Tips Dan Trik Download Aplikasi Yang Aman Di Google Play Store

ArenaLTE.com - Sebagai pengguna Android tentunya kita sering menginstal berbagai aplikasi melalui Google Play Store. Ada banyak sekali aplikasi maupun games yang tersedia disana, namun meskipun mudah ternyata banyak aplikasi palsu yang sebenarnya merupakan virus dan malware yang membahayakan pengguna Android.
 
Penyedia software anti virus ternama, Avast mengungkap berbagai jenis aplikasi palsu yang merupakan malware ponsel untuk memata-matai aktivitas pengguna, mencuri data sensitif seperti kartu kredit, data perbankan dan mengirim data itu ke pihak ketiga.
 
Jenis Malware Dan Cara Menyerangnya

1. Spyware 
Spyware adalah aplikasi yang dirancang untuk mengumpulkan informasi secara diam-diam pengguna, sambil berpura-pura sebagai sesuatu yang bermanfaat. Spyware sering disamarkan sebagai games untuk menggiurkan pengguna agar menginstalnya. Tidak lama setelah dipasang, informasi sensitif seperti kontak, kebiasaan pengguna, rekaman obrolan, dan detail perangkat akan dikirim ke penjahat dunia maya.

2. Trojans 
Trojan adalah sesuai dengan arti namanya, trojan bersembunyi di dalam aplikasi yang asli dan mengelabui pengguna untuk menginstalnya. Trojan bisa sangat mengganggu dengan mengirim teks dan pembajakan browser, atau mereka bisa lebih merusak dengan mencuri rincian perbankan Anda dan mengambil alih perangkat Anda.

3. Phising:
Phishing adalah praktek menyesatkan pengguna untuk mengunduh malware atau memberikan informasi dengan alasan palsu. Pengirim berpura-pura berasal dari sumber yang memiliki reputasi baik dan menggunakan teknik rekayasa sosial untuk menekan pengguna agar membuka lampiran yang terinfeksi atau meng-klik tautan berbahaya. Karena layar seluler kecil, mereka menjadikan target yang menguntungkan untuk skema phishing karena ketidaksempurnaannya tidak terlihat.


 
Lalu bagaimana caranya mengetahui Aplikasi di Android di Google Play Aman Untuk di-Install? Berikut adalah tips dan trik dari Avast  cara aman instal aplikasi android juga untuk mengenali Malware yang menyamar sebagai aplikasi palsu Google Play Store :

7 Cara Mengenali Aplikasi Palsu – The Red Flags

Meskipun beberapa aplikasi dirancang dengan baik, sebagian besar aplikasi palsu mudah dikenali jika Anda melihatnya dengan cara yang tepat. Ikut cara-cara berikut ini :
  1. Periksa kesalahan pengetikan dalam judul dan deskripsi aplikasi - Developer yang sah mungkin sangat menyadari bahwa deskripsi produk mereka adalah salah satu aset pemasaran mereka yang lebih besar. Developer palsu di sisi lain sering bermain cepat dan lepas dengan deskripsi mereka. Mereka juga akan meniru nama-nama Developer asli, jadi periksa kesalahan secara hati-hati.
  2. Baca ulasannya - Aplikasi yang terancang biasanya memiliki ulasan yang baik, beberapa baik, yang lain buruk. Jika bagian ulasan aplikasi terlihat terlalu bagus secara kenyataan (yaitu semua 5 bintang dan kata-kata yang sangat bagus), maka kemungkinan itu aplikasi yang palsu. Selain itu, karena pengembang tidak dapat menghapus ulasan, seseorang mungkin meninggalkan catatan peringatan untuk pengguna lainnya di tempat menginstal aplikasi tersebut.
  3. Lihat statistik unduhan - Jika aplikasi yang sangat populer itu tidak memiliki unduhan, kemungkinan besar itu palsu. Demikian juga, statistik unduhan yang buruk juga dapat berarti aplikasi diabaikan secara sengaja. Lihat ke bagian bawah daftar produk di Google Play Store untuk informasi ini.
  4. Lihat izin – Terlihat terbaik sebagai EULA dari toko aplikasi, izin pengguna terlalu dipoles. Namun hal ini kadang-kadang dapat menyebabkan penyerahan kontrol perangkat ke agen yang tidak diinginkan. Habiskan 10 detik ekstra untuk melewati daftar izin tersebut sebelum mulai instalasi. It’s more than worth it.
  5. Perhatikan Developer - Jika nama Developer jelas-jelas penipuan, maka sebaiknya hindari apa pun dari mereka. Demikian juga, periksa aplikasi lain yang mereka tawarkan dan ulangi langkah yang disebutkan di atas untuk semua aplikasinya.
  6. Cek Google setiap aplikasi yang ingin Anda unduh - Meskipun terlihat seperti langkah tambahan, Anda akan berterima kasih kepada kami nanti. Cukup salin judul dan tambahkan dengan kata-kata seperti "ulasan" atau "penipuan" untuk informasi lebih lanjut.
  7. Mintalah informasi lebih lanjut lewat forum - Forum khusus industri adalah teman  Anda untuk mengurangi keraguan. Forum seperti androidcentral.comandroidauthority.comxda-developers.com dan indiegamers.com (webnya lagi dijual online) adalah tempat bagus untuk mendapatkan umpan balik. Demikian juga, situs jawaban seperti Quora dapat digunakan juga.

Leave a Comment