Tahun 2018, Layar Smartphone Akan Jadi Lebih Lebar

ArenaLTE.com - Pada tahun 2016 hanya ada satu smartphone yang layarnya memiliki aspek rasio yang lebih lebar dari 16:9 yaitu seri smartphone Xiaomi Mi Mix. Pada tahun 2017 lalu, jumlahnya meingkat menjadi 40 seri smartphone yang memiliki aspek rasio layar selebar  ini.
 
Jumlah ini termasuk banyak yaitu sekitar 10 persen dari total keseluruhan seri terbaru smartphone yang diluncurkan pada tahun 2017. Dan seri ini juga termasuk sebagai 100 smartphone yang cukup populer di pasaran.
 
Memang di tahun 2017 yang menjadi populer adalah smartphone dengan aspek rasio layar 18:9 meskipun beberapa vendor bahkan meluncurkan layar dengan bentuk lebih panjang. Samsung sendiri meluncurkan empat model pada 18.5:9 dan mengumumkan dua lagi yaitu duo Galaxy A8 (2018).
 
Perubahan aspek rasio layar ini bukan hanya berpengahruh pada tampilan, namun juga aplikasi yang diinstal didalamnya. Untuk sistem operasi Android mungkin lebih fleksibel dan tidak untuk iOS dengan iPhone X yang memiliki aspek rasio layar 19.5:9.


 
Transisi lainnya juga terjadi pada format video, yang sebagian besar adalah berformat 16:9. Untuk YouTube misalnya mengizinkan pengguna memotong video sehingga mengisi keseluruhan layar.
 
Namun resikonya yaitu kehilangan sedikit area dibagian atas dan bagian bawah jadi tidak sempurna, tapi ini solusi yang bisa diterapkan. Plus, beberapa acara TV juga sudah menggunakan rasio yang lebih luas dari 16:9.
 
Selain itu vendor smartphone juga harus melakukan perubahan untuk urusan foto. Karena kebanyakan berasal dari sensor kamera 4: 3 dan belum ada cara untuk memotongnya.
 
Apalagi kamera smartphone sekarang ini memiliki resolusi 12MP atau lebih. Mungkin sudah waktunya untuk meninjau ulang kembali sensor 16: 9, yang sempat populer beberapa tahun yang lalu.
 
Pelebaran layar juga berdampak langsung dengan penyusutan bezels, karena jika tidak maka smartphone akan menjadi sangat tinggi. Dampaknya yaitu mengubah posisi sensor sidik jadi atau solusi lainnya yaitu menggunakan pemindaian wajah 3D sebagai pengganti sidik jari.
 
Masih belum pasti seperti apakah letak speakerphone nanti pada layar yang lebih lebar ini. Terutama untuk stereo speaker, namun Google Pixel 2 XL menemukan solusi dengan menampilkan stereo speakernya di area depan smartphone.
 
Namun yang pasti, dengan bentuk layar yang lebih lebar akan memberikan area tambahan ketika melakukan scrolling website atau membaca email. Ya sepertinya melakukan perubahan layar yang lebih lebar akan berdampak pada perubahan komponen lainnya dalam smartphone.

Leave a Comment