​Teknologi Qiscus dan Qlue Dukung Keamanan Asian Games 2018

qiscus-qlue-qluework
ArenaLTE.com - Sejak ditunjuk menjadi tuan rumah, Indonesia telah mempersiapkan diri dengan baik untuk memfasilitasi pesta olahraga ini, salah satunya dalam hal pengimplementasian berbagai teknologi untuk mendukung kelancaran Asian Games 2018.
 
Dalam Asian Games 2018, setidaknya ada beberapa pihak yang terlibat sebagai pasukan keamanan mulai dari pasukan gabungan TNI-Polri sebanyak 40 ribu personel serta 10 ribu orang personel lagi sebagai pasukan cadangan juga enam ribu kamera CCTV telah terpasang di berbagai lokasi untuk memantau keamanan lokasi berlangsungnya Asian Games 2018.
 
Namun demikian, keberadaan pasukan yang berjumlah puluhan ribu serta luasnya area yang mencakup berbagai titik di Jakarta dan Palembang menimbulkan satu permasalahan baru, yakni kompleksnya proses koordinasi dan komunikasi antarpetugas di lapangan maupun petugas di command center.
 
Hal ini yang melatarbelakangi kerjasama antara Qlue dan Qiscus dalam menghadirkan sebuah produk bernama QlueWork. QlueWork merupakan salah satu produk dari Qlue Smart City yang ditujukan untuk menangani masalah koordinasi dan komunikasi yang kompleks antara banyak pihak, seperti halnya dalam gelaran Asian Games 2018.
 
Qiscus merupakan perusahaan lokal Indonesia yang bergerak di bidang pengembangan teknologi real-time communication (RTC), bersama Qlue yang merupakan salah satu pionir Smart City enabler di Indonesia, Qiscus berikan dukungannya secara penuh untuk pengimplementasian teknologi RTC ke dalam produk-produk smart city di Indonesia, khususnya pada perhelatan akbar Asian Games 2018.
 
Didukung oleh teknologi RTC dari Qiscus, QlueWork merupakan sebuah perwujudan inovasi yang memungkinkan berbagai data dan informasi tersentral ke dalam satu dashboard. Dengan produk ini, operator dapat memantau setiap aktivitas di lapangan dengan lebih efektif dan efisien. QlueWork memungkinkan seluruh petugas di lapangan berbagi informasi secara terpusat dan real-time yang mana informasi tersebut ditampilkan dalam satu dashboard.

qiscus-qlue-qluework-cctv
 
“Kami membantu berbagai pihak dalam sistem keamanan yang kompleks untuk saling berkomunikasi dan berkoordinasi dengan memanfaatkan teknologi komunikasi seperti chat, video call, atau bahkan video conference yang didukung teknologi dari Qiscus,” kata Sonny Permana, Product Manager QlueWork.
 
Tidak hanya fokus pada kemampuan untuk berkomunikasi secara real-time, Sonny juga menambahkan bahwa produk yang kini ia kembangkan, juga dilengkapi dengan sistem pengenal wajah serta kemampuan analisis. Oleh karenanya, informasi yang didapatkan tidak hanya berupa data mentah untuk kepentingan memantau kejadian, namun juga berbagai analisis yang informatif.
 
Sonny mengilustrasikan jika kita menggunakan CCTV konvensional, operator tetap harus melakukan inspeksi satu demi satu dan memonitor setiap kejadian secara manual. Namun, dengan QlueWork, proses ini dapat disimplifikasi.
 
“Kami memiliki sebuah fitur yang dapat menganalisis setiap kejadian berdasarkan data behavior. Jadi, apabila ada potensi ancaman dan kejahatan, pihak-pihak terkait dapat melakukan aksi yang segera untuk mencegah kerugian yang besar,” tambahnya.
 
Mengkombinasikan berbagai teknologi dan keahlian yang dimiliki oleh Qiscus dan Qlue, QlueWork kini telah digunakan oleh berbagai instansi maupun organisasi, salah satunya pada perhelatan Asian Games 2018.
 
Penggunaan teknologi ini diharapkan dapat membantu terpusatnya arus informasi dan koordinasi yang dalam hal ini melibatkan institusi Kepolisian RI. QlueWork memungkinkan petugas lapangan dan command-center saling berkomunikasi secara real-time untuk memaksimalkan proses pengamanan selama berlangsungnya acara.
 
Senada dengan Sonny, Delta Purna Widyangga, CEO sekaligus Co-Founder dari Qiscus, berharap kolaborasi ini dapat menjadi solusi dari kebutuhan komunikasi yang melibatkan banyak pihak. Menurut Delta, implementasi teknologi RTC saat ini memang sangat diperlukan di berbagai industri. Tak terkecuali dalam konsep smart city yang digadang-gadang menjadi salah satu tolok ukur kemajuan suatu wilayah atau kota.


Leave a Comment