TCASH Salurkan Pembiayaan Kredit Ultra Mikro (UMI) Non Tunai

ArenaLTE.com - Salah satu gaya hidup digital yang terus diterapkan adalah gerakan non tunai dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.
 
Bukan hanya untuk pembayaran saja, TCash sebagai penyedia layanan keuangan digital non tunai menjadi salah satu uang elektronik yang mendukung ujicoba digitalisasi penyaluran pembiayaan kredit Ultra Mikro (UMI).
 
Sebagai target wilayah uji coba, TCASH menyasar masyarakat anggota koperasi di kawasan Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, dimana penyaluran kredit UMI ini diarahkan sebagai pembiayaan modal bisnis anggota koperasi, khususnya untuk pengembangan Konter Pembayaran Resmi Bang TCASH di wilayah tersebut.
 
Saat ini di area Lombok Timur, terdapat lebih dari 1.200 debitur koperasi yang masih menerima pinjaman dalam bentuk uang tunai, yang menjadi target sasaran TCASH untuk ditransformasikan ke dalam bentuk non-tunai.
 
Danu Wicaksana, CEO TCASH mengungkapkan bahwa program ini merupakan sinergi TCASH bersama Kementerian Keuangan; BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika; serta Lembaga keuangan digital lainnya.

Direktur Sales Telkomsel Sukardi Silalahi (kanan) bersama Mentri Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia Eko Putro Sandjojo (kiri) saat memaparkan komitmen Telkomsel melalui layanan TCASH sebagai salah satu uang elektronik untuk mendukung uji coba digitalisasi penyaluran pembiayaan kredit Ultra Mikro (UMI) di Jakarta, Selasa (11/12). 
 
Penggunaan TCASH sebagai metode non-tunai penyaluran pembiayaan kredit UMI ini dapat membantu masyarakat dan para pemilik bisnis lokal yang belum memiliki akses layanan keuangan perbankan (underbanked).
 
Bahkan dengan menggunakan ponsel standar sudah bisa memanfaatkan salah satu metode pembayaranTCash, yaitu dengan Kode Akses USSD *800#.
 
Lebih jauh Danu menjelaskan bahwa TCash juga terus membangun ekosistem di pelosok negeri, seperti merchant lokal; Konter Pembayaran Resmi Bang TCASH; toko ritel modern; serta mitra TCASH lainnya yang melayani pembayaran tagihan PPOB dan layanan keuangan.
 
Kemudahan ini diharapkan dapat terus membantu memasyarakatkan gaya hidup non-tunai dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, dengan layanan ini, TCASH pun turut berkomitmen membantu pemerintah dalam menyajikan data penerima kredit secara akurat, cepat, dan real-time, sehingga penyaluran kredit UMI ini pun tepat sasaran.
 
“Kami optimis layanan ini dapat diterima dengan baik dan turut membantu pengembangan bisnis lokal masyarakat di Lombok Timur. Ke depannya, kami akan memperluas cakupan wilayah penyaluran pembiayaan kredit UMI menggunakan TCASH ini ke wilayah lainnya di pelosok negeri, seperti Medan, Semarang, Yogyakarta, dan Probolinggo,” tutup Danu.

Leave a Comment