Inilah Alasan Pelaku Usaha Online Butuh Website Yang Mobile Friendly

Verisign-Website-yang-Mobile-Friendly
ArenaLTE.com - Pertumbuhan koneksi mobile dan pengguna smartphone terus meningkat setiap menitnya. Menurut GSMA Intelligence, terdapat lebih banyak koneksi melalui mobile dibandingkan dengan jumlah orang di seluruh planet.
 
Menurut Zenith’s Media Consumption Forecast, mobile telah menggantikan komputer dekstop karena lebih banyak orang yang memilih untuk mengakses internet lewat perangkat mobile. Hal ini juga dapat dilihat dari penggunaan internet lewat komputer desktop yang merosot sebesar hampir 16 persen di tahun 2016.
 
Karena fungsionalitasnya, smartphone menjadi media utama untuk meyakinkan konsumen agar membeli atau berlangganan. Karena itu, di era digital ini, sebuah website bisnis harus menjadi mobile-friendly agar tetap kompetitif.

Data Dan Fakta Pengguna Internet Mobile Di Indonesia

  • Di Indonesia, 67,2 juta orang atau 50,7 persen mengakses internet dari telepon genggam dan komputer, dan 63,1 juta orang atau 47,6 persen mengakses internet dari smartphone.
  • Berdasarkan Ericsson Mobility Report 2017, pada kuartal pertama 2017, Indonesia adalah negara ketiga dengan pertumbuhan pengguna internet (mobile) terbesar di dunia, dengan total penambahan langganan internet mobile lebih dari 10 juta setelah India dan Tiongkok.
  • Menurut We Are Social, 35% dari populasi Indonesia memiliki akun sosial media yang aktif dan dapat mengakses jaringan sosial media ternama melalui mobile.
Jadi, apabila situs web bisnis Anda saat ini belum mobile friendly, Anda harus mempertimbangkan untuk segera mengubah pendekatan Anda. Karena secara sederhana, saat ini pelanggan Anda sedang menantikannya.
 
Ada beberapa cara untuk membuat situs Anda mobile-friendly, tetapi salah satu cara terbaik adalah dengan mengadopsi desain web yang responsif, yang dapat membuat situs web Anda menyesuaikan dengan layar apapun seperti layar desktop, tablet, atau smartphone. Ini dapat memberikan pengalaman mobile untuk pelanggan—tidak perlu memperbesar, memperkecil, ataupun melakukan scrolling.

Verisign-Website-yang-Mobile-Friendly

Manfaat desain website yang  mobile friendly, antara lain yaitu :

1. Peningkatan penjualan: Situs mobile dapat membantu meningkatkan pembelian mobile. Faktanya, perusahaan yang menggunakan desain responsif biasanya mengalami peningkatan rasio konversi dibandingkan dengan mereka yang tidak menggunakannya.
2. Pengukuhan merek: Konsumen menginginkan pengalaman yang mudah dan mulus di situs Anda. Pengalamanmobile yang buruk dapat menciptakan kesan negatif bagi Anda dan perusahaan Anda.
3. Penghematan biaya: desain web responsif dapat menghemat biaya dan waktu tambahan untuk mengelola situs web dan situs mobile
4. Lebih baik untuk mesin pencari: mesin pencari seperti Google dan Bing lebih menyukai situs yang responsif, yang dapat membantu untuk menaikkan ranking di halaman hasil pencarian.
 
Untuk benar-benar terhubung dengan pelanggan saat ini, Anda perlu menciptakan pengalaman yang paling optimal untuk audiens Anda. Menggunakan desain web responsif dapat membantu Anda untuk mencapai pengalaman yang optimal dengan cara menggunakan dan mempromosikan pendekatan “user-centric” yang dapat memberikan pengalaman konsisten seperti yang diinginkan pelanggan dari perangkat yang mereka gunakan.
 
Yang harus dipahami oleh pelaku usaha online bahwa seseorang tidak selalu ada di dekat komputer, tetapi banyak orang memiliki perangkat mobile yang mereka bawa setiap saat. Dan apabila para pelanggan bisa mengakses situs web Anda dari telepon seluler mereka semudah mereka mengaksesnya dari laptop, mereka akan memiliki akses yang lebih luas ke bisnis Anda, dan ini selalu merupakan jawaban yang tepat.

Leave a Comment