Pinjam Uang Lewat Smartphone Dengan Aplikasi AwanTunai

AwanTunai
ArenaLTE.com - Salah satu startup financial technology (FinTech) asal Indonesia bernama AwanTunai menawarkan sebuah solusi pinjaman digital bagi seluruh masyarakat Indonesia. Caranya sangat mudah, pengajuan peminjaman dapat dilakukan melalui aplikasi Awan Tunai yang diinstal pada smartphone.

Saat proses pengajuan peminjaman, calon debitur hanya diminta menyertakan identitas diri berupa KTP. Selanjutnya, calon debitur akan mengetahui status persetujuan pinjaman dalam waktu lima belas menit.

Pengajuan pinjaman dapat dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone dan berlaku bagi mereka yang memiliki maupun tidak memiliki rekening bank sebelumnya.

Kehadiran awanTunai ini dapat memudahkan masyarakat Indonesia yang sebagian besar atau sekitar 60% orang dewasa Indonesia belum atau tidak memiliki akses keuangan formal atau dikategorikan unbanked (orang yang tidak mengakses institusi keuangan formal) dan underbanked (orang yang memiliki sejumlah keterbatasan untuk mengakses institusi keuangan formal).

Dino Setiawan, Founder sekaligus Chief Executive Officer AwanTunai mengungkapkan bahwa kehadiran AwanTunai diharapkan dapat mendukung institusi keuangan bank maupun non-bank untuk dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

AwanTunai

Sebagai perusahaan fintech yang beroperasi sejak Mei 2017, AwanTunai telah terverifikasi dan diawasi oleh OJK. Dalam segi investasi AwanTunai telah mendapatkan komitmen pendanaan dari Kredit Plus (PT Finansia Multi Finance) sebesar USD30 juta untuk membiayai pinjaman (lending capital) dan mendukung pertumbuhan bisnis AwanTunai.

Saat ini, AwanTunai telah bekerjasama dengan Blue Bird Group dengan menyediakan program cicilan smartphone untuk meningkatkan produktivitas dan pendapatan para pengemudi. Sebanyak ~ 5.000 driver dalam 2 bulan telah mengajukan program ini dengan approval rate 45%.

Agar lebih dekat dengan target market, AwanTunai juga telah melakukan kerjasama dengan beberapa toko offline yang menjual smartphone dengan tujuan menjadi point of sales financing yang aman, cepat dan mudah.

Kedepannya, AwanTunai akan bekerjasama dengan berbagai mitra untuk memberikan layanan kepada seluruh masyarakat, mulai dari pedagang kecil hingga perusahaan besar. 

Leave a Comment