Teknologi AI Bakal Memicu Pertumbuhan Smartphone di 2017

ArenaLTE.com - ArenaLTE.com - Pada tahun 2016 kemarin, pembelian smartphone turun ke level terendah dalam tiga tahun terakhir. Kabar baiknya, berdasarkan hasil riset Accenture, pada tahun ini penjualan akan naik lagi. Hal ini didorong oleh permintaan untuk kemampuan baru, salah satunya teknologi AI yang merupakan dasar dari layanan asisten digital.

Menurut Accenture, pembelian konsumen pada smartphone diperkirakan akan pulih tahun ini, didorong oleh keamanan yang lebih baik, fungsi-fungsi baru, peningkatan kinerja dan refresh perangkat yang terjadwal. Accenture melakukan survei terhadap 26.000 konsumen di 26 negara yang terangkum dalam laporan Dynamic Digital Consumer. Smartphone-purchase-intent-

"Peningkatan fitur dan penurunan harga adalah alasan utama konsumen di seluruh dunia yang menandakan keinginan untuk membeli smartphone baru," kata David Sovie, global managing director for Accenture’s Electronics and High-Tech business, dilansir dari website Accenture.

Menurut David, meningkatnya penerimaan dari pelayanan yang didukung oleh kecerdasan buatan atau teknologi AI seperti asisten suara, juga memicu kenaikan pasar ini. "Tahun 2017 akan menjadi tahun ketika teknologi AI di perangkat konsumen menjadi mainstream," terangnya.

Minat yang Kuat Pada Teknologi AI


SmartPhone And Artificial-IntelligenceAccenture menayakan kepada konsumen yang disurvei mengenai niat mereka untuk membeli asisten suara digital seperti Amazon Echo dan Home Google. Didukung oleh teknologi AI, produk tersebu bisa mengenali perintah suara manusia. Seperti 'Hidupkan lampu' dan 'Memutar musik' hingga menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti 'Apa waktu itu? "Dan" Apa suhu di luar?"

Kepemilikan perangkat yang mendukung teknologi AI masih terbilang sedikit. Dari total responden, hanya 4 persen yang mengkau memiliki alat tersebut hari ini. Sementara dua pertiga (65 persen) dari pemilik mengatakan mereka menggunakan perangkat secara teratur. Hal ini menunjukkan penerimaan yang kuat dari teknologi AI.

Asisten suara pada smartphone  menjadi semakin populer karena teknologi AI yang memperkuat layanan ini telah meningkat secara dramatis. Konsumen muda yang memimpin adopsi, dengan lebih dari empat dari lima (84%) dari usia 14 - 17 tahun mengatakan mereka menggunakan teknologi AI saat ini atau tertarik untuk melakukannya.

Konsumen juga bersedia untuk merangkul berbagai macam potensi teknologi AI terutama untuk layanan pribadi. Mayoritas responden mengatakan mereka tertarik pada kesehatan pribadi asisten (60%), smart perjalanan asisten (59%) dan panduan hiburan (51%).

Reasons-for-smartphone-purcDi antara semua konsumen yang disurvei, pendorong paling penting dari pembelian smartphone adalah kemampuan untuk mengakses terbaru dan paling inovatif fitur dan fungsi.

Selain terkait teknologi AI, hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih dari setengah (54%) dari konsumen yang disurvei mengatakan mereka berencana untuk membeli smartphone di tahun 2017, naik dari 48% dalam survei tahun lalu.

Pada penelitian tersebut, konsumen Tiongkok merupakan pendorong utama kemajuan, dengan tiga-perempat (74%) responden di China mengatakan mereka berniat untuk membeli smartphone dalam 12 bulan mendatang, naik dari kurang dari dua-pertiga (61%) dalam survei tahun lalu.

Sementara itu jumlah responden di India, dan Amerika Serikat yang mengatakan mereka berencana untuk membeli smartphone dalam 12 bulan mendatang juga meningkat dua digit dari tahun lalu, 79% di India (dari 68% tahun lalu) dan 52% di Amerika Serikat (dari 38% tahun lalu).

Temuan tersebut juga mengungkapkan permintaan konsumen untuk jenis tertentu dari perangkat yang terhubung, seperti smartwatch dan fitness monitor, akan tetap lamban tahun ini. Penyebab lambannya Karena harga yang tinggi dan terus-menerus kekhawatiran tentang keamanan dan privasi data pribadi mereka.

 

 

Leave a Comment