Teknologi Pendingin OPPO Find X5 Pro 5G Jadikan Smartphone Anti Overheat

ArenaLTE.com - Bermain game, membaca berita, menonton video hingga upload konten sosial media kerap membuat smartphone terasa panas saat digunakan. Saat kondisi tersebut terjadi, tidak jarang kinerja smartphone pun menjadi tidak maksimal. Dengan teknologi pendinginan Vapor Chamber berkualitas setara PC yang dimiliki oleh OPPO Find X5 Pro 5G hal tersebut tentunya tidak akan dirasakan. Pengguna dapat melakukan beragam aktivitas dengan nyaman tanpa perlu khawatir smartphone mengalami overheat.
 
Patrick Owen, Chief Creative Officer OPPO Indonesia, mengungkapkan bahwa tujuan utama sistem pendingin adalah melindungi ponsel dari panas berlebih tanpa harus menjadi perhatian utama. Kami meyakini inilah saat yang tepat untuk membanggakan kinerja sistem pendingin dalam OPPO Find X5 Pro 5G. OPPO Find X5 Pro 5G tentu tidak mungkin dipasangkan kipas pendingin seperti personal computer pada umumnya.

"Oleh karena itu, OPPO mengembangkan full passive cooling solution untuk meredam panas tanpa menghasilkan kebisingan. Bagian pendingin ini harus ditempatkan berdekatan dengan komponen utama dan disematkan dalam sebuat slot yang dirancang secara khusus dengan ketebalan kurang dari 9mm,” jelasnya.
 
Lebih lanjut Patrick menambahkan, “Pemasangan sistem pendingin dalam OPPO Find X5 Pro 5G tak hanya sekadar bongkar pasang untuk menyematkan benda kecil ke dalam ponsel. Saat pemasangan sistem pendingin, setiap prosesnya didasari oleh persepsi suhu tubuh manusia. Kami memastikan bahwa tak ada titik panas pada bagian belakang ponsel yang dapat dirasakan oleh jari pengguna sehingga tak akan mengganggu saat menggunakan ponsel untuk kegiatan apapun.”

Teknologi Pendingin OPPO Find X5 Pro 5G

OPPO Find X5 Pro 5G memiliki vapor chamber atau ruang uap. Ini merupakan bagian utama dari sistem pendingin ponsel. Dari luar, bagian ini mungkin terlihat seperti lembaran logam tipis tetapi memiliki rancangan yang kompleks. Vapor chamber merupakan bagian yang berbentuk lubang ultra-tipis yang terbuat dari tembaga dan memiliki cairan kimia khusus.



Saat panas dari komponen di bawahnya bergerak melalui bagian bawah ruang, cairan kimia ini menguap dan menyebar ke seluruh ruang. Ia akan mengembun di dinding luar dan menyebarkan panas ke permukaan yang jauh lebih besar sehingga dapat menghilangkan panas sepenuhnya.
 
Semakin besar vapor chamber-nya, proses pengurangan panas akan semakin baik dan efektif, terutama panas yang dihasilkan oleh prosesor utama dalam ponsel. OPPO juga telah meningkatkan ukuran vapor chamber ini 75% lebih besar dibandingkan dengan ponsel generasi sebelumnya.

Selain itu, sistem pendingin dari OPPO Find X5 Pro 5G ini mampu menurunkan tingkat panas sehingga tidak mengganggu pengguna dan tetap memberikan kenyamanan bahkan saat bermain video game dengan tingkat refresh 90/120 Hz serta menjaga ponsel tetap dingin saat melakukan pengisian daya baterai.
 
Namun, vapor chamber ini hanyalah satu bagian dari keseluruhan sistem pendingin yang disematkan dalam ponsel ini.  Pada OPPO Find X5 Pro 5G ini juga diterapkan advanced materials engineering untuk benar-benar menghilangkan panas dari semua komponen utama.
 
“Pengguna ponsel sebenarnya tidak perlu memahami bagaimana cara kerja sistem pendingin saat meredamkan panas dari perangkat. Namun, kami merasa pengguna OPPO Find X5 Pro 5G perlu memahami hal ini karena sistem pendingin dalam ponsel ini memiliki tugas yang sangat penting sehingga pengguna dapat bermain game, merekam video, dan menikmati tampilan layar AMOLED yang cerah tanpa perlu mengkhawatirkan panas perangkat.” tutup Patrick.

Leave a Comment