Sambut Sumpah Pemuda, Shopee Ajak Anak Muda Lebih Kreatif

bincangshopee-shopee-sumpah-pemuda-1
ArenaLTE.com - Shopee menghadirkan dua musisi yang berperan aktif membangun industri musik tanah air di acara BincangShopee edisi Sumpah Pemuda bertemakan “Inspirasi Nada, Karya Pemuda”.

Kunto Aji, penyanyi dan penulis lagu yang baru saja merilis album keduanya, dan Ronald Steven, music director perhelatan Asian Games 2018 kemarin didaulat menjadi narasumber acara bincangShopee.

Pada ajang diskusi yang digelar Shopee tersebut, dua musisi muda berprestasi Indonesia berbagi tips dan trik seputar proses kreatif dalam pembuatan musik dan lagu guna meningkatkan kecintaan talenta muda terhadap musik Indonesia.

Kira-kira apa saja, ya, yang dilakukan oleh Kunto Aji dan Ronald Steven ketika memproduksi karya mereka? Menurut mereka, ini dia 3 tahap penting yang perlu diperhatikan dalam proses produksi sebuah lagu:

Riset, riset, riset
Ketimbang langsung masuk ke dapur musik, Kunto Aji menekankan pentingnya upaya untuk melakukan riset setelah menentukan tema besar karyamu.

Dengan proses riset yang cukup lama ini juga yang membuat Aji terpikir untuk memasukkan frekuensi 396 Hz di salah satu ‘mantranya’ yang berjudul Rehat.

Menurut penelitian Solfeggio Frequencies milik Dr. Joseph Pulio, seorang psikolog asal Amerika Serikat, frekuensi 396 Hz ini bisa mengurangi pikiran negatif dan menyehatkan mental.

bincangshopee-shopee-sumpah-pemuda-1

Sabar dan nikmati prosesnya
‘Mantra Mantra’ garapan Kunto Aji membutuhkan masa inkubasi selama 2 tahun. Aji memilih untuk mengikuti proses eksplorasi musik yang cukup panjang sampai akhirnya bertemu dengan kata ‘sepakat’ di kepalanya; dari proses riset yang memakan waktu 6 bulan, sampai akhirnya produksi.

Kualitas karya menjadi tujuan utama
Bagi kalian yang sudah memilih menekuni musik sebagai profesi, jangan lupa untuk terus mengingatkan diri sendiri bahwa tujuan utama dari proses pembuatan sebuah karya harus musik itu sendiri. Diakui Ronald Steven, ini menjadi hal ini membantunya saat dihadapkan dengan kondisi di mana ia harus bersikap profesional dalam mengaransemen lagu yang nggak disukai, seperti perbedaan selera dalam genre.

Dalam keterangannya, Rezki Yanuar, Country Brand Manager, Shopee berharap bahwa ajang bincangShopee ini diharapkan dapat mewadahi upaya generasi penerus industri musik Indonesia untuk mendapatkan ilmu-ilmu yang mereka butuhkan langsung dari para ahlinya, sehingga mereka tidak perlu ragu untuk terus berkarya kreatif.

Leave a Comment