RCS Siap Gantikan SMS Dan MMS, Apa itu RCS?

RCS
ArenaLTE.com - Teknologi layanan pesan berupa Rich Communications Services (RCS) diprediksi akan merevolusi pesan berbasis teks pada skala global.
 
RCS atau Rich Message Service adalah merupakan layanan pesan teks layaknya sms yang menggunakan teknologi terkini. Pesan berbasis RCS diprediksi akan gantikan layanan pesan singkat SMS dan MMS.
 
Di Jepang, layanan pesan berbasis RCS oleh operator seluler seperti DoCoMo, KDDI, dan Softbank telah terbukti sukses dengan demo kepada pelanggan sejak 2018, menurut laporan GSMA.
 
Disebutkan bahwa layanan pesan RCS saat ini memiliki 17,5 juta pengguna aktif, angka ini diperkirakan akan meningkat menjadi 40 juta pada 2021.

Dalam keterangannya kepada ArenaLTE, Co-founder Forest Interactive Indonesia Sharon Maurenn mengungkapkan bahwa pesan RCS akan menghadirkan peluang transformatif untuk perusahaan telekomunikasi.
 
RCS memberikan pengalaman olahpesan baru untuk konsumen yang dapat melebihi kemampuan yang disediakan oleh penyedia layanan pesan Over the Top.
 
“Sifat digital interaktif RCS akan membantu perusahaan telekomunikasi untuk memanfaatkan anggaran pemasaran digital untuk dibelanjakan merek dan perusahaan setiap tahun, membuka peluang pendapatan baru yang sebelumnya tidak dapat diakses oleh industri telekomunikasi," jelasnya.

Layanan Pesan RCS

Selain itu, pemain telco paling terkemuka dari Tiongkok, China Mobile, Telecom, dan Unicom baru-baru ini meningkatkan layanan dan inovasi mereka untuk meluncurkan RCS yang berbasis 5G.
 
Integrasi jaringan 5G dan RCS ini akan menciptakan ekosistem olahpesan seluler baru yang membuka lebih banyak peluang bagi penyedia perangkat telekomunikasi dan telekomunikasi.

Meskipun terjadi penurunan dalam konstruksi dan pengujian karena krisis COVID-19, ketiga perusahaan tersebut berencana untuk mendirikan 500.000 BTS 5G tahun ini untuk pengembangan 5G dan aplikasi komersialnya di Tiongkok.



Karena RCS berbasis jaringan internet, pengguna sekarang dapat mengakses berbagai fitur yang disempurnakan yang memungkinkan solusi media yang lebih kaya dan pengalaman real-time yang lebih beragam.
 
Saluran olahpesan yang baru dan menarik secara visual sangat dinamis dengan kemampuan untuk menawarkan fungsi yang lebih menarik dan interaktif seperti percakapan langsung, berbagi file resolusi tinggi, informasi lokasi, dan umpan balik, dan bahkan membaca status last seen.

Leave a Comment