Universitas Thailand Gandeng Huawei Wujudkan Smart Campus

ArenaLTE.com - Disadari atau tidak, pandemic Covid-19 dua tahun belakangan ini sesungguhnya sedang mempertontonkan bagaimana wajah pendidikan di masa depan. Ketika murid-murid harus tetap “bersekolah” meskipun harus dilakukan dari rumah.
 
Untungnya teknologi yang ada bisa mendukung kegiatan belajar mengajar dari jarak jauh –seperti yang dilakukan semua sekolah pada masa pandemi. Dukungan jaringan 4G dan perangkat yang ada, memungkinkan untuk melakuan semua itu.
 
Di masa depan, boleh jadi bukan Covid yang memaksa para murid untuk belajar jarak jauh. Mungkin saja keadaan lain yang memaksa. Seperti, keterbatasan sarana sekolah yang tak bisa mengimbangi pertumbuhan jumlah anak usia sekolah. Jarak antara sekolah dan tempat tinggal, kondisi lalu-lintas yang semakin tidak kondusif.
 
Sepertinya, problem-problem seperti itulah yang membuat Huawei menaruh perhatian lebih besar pada sektor pendidikan ini. Raksasa teknologi asal Cina itu sudah memikirkan, bagaimana teknologi bisa mendukung penyelenggaraan pendidikan yang lebih smart, efektif dan efisien, tanpa mengorbankan hal-hal prinsipil di dunia pendidikan.
 
Upaya ke arah sana sudah dimulai dengan mengembangkan konsep yang disebut Smart Campus. Dengan memanfaatkan teknologi terkini, seperti teknologi cloud dan data center, memungkinkan lembaga pendidikan, semacam universitas, menggelar layanan dan keamanan secara lebih terintegrasi, dan membuat operasional kampus menjadi lebih efisien dan efektif.
 
Prototipe Smart Campus ini sudah bisa dilihat di Thailand. Khususnya di Universitas Srinakharinwirot (SWU), yang berada di Bangkok, Thailand. “Inilah education show case pertama yang ada di luar Cina,” ungkap Aaron Wang, Vice President Huawei Asia Pacific.
 
Bersama SWU, Huawei secara resmi meluncurkan Global Educational Demo Site di sela pergelaran Huawei Connect 2022. Melalui kerjasama ini, Huawei ingin mendukung SWU dalam memantapkan posisinya sebagai universitas yang inovatif dan menjadi yang terdepan dalam sektor pendidikan. Sekaligus, membangun benchmark bagi perguruan tinggi di Thailand dan di kawasan ASEAN umumnya.


 
Fasilitas show case sektor edukasi ini berada di kampus Prasarnmit, Universitas Srinakharinwirot. Menggunakan solusi jaringan kampus dari Huawei, yang di dalamnya tersedia teknologi Wi-Fi terbaru (wi-fi 6), full campus coverage, wireless access dan free mobility “anytime, anywhere”, data center, storage dan cloud yang aman, efisien dan  ramah energy.
 
Di sini, Huawei Technologies (Thailand) Co., Ltd., akan berinvestasi pada sumber daya berkualitas tinggi, untuk memastikan kestabilan pengoperasian fasilitas demo, yang mana pada gilirannya akan menjadi tolok ukur bagi transformasi digital pada perguruan tinggi lainnya.  Fasilitas demo (Smart Campus) ini mencakup ruang pertemua, data center, O&M center dan smart classroom.


 
Penggelaran fasilitas demo Smart Campus ini sesungguhnya sudah dirintis sejak Mei 2018 silam, melalui Kesepakatan Kerjasama (MoC) antara Huawei dan SWU untuk meng-upgrade infrastruktur TIK di universitas ini untuk mendukung penggunaan aplikasi adukasi di dua pusat pembelajaran SWU –Kampus Prasarnmit dan Kampus Ongkharak.
 
Baru pada 2022 ini pembangunan fasilitas tersebut selesai dan sudah beroperasi penuh. Kini, Huawei Cloud Campus Network dan solusi iMaster NCE Campus, memungkinkan mahasiswa SWU, pengajar dan staf universitas, menikmati full Wi-Fi coverage kapan saja, dan di mana saja di seluruh area dua kampus tersebut. Termasuk juga penggunaan teknologi Artificial Intelligence (AI), Virtual Reality (VR), Internet of Things (IoT) dan Big Data.
 
“Kami sangat senang bisa memperlas kerjasama dengan Universitas Srinakharinwirot, yang mana dapat mempertunjukkan visinya sebagai role model dalam transformasi digital perguruan tinggi di Thailand, dan juga wilayah lain,” tutur Aaron Wang. “Bersama SWU, kami telah membangun fasilitas yang didedikasikan bagi dunia pendidikan, yang mana akan menguntungkan semua pihak dalam jangka panjang,” sambungnya.
 
Sementara itu, Prof. Dr. Somchai Santiwattanakul, Presiden Srinakharinwirot University, mengaku sangat senang dengan kehadiran fasilitas demo Smart Campus ini di Kampus Prasarnmit. “SWU dan seluruh jajaran manajemen sangat senang menyambut kehadiran fasilitas Smart Campus,” ungkapnya.  
 
Somchai mengatakan, kehadiran Fasilitas Demo Smart Campus memang menjadi bagian dari strategi SWU dalam menjadi Universitas Inovatif. Kerjasama dengan Huawei, tutur Somchai, memungkin mahasiswa dan para pengajar, menikmati teknologi digital terkini dan kelebihannya ebagai metoda baru dalam pengajaran.
 

Leave a Comment