Tips Aman Belanja Online Saat Harbolnas

ArenaLTE.com - Untuk para penggemar belanja online di Indonesia, bulan Desember ini bakal jadi heboh, karena Harbolnas (atau ‘Hari Belanja Online Nasional’) akan datang besok (12.12). Pengguna harus mewaspadai adanya peningkatan usaha phishing yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab ketika belanja online saat Harbolna.
 
Sophos salah satu vendor penyedia layanan mobile security melalui Sumit Bansal, Managing Director Sophos untuk ASEAN dan Korea memberikan tips-tips praktis agar pembeli online yang hendak mengunjungi situs-situs toko online dan mendapat email penawaran berbagai diskon tidak terkena penipuan ketika berbelanja online.

1. Jika diskon online atau penawaran via email terlihat terlalu menggiurkan, bisa jadi itu tidak benar adanya
Segeralah hapus, atau keluar dari situs itu. Memang banyak situs yang menawarkan diskon menarik ketika Harbolnas, tapi sebenarnya diskon juga sering diberlakukan oleh penjual di luar masa Harbolnas, jadi bukan berarti kalau Anda ketinggalan diskon berarti tidak akan pernah ada lagi seumur hidup.

Cara terbaik untuk menguji apakah suatu diskon benar adanya ataukah tipu-tipu, adalah dengan mengunjungi situs atau katalog vendor/merek langsung untuk melihat harga asli dan pengumuman diskon, dan jangan langsung mengklik tautan yang ada dalam email karena Anda tidak tahu apakah itu berbahaya atau tidak.



2. Silahkan saja melihat-lihat diskon di situs e-dagang tapi perhatikan jaringan nirkabel yang terhubung ketika Anda hendak melakukan pembelian
Jangan sembarangan memasukkan angka atau nomor kartu kredit kalau Anda sedang tidak terhubung ke jaringan yang dipercaya atau dikenali. Dan ingat bahwa sistem pembayaran paling aman adalah tunai ketika diantar/Cash on Delivery, atau melalui perantara toko. Jika memungkinkan, jangan gunakan kartu jenis debit untuk membeli barang secara online.

3. Berhati-hatilah dengan ‘Typosquatting’
Sering melihat penjahat online membuat situs dengan mengganti satu atau dua huruf yang menyerupai situs merek asli? Tujuannya adalah supaya menipu Anda untuk melakukan pembelian dan menggali informasi pribadi. Senantiasalah cek ejaan, dan teliti terhadap usaha penipuan ala typosquatting yang pernah terjadi melalui situs Tvvitter.

4. Pastikan password atau kata sandi aman, panjang dan kompleks
Buatlah sandi atau password Anda berbeda dan susah ditebak. Masukkan angka, huruf besar, huruf kecil dan simbol, agar tidak bisa dijebol dengan mudah, tapi jangan sampai Anda sendiri lupa – Ada beberapa tips untuk membuat password yang tangguh di sini.

5. Jika ragu mengklik tautan di email, lihat dahulu ke mana tujuan URL sebenarnya
Sebelum mengklik apapun, gerakkan penunjuk ke atas link/tautan jika Anda sedang menggunakan komputer, atau tekan dan tahan ketika Anda menggunakan smartphone, dan Anda akan melihat URLnya muncul.

Setelah itu, perhatikan dan pastikan bahwa itu adalah URL tujuan yang resmi, dan benar. Perhatikan juga bahwa walaupun URL yang bersangkutan memiliki tanda gembok yang menandakan jalur aman, atau dimulai dengan ‘https’ tidak berarti bahwa situs itu resmi. Patokannya, jika Anda tidak yakin dengan tautan tersebut, segeralah hapus atau keluar dari situs itu.

Terlambat? Jika Anda merasa sudah menjadi korban penipuan phishing, langsung ganti password atau kata sandi Anda sekarang juga. Lakukan pengecekan dengan mendatangi atau menghubungi bank Anda untuk memeriksa adanya transaksi yang mencurigakan.

Leave a Comment