Tiga Startup Indonesia Jadi Finalis Alipay-NUS Enterprise Social Innovation Challenge

startup-indonesia-amalan-international
ArenaLTE.com - Diluncurkan pada bulan November 2018, Alipay-NUS Enterprise Social Innovation Challenge hadir untuk mengidentifikasi dan mendukung pertumbuhan startup di Asia Tenggara yang menggunakan teknologi digital untuk kemajuan masyarakat.

Dari ratusan aplikasi asal Indonesia, Singapura, dan Malaysia terpilih tiga finalis dari Indonesia yaitu Amalan InternationalAruna and Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB), dipilih berkat kemampuan dan potensi mereka untuk memanfaatkan teknologi digital guna meningkatkan kualitas hidup.

Para finalis masing-masing akan menerima hadiah uang tunai sebesar 10.000 dolar AS untuk mendukung perkembangan masa depan startup mereka, dan melaju ke tahap kompetisi berikutnya. 

Grand finale, yang akan diadakan pada bulan April, akan mempertemukan para finalis Indonesia untuk bersaing dengan finalis-finalis dari Malaysia dan Singapura demi meraih hadiah utama sebesar 50.000 dolar AS.

Para finalis dari Indonesia, Singapura, dan Malaysia ini dipilih melalui proses penilaian ketat yang terdiri dari evaluasi berdasarkan pada lima kriteria: inovasi, dampak sosial, potensi pasar, model ekonomi dan kekuatan tim.

Kontestan dari masing-masing negara menunjukkan bagaimana mereka menggunakan teknologi digital untuk menyelesaikan tantangan lintas sektor termasuk layanan keuangan, pertanian, kesehatan & kesejahteraan, pendidikan & pelatihan, makanan & minuman, energi & lingkungan, logistik & transportasi, serta komunikasi.

1. Amalan International
Amalan International adalah social enterprise yang membantu masyarakat Indonesia yang kesulitan untuk membayar utang bulanan, agar lebih cepat lepas dari jerat utang.
 
Amalan merancang solusi personal untuk permasalahan utang dengan kombinasi antara negosiasi diskon utang, dan pinjaman yang lebih ringan untuk mengganti utang yang lebih berat (refinancing).

Alipay-NUS Enterprise Social Innovation Challenge
 
2. Aruna
Aruna adalah perusahaan startup digital yang mengembangkan platform e-commerce untuk membantu komunitas nelayan di Indonesia untuk terhubung dengan para pembeli skala besar sehingga dapat menciptakan perdagangan ikan yang efisien, adil dan transparan bagi semua pihak.
 
Saat ini Aruna telah menjangkau lebih dari 16 daerah di Indonesia dengan total nelayan aktif sekitar 2000 orang dengan pendapatan terbesar nelayan bisa mencapai 11x rata-rata pendapatan nelayan secara nasional. Hampir keseluruhan komoditas yang ditransaksikan merupakan komoditas berorientasi ekspor yang memiliki jangkauan pasar hingga Amerika Serikat, Jepang, China, Singapura, dan lainnya.

Alipay-NUS Enterprise Social Innovation Challenge

3. Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB)
Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB) menggunakan teknologi berbasis hardware dan software untuk mengembangkan solusi pertanian cerdas dalam rangka membantu jutaan petani untuk meningkatkan hasil panen, mencegah serangan hama dan penyakit tanaman, memperoleh harga pasar yang lebih baik, dan mendapatkan dukungan permodalan usahatani.
 
Saat ini, MSMB sedang mengembangkan proyek ekosistem yang melibatkan 2.020 petani dengan luas lahan lebih dari 4.000 Ha di Jawa dan Bali. Kami juga sedang mempersiapkan ekosistem khusus untuk Jawa Timur yang berpotensi akan membantu 1.2 juta petani.

Leave a Comment