Telkomsel Geber Pilot Project Desa Digital Di Kota Cirebon

ArenaLTE.com - ArenaLTE.com – Cirebon lagi-lagi menjadi salah satu kota yang menikmati perkembangan layanan dan teknologi Telkomsel. Setelah sebelumnya mengudarakan layanan 4G LTE di kota udang tersebut, kini Telkomsel menjamin dukungan atas pelaksanaan Pilot Project Desa Digital yang diinisasi oleh  Bank Indonesia (BI) dan Pemerintah Pusat, Daerah dan Desa.

Sekadar informasi, Pilot Project Desa Digital tahap awal ini rencananya akan dilaksanakan di 5 wilayah, yaitu Kepulauan Mentawai, Gunung Kidul, Lombok Timur, Raja Ampat. Nah, Cirebon menjadi Kabupaten pertama yang secara resmi diresmikan BI sebagai  Desa Digital dalam Elektronifikasi Penyaluran dan Pemanfaatan Dana Desa. Pilot Project Desa Digital ini merupakan bagian dari implementasi program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) dan keuangan inklusif melalui Layanan Keuangan Digital (LKD).
Baca: Promosi Kota Cirebon Makin Mudah Dengan Layanan 4G LTE

Di tahap awal, Telkomsel memiliki peran penting dalam memfasilitasi tersedianya jaringan yang stabil dan luas untuk penggunaan mesin EDC yang akan memberikan kemudahan transaksi pembayaran dalam pemanfaatan dana desa dan transaksi non-tunai di desa. Menurut General Manager Sales Regional Jawa Barat Telkomsel, Hasan Kurdi, Telkomsel siap mendukung pelaksanaan Pilot Project Desa Digital oleh BI di Kabupaten Cirebon, tepatnya di Desa Sindangjawa.

“Telkomsel menjamin kenyamanan pelaksanaan transaksi pembayaran, baik dalam proses penyaluran maupun pemanfaatan dana desa, yang dilakukan melalui elektronikfikasi dapat berjalan lancar dengan dukungan jaringan Telkomsel  sehingga menciptakan ekosistem layanan keuangan mobile yang terintegrasi yang bertujuan untuk mengakselerasi keuangan inklusif bagi masyarakat Indonesia.”

Aksi Telkomsel dalam solusi layanan keuangan digital dan perbankan sebenarnya sudah digeber jauh-jauh hari. Sebelumnya Telkomsel bersama PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) bekerjasama mengembangkan layanan  keuangan terhubung antara TCASH dan BTPN Wow! yang dipasarkan secara bersama. Layanan ini menghubungkan mobile money TCASH serta rekening tabungan BTPN Wow!

Lebih jauh Hasan menambahkan, di hari yang sama Telkomsel juga melakukan sosialisasi layanan VPN Wireless kepada sekitar 47 BPR/S yang berada di wilayah Kabupaten dan Kota Cirebon. Dengan mengandalkan layanan Corporate Business Solutions, Telkomsel bersama Perhimpuhan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (PERBARINDO) wilayah 3 Cirebon untuk pemanfaatan solusi layanan komunikasi korporasi dengan pemanfaatan produk My Group Data dan Web2SMS.

Leave a Comment