UC Star Fest : Wadah Diskusi Publik Mengenai E-Commerce Indonesia

alibaba-group
ArenaLTE.com - Better Than Cash Alliance, sebuah lembaga riset dan advokasi pembayaran digital yang didukung oleh PBB pada bulan April 2017 menunjukkan bahwa Indonesia adalah pasar e-Commerce dengan pertumbuhan tercepat di dunia pada tahun 2016, berkembang sebesar 155% dari Januari 2016 hingga Januari 2017. Ikatan Perdagangan Indonesia juga melaporkan bahwa ukuran pasar belanja online di Indonesia pada 2016 telah mencapai USD 25 Milyar.

Melihat potensi yang sangat besar ini, Alibaba Mobile Business Group berinisiatif untuk meluncurkan kampanye UC Star Fest, untuk meningkatkan diskusi publik mengenai industri e-Commerce di Indonesia melalui platform UC News.

Kampanye ini diluncurkan di Indonesia dan India, yang juga termasuk bagian dari festival Alibaba Group's double eleven e-Commerce yang dirancang khusus untuk mengeksplorasi kolaborasi antara unit bisnis Alibaba yang berbeda, termasuk UC News, UC Browser, dan 9Apps.

Dalam program UC Star Fest berbasis HTML-5 ini, UC News melihat tingkat keterlibatan yang melebihi rata-rata kampanye serupa sebesar 10%. Tingkat keterlibatan ini bergantung pada seberapa aktif pengguna dalam menyebarkan kampanye ini dalam platform mereka dan juga memberikan komentar dan likes.

Selama kampanye berlangsung, kompetisi melalui media sosial juga diadakan untuk mendorong pengguna berbagi pengalaman belanja, gagasan, kesimpulan, dan prediksi mereka sendiri. Kompetisi ini telah menghasilkan 1.031 artikel dengan lebih dari 100 juta pembaca di UC News.

Beberapa topik menarik termasuk "Hal yang Paling Aneh Yang Pernah Anda Beli Secara Online" dan "Jika Anda Memiliki 500 Juta, Apa yang Ingin Anda Lakukan?" Selain topik ini, pengguna juga aktif dalam diskusi mengenai topik lainnya seperti smartphone dan game, yang tentunya sangat lekat dengan kehidupan sehari-hari pembaca.

Sementara itu, ada temuan menarik bahwa pengguna lebih termotivasi untuk mengklik tombol yang mengarahkan ke laman web belanja saat mereka membaca artikel, dibandingkan saat mereka memenangkan kupon dari situs belanja online, Lazada. Hal ini menunjukkan bahwa pelanggan online Indonesia menghargai ulasan yang kredibel dan bermanfaat sambil membuat keputusan pembelian, menunjukkan prospek yang cerah untuk pemasaran konten.

"UC Star Fest dirancang untuk mendorong pencipta konten lokal dalam memberikan informasi belanja yang informatif bagi pengguna, sekaligus untuk menciptakan sebuah studi kasus tentang kapasitas pencipta konten di UC We-Media. Kami melihat perlunya meningkatkan percakapan publik yang mengenai industri e-Commerce, dan untuk melibatkan pencipta konten berbakat di Indonesia," ujar Damon Xi, head of UCWeb Indonesia & India, Alibaba Mobile Business Group.

Leave a Comment