Poin Penting UMKM Tingkatkan Keuntungan Dan Kelancaran Bisnis

ArenaLTE.com - Transaksi sudah menjadi kegiatan sehari-hari yang biasa dilakukan baik di pasar, warung, restoran maupun toko. Di masa serba canggih ini, hampir semua orang lebih menyukai transaksi online karena lebih praktis. Bahkan, anda tidak perlu mencatat secara manual karena ada POS point of sale yang mencatat data penjualan secara otomatis.

Pada umumnya, point of sales merupakan tempat transaksi antara kasir dan pembeli yang berupa mesin kasir, mesin EDC dan smartphone. Media ini telah dilengkapi fitur yang memudahkan proses pembayaran sehingga sangat menguntungkan digunakan terutama bagi UMKM. Bahkan, penggunaan point of sale sangatlah penting karena beberapa hal berikut.

Mengapa Point of Sales Sangat Penting bagi UMKM

1. Transaksi Lebih Mudah

Dengan point of sales, kegiatan transaksi lebih mudah karena dilakukan melalui smartphone atau tablet. Anda bisa menyediakan QR Code atau kode QR di sekitar toko atau setiap meja makan agar pengunjung semakin mudah memesan makanan. Kegiatan transaksi pun tidak akan memakan waktu yang lama.

2. Mencatat Laporan Keuangan

Dalam mengelola bisnis, analisa keuangan sangat perlu dilakukan. Tidak mudah mengelola keuangan karena anda perlu menyusunnya terlebih dahulu. Namun, hal tersebut bukan menjadi permasalahan lagi karena ada aplikasi POS dengan fitur laporan keuangan. Sistem akan menarik data dan menyajikannya dalam bentuk laporan.

Sistem juga menampilkan laporan lain lengkap dengan analisisnya. Misalnya, analisis waktu penjualan paling ramai. Dengan begitu, anda dapat mengatur shift karyawan dengan tepat dan cepat. Bahkan, anda juga bisa menganalisis stok sekaligus biaya pengadaan inventori yang dibutuhkan sesuai pola penjualan harian.

3. Mengembangkan Bisnis

Bisnis UMKM anda tentu ingin berkembang menjadi lebih besar seperti membuka cabang baru dan sejenisnya. Perlu diketahui bahwa anda akan membutuhkan integrasi sistem serta pengawasan sesuai standar dalam membuka cabang baru. Sehingga, pelayanan dan kualitas produk di setiap toko sesuai dengan standar.

Anda bisa mulai menerapkan aplikasi POS pada bisnis dari sekarang. POS pun akan mengelola bisnis secara luas dengan mudah berkat data yang terintegrasi. Anda juga dapat memantau bisnis kapanpun dimanapun karena semua data akan tersimpan di cloud. Kegiatan transaksi pun bisa dilihat secara real time seperti penjualan dan kehadiran karyawan.

4. Otomatisasi

Hampir segala aspek, sistem POS berperan penting sebagai equalizer yang menghindarkan pebisnis dari kegiatan yang memakan banyak waktu dan tenaga. Bisnis UMKM pun dapat berjalan dengan baik dan cepat karena mampu melayani banyak pelanggan sekaligus berkat fitur otomatisasinya yang mapan.

Penjual pun tidak perlu memasukkan data secara manual karena sistem akan mengintegrasi data langsung sekaligus melacak transaksi penjualan, karyawan, inventori dan semacamnya secara langsung. Jika bagian administrasi telah berjalan dengan baik, anda bisa mengalokasikan sumber daya untuk aspek bisnis lainnya.

5. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Penggunaan point of sales bagi UMKM juga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan karena anda bisa menerapkan program membership, penukaran poin, atau pengaturan harga sesuai keinginan dengan cepat dan mudah melalui sistem. Anda juga mudah menganalisa perilaku konsumen atau pelanggan sebagai bahan pengambilan keputusan bisnis yang tepat.

Point of sales sangat berperan penting untuk UMKM. Seperti yang diungkapkan Junaedi selaku Supervisor Tukang Roti cabang Jabodetabek, bahwa penggunaan Aplikasi Kasir Olsera berperan penting dalam membantu perkembangan bisnis karena fiturnya yang komplit. Operasional Tukang Roti lebih lancar dengan laporan penjualan lengkap, fitur Dashboard Franchise juga memberikan kemudahan kelola semua outlet hanya dalam satu sistem. Dan harga yang ditawarkan oleh Olsera terjangkau dan ramah UMKM.

Dapat disimpulkan bahwa sangat penting penggunaan point of sales bagi UMKM. Selain transaksi lebih mudah dan cepat, sistem ini juga memudahkan kegiatan administrasi dan menganalisa perilaku konsumen. Gunakan aplikasi Olsera sebagai sistem POS anda yang cepat, mudah dan praktis. Ada banyak fitur-fitur di dalamnya yang bisa anda manfaatkan untuk penjualan bisnis anda.

Leave a Comment