Fokus Perbaiki & Lestarikan Hutan, StartUp Lokal Hadirkan Platform Lindungihutan.org

ArenaLTE.com - Di tengah maraknya perkembangan e-commerce dan fintech, salah satu peserta Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Semarang, Mifachtur Robani atau biasa disapa Ben bersama rekan-rekannya mencetuskan startup dengan tujuan sosial bernama Lindungi Hutan.
 
“Lindungi Hutan adalah suatu platform crowdfunding yang bertujuan mengumpulkan dana untuk gerakan penghijauan hutan dan pemberdayaan petani,” jelas Mifachtur Robani yang merupakan Chief Marketing Officer Lindungi Hutan.
 
Kepedulian Ben dan timnya bukan berawal dari latar belakang mereka atau masalah yang dialami. Awalnya Ben melakukan perjalanan ke beberapa pantai di Semarang dan melihat secara langsung sebenarnya banyak masalah lingkungan yang terjadi di sekitarnya.
 
“Banyak rumah-rumah yang terkena abrasi air laut. Masalah tersebut terpampang nyata dan terlihat dampaknya. Namun banyak yang tidak peduli akan hal tersebut. Ada segelintir orang yang peduli dan mau memperbaiki hal tersebut tapi tidak mempunyai sumber dana yang cukup untuk melakukannya, oleh karena itu kami ingin membantu mereka dengan membuat Lindungi Hutan,” ujar Ben.
 
Berfokus dalam mengandalkan situs resminya di lindungihutan.org, Lindungi Hutan sudah melakukan aksinya dalam memperbaiki empat hutan di daerah Semarang dan Temanggung, Jawa Tengah.
 
Proses cara kerjanya cukup sederhana. Lindungi Hutan mengumpulkan dana dari para donatur yang peduli akan kelestarian hutan, kemudian menggunakan dana tersebut untuk mendanai modal gerakan kampanye penghijauan hutan bersama para pertani lokal daerah yang menjadi sasaran.
 
“Kendala terbesar yang kita alami itu perihal kepercayaan calon donatur. Karena kita sistemnya crowdfunding dan produk yang kita hasilkan tidak langsung dapat dirasakan, butuh proses dan waktu yang cukup lama untuk melihat hasil dari gerakan ini,” jelas Ben lebih lanjut.
 
Lindungi Hutan, Tumbas.in, dan Sampah Muda, menjadi tiga startup digital dari Semarang yang lolos ke tahap Inkubasi Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. Ketiganya juga dinobatkan menjadi startup terbaik dalam tahapan Bootcamp untuk kota Semarang.

Leave a Comment