​Tips Pelaku Usaha Online Mengatasi Komentar Pelanggan

ArenaLTE.com - Tak bisa dipungkiri, komentar pelanggan merupakan bagian penting dari sebuah bisnis. Pelaku usaha online membutuhkan reputasi yang baik agar usahanya berjalan baik. Reputasi yang baik ini diperoleh dari ulasan, testimoni dan komentar dari para pelanggannya.

Menurut sebuah penelitan, tujuh dari 10 orang akan membaca ulasan online tentang sebuah produk atau layanan sebelum membuat keputusan untuk membeli, dan ulasan negatif dapat mengakibatkan kerugian untuk bisnis pelaku usaha online.

Selain itu, ulasan dan komentar pelanggan juga bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk melihat sejauh mana kinerja bisnis yang kita jalankan dan memungkinkan kita untuk menyesuaikan dengan tren pelanggan terbaru.

Akan tetapi, banyak bisnis yang masih tertinggal dan masih sangat percaya dengan fenomena mulut ke mulut, sehingga tidak menyediakan tempat bagi pelanggan untuk mengirimkan ulasan, dan melakukan kesalahan dalam mengelola hubungan dengan pelanggan.



Berikut adalah beberapa poin penting dari Verisign untuk membantu kita memahami pentingnya ulasan dan komentar pelanggan. Termasuk memanfaatkan ulasan dan testimoni  tersebut untuk perkembangan bisnis kita.

Tunjukkan Kepedulian Pada Pelanggan Anda  

Sebaiknya diberikan ruang bagi pelanggan untuk memberi tahu tentang pengalaman positif ataupun negatif terhadap layanan usaha Anda pada situs web. Hal ini merupakan cara paling mudah untuk terlibat dengan pelanggan yang puas, namun juga menunjukkan kepada calon pelanggan, bahwa Anda telah memberi nilai lebih atas produk atau layanan mereka, dan juga menghargai pelanggan Anda.

Dan jika pengalaman tersebut negatif, Anda dapat terlibat langsung dengan pelanggan dan mencari tahu masalahnya, serta menemukan cara untuk dapat memperbaiki situasinya. Hal ini juga menunjukkan kepada calon pelanggan bahwa Anda menganggap serius umpan balik dan menunjukkan bahwa Anda bersikap profesional dalam menyelesaikan masalah ini.

Kita harus ingat bahwa memiliki tempat untuk ulasan sama sekali tidak relevan jika tidak ada yang merespons komentar, pertanyaan dan umpan balik. Semua orang ingin tahu bahwa mereka sedang didengarkan, jadi penting bagi Anda untuk mengelola bagian ulasan atau umpan balik dari situs Anda secara konsisten dan penuh pertimbangan.

Biarkan Mereka Bicara Langsung Kepada Anda

Pada umumnya orang lebih cenderung berbagi pengalaman buruk, bukan pengalaman yang bagus. Memiliki tempat di situs web agar mereka dapat berkomunikasi dengan Anda secara langsung, dapat secara signifikan mengurangi potensi penyebaran komentar negatif dan mengurangi risiko pelanggan melampiaskan frustrasi mereka di media sosial seperti Twitter atau Facebook.

Jalin hubungan dengan pelanggan di luar website Anda

Menjalin hubungan dengan pelanggan dan calon pelanggan di luar batas-batas situs web Anda juga terbukti sangat bermanfaat. Membuat akun Facebook atau Twitter dapat menyediakan media alternatif yang dapat menghubungkan pelanggan dengan brand Anda. Membuat akun media sosial juga memungkinkan Anda menjalin hubungan dengan pelanggan Anda, menciptakan komunitas dan mendorong terciptanya advokat brand.

Semua pihak diuntungkan

Bila Anda mengajak pelanggan untuk menilai atau meninjau produk Anda, pada dasarnya Anda menciptakan pengalaman yang lebih baik untuk klien di masa depan. Tinjauan yang bagus menghasilkan lebih banyak pembelian, sementara ulasan negatif memungkinkan Anda menilai, menyesuaikan, dan menunjukkan kepedulian kepada konsumen. Dengan begini, baik konsumen dan brand akan sama-sama mendapatkan keuntungan.

Leave a Comment