Nokia Tansformasi Jaringan Fiberstar di Indonesia

ArenaLTE.com - FiberStar, penyedia layanan infrastruktur nasional, telah memilih teknologi dan layanan Nokia untuk membantu dalam penggelaran jaringan canggih Internet Protocol Multiprotocol Label Switching (IP /MPLS) Metro Ethernet di 48 kota di Pulau Jawa dan Bali.

Keunikan jaringan MPLS ada di skalabilitas dan fleksibilitasnya dalam merelay data, memungkinkan untuk memberikan kinerja luar biasa, meningkatkan uptime dan mengurangi network congestion. Sehingga, jaringan tersebut akan memungkinkan masyarakat untuk dapat menikmati broadband kecepatan tinggi dan layanan-layanan berkualitas tinggi berbasis IP lainnya.

Solusi Nokia untuk jaringan FiberStar meliputi seri 7750 Service Router (SR), yang menyediakan jaringan dengan kinerja tinggi dan mendukung penyediaan layanan-layanan canggih. Hal ini  membuka jalan untuk memanfaatkan layanan Software Defined Network (SDN) dan Network Functions Virtualization (NFV) masa depan.

Penggelaran jaringan tersebut juga diperkuat oleh 5620 Service Aware Manager (SAM) Nokia, yang membantu kelancaran operasi dengan mengintegrasikan IP dan lapisan-lapisan optik dari infrastruktur jaringan tersebut. Hal ini mengurangi biaya operasional dan menawarkan layanan-layanan yang semakin dinamis.

Sugiharto Darmakusuma, President Director FiberStar, berkata: “Jaringan IP/MPLS yang baru dan skalabel akan membantu kami memenuhi kebutuhan para konsumen kami. FiberStar menjalin kerja sama dengan Nokia, karena kami memiliki cita-cita yang sama untuk mempercepat pembangunan nasional dan meningkatkan kualitas hidup orang Indonesia melalui koneksi broadband berkecepatan tinggi. Dengan keahlian Nokia yang telah terbukti, kami akan mampu  memberikan layanan data broadband berkecepatan tinggi, voice dan layanan TV kabel bagi pelanggan kami.”

Robert Cattanach, President Director of Indonesia Nokia,  berkata: “ Setelah menggelar layanan Transport 100G untuk FiberStar di Pulau Jawa dan Bali, kami dengan gembira mengumumkan penggelaran IP/MPLS yang baru, yang akan membantu FiberStar mengembangkan jaringannya demi peningkatan kualitas dan layanan baru bagi pelanggannya. Kami mengharapkan hubungan jangka panjang dan saling menguntungkan.”

FiberStar akan menggunakan produk-produk dari portofolio platform routing multi-service, 7750 Service Router (SR) Nokia, yang memberikan jaringan dengan kinerja tinggi yang mendukung penyediaan layanan-layanan canggih di era Cloud dan IoT.

Leave a Comment