mengutamakan kecepatan dalam pelayanan pelanggannya. Setelah meng-upgrade fitur layanan technical support dengan menggunakan Intercom, Niagahoster berhasil meningkatkan kecepatan pelayanan pelanggan. Rata-rata kecepatan penyelesaian masalah di Niagahoster adalah 13 menit 44 detik dan rata-rata balasan chat meningkat hingga 2 menit 11 detik.
 
Tiga fasilitas utama di atas diharapkan dapat memenuhi kebutuhan para pelaku bisnis online di Indonesia dalam menyediakan website toko online. Dengan menyediakan website resmi untuk toko online, pelaku e-commerce Indonesia meningkatkan kepercayaan para pengguna internet Indonesia untuk berbelanja online.
 
Niagahoster memahami kebutuhan para pelaku bisnis online tersebut dengan menyediakan layanan web hosting dengan fasilitas-fasilitas unggulan sehingga mereka dapat menyediakan website toko online yang aman dan nyaman bagi pelanggannya para pelanggan.
 
Selain tiga fasilitas unggulan di atas, Niagahoster juga menyediakan fasilitas-fasilitas lain seperti program afiliasi, VPS Cloud Hosting, e-book gratis, dan domain gratis selamanya.
 
Program afiliasi disediakan untuk pelanggan Niagahoster yang ingin menghasilkan uang dengan cara berbagi komisi penjualan dengan Niagahoster. Bagi para pelaku bisnis online dengan trafik website yang besar dapat menggunakan layanan VPS Cloud Hosting. Pelanggan juga berhak atas domain gratis selamanya jika membeli paket hosting di Niagahoster.
 
Selain itu, Niagahoster juga menyediakan e-book gratis untuk siapa saja yang ingin belajar hal-hal terkait website, web hosting, blog, dan bisnis online. Jadi, tunggu apa lagi? Buat website toko online berkualitas tinggi bersama Niagahoster sekarang juga.

Leave a Comment