Ini Dia Resikonya Gunakan Perangkat Pribadi Untuk Kerja

perangkat-pribadi-untuk-bekerja-BYOD-HAcker
ArenaLTE.com - Tahukah kalian jika menggunakan perangkat pribadi untuk bekerja di sebuah perusahaan, mengecek email, membuka akun kantor dan mengakses aplikasi pendukung kerja lain sebagainya menggunakan smartphone atau laptop pribadi ternyata beresiko bagi perusahaan.

VMware. Inc. salah satu pemimpin global di kancah infrastruktur cloud dan business mobility, hari ini merilis temuan-temuan menarik yang dihasilkan dari VMware Digital Workspace Study. Salah satu temuan menarik yang patut mendapatkan perhatian serius adalah adanya risiko besar yang kini berpotensi mengancam sistem keamanan perusahaan-perusahaan di Indonesia.

Betapa tidak, sebab 1 di antara 3 pekerja di Indonesia (34 persen) ternyata menggunakan perangkat pribadi mereka untuk bekerja tanpa sepengetahuan dan tanpa mendapatkan persetujuan dari tim TI perusahaan terlebih dahulu.

Sebanyak 38% responden bahkan mengatakan bahwa mereka sama sekali tidak mengetahui dan tidak mematuhi standar kelaikan TI yang telah ditetapkan perusahaan terkait penggunaan perangkat pribadi untuk bekerja. Kondisi ini tentu saja dapat berpotensi membukakan pintu lebar terhadap masuknya upaya-upaya serangan dan peretasan data, sekaligus meningkatkan risiko terhadap bisnis perusahaan.

Di dalam VMware Digital Workspace Study dikemukakan bahwa dibandingkan negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara dan Korea, Indonesia berada di peringkat teratas untuk kategori jumlah perusahaan yang mengizinkan karyawannya membawa dan menggunakan perangkat pribadinya untuk bekerja.

Empat dari 10 (41 persen) pekerja Indonesia meyakini bahwa departemen TI mereka mendorong digunakannya perangkat pribadi untuk alasan peningkatan produktivitas. Konsekuensinya, 68 persen pekerja Indonesia memanfaatkan perangkat bergerak miliknya untuk mengecek email-email kantor.

Signifikansi jumlah pekerja Indonesia yang menggunakan perangkat pribadi untuk bekerja tanpa persetujuan perusahaan ini dapat pula meningkatkan kerentanan terhadap upaya-upaya peretasan maupun berbagai serangan siber lainnya.

Santoso Suwignyo, Senior Director of Technical Services, Southeast Asia dan Korea, Vmware dalam keterangan resminya mengungkapkan jika  temuan dari survei ini menegaskan fakta bahwa organisasi atau perusahaan yang tidak memiliki digital workspace yang aman membuat mereka kian rentan terekspos ke pelbagai celah yang menjadi titik masuk ke jaringan perusahaan.
 
perangkat-pribadi-untuk-bekerja-BYOD-HAcker
Santoso Suwignyo, Senior Director of Technical Services, Southeast Asia dan Korea, VMware

Tantangan yang muncul dari penerapan Bring Your Own Device (BYOD) tidak sekadar pada persoalan keamanan. Tujuhpuluh persen responden Indonesia mengatakan bahwa mereka menghadapi masalah ketika hendak mengakses aplikasi-aplikasi pendukung kerja.

Problem teratas antara lain adalah “terlalu banyak password yang harus diingat” (32 persen) dan “aplikasi tidak dapat diakses sempurna di perangkat yang berlainan” (28 persen). Untuk mengatasi problem tersebut, karyawan cenderung menggunakan password yang sama untuk seluruh perangkat dan aplikasi (35 persen) yang mereka gunakan atau menuliskannya dalam catatan dan menyimpannya di perangkat bergerak mereka (32 persen).

Penggunaan password yang sama untuk pengaksesan semua aplikasi kerja dan perangkat yang digunakan untuk mendukung produktivitas pekerjaan sesungguhnya membawa risiko keamanan bagi perusahaan.

Risiko kian bertambah ketika makin banyak karyawan yang membuat password sederhana yang dengan mudah dapat dibajak hanya dengan coba-coba memasukkan password berulang-kali atau trial and error.

“Sekali password dapat terbaca pihak yang tidak memiliki kewenangan, maka seluruh data – baik data pekerjaan/kantor maupun data pribadi – dapat diakses oleh orang tak bertanggung jawab, termasuk juga informasi-informasi bisnis penting lainnya yang berada di dalam jaringan,” kata Santoso Suwignyo.

Leave a Comment