Nokia Demonstrasi 5G New Radio (NR) Dengan Teknologi Massive MIMO

ArenaLTE.com - Nokia dan Operator Sprint mendemonstrasikan secara langsung koneksi 5G New Radio (NR) yang pertama kali digelar di Amerika Serikat melalui teknologi radio Dual Mode Massive MIMO, yang membawa teknologi revolusioner ini selangkah lebih dekat ke kenyataan.
 
Hadir di booth Sprint (Booth Nomor S1702) selama acara Mobile World Congress Americas, kedua perusahaan tersebut menggunakan spektrum 2,5 GHz dari Sprint, AirScale Base Station komersial dan Massive MIMO Active Antenna dari Nokia, serta emulator perangkat uji coba VIAVI TM500 5G.
 
Pertama kali digelar di AS, koneksi live sistem 5G NR yang menggunakan Massive MIMO Active Antenna ini dapat mendukung spektrum hingga 120 MHz dalam 2,5 GHz. AirScale dan Massive MIMO Active Antenna Nokia diperkirakan akan memberikan keluaran downlink puncak hingga 3 Gbps untuk sektor tunggal pada jaringan 5G dan LTE secara bersamaan dengan menggunakan spektrum Sprint.
 
Hal ini memungkinkan Sprint untuk menghadirkan jaringan 4G LTE dan 5G di radio yang sama agar dapat terus memenuhi permintaan pelanggan akan data tanpa batas dan aplikasi dengan bandwidth tinggi. Teknologi 5G akan menghadirkan pengalaman yang hebat saat melakukan streaming video 4K dan 8K, dan saat menggunakan aplikasi seperti HD Virtual Reality.
 
John Saw, Chief Technology Officer, Sprint, mengungkapkan jika kolaborasi Sprint dengan Nokialewat koneksi sistem 5G NR yang dipertunjukkan secara langsung untuk pertama kalinya ini akan membantu kami dalam menghadirkan teknologi 5G mobile ke pasar AS pada paruh pertama tahun 2019.

"Mengingat kapasitas spektrum kami yang luas, Sprint merupakan satu-satunya operator di dunia yang memiliki kapasitas yang memadai untuk mengoperasikan LTE dan 5G secara bersamaan dengan menggunakan Massive MIMO dan channel-channel besar dan berlisensi pada spektrum 100 MHz di radio yang sama,” tegasnya.
 
Marc Rouanne, President of Mobile Networks, Nokia juga menjelaskan jika demonstrasi gabungan 5G NR yang menggunakan teknologi Massive MIMO dari Nokia ini sebagai bagian dari strategi Next-Gen Network Nokia.
 
Menurut Marc Rouanne kapasitas sel yang signifikan yang dihadirkan oleh Massive MIMO merupakan alasan mengapa teknologi ini memainkan peran penting dalam dunia 5G, yang akan memungkinkan Sprint untuk menghadirkan peningkatan cakupan, keandalan, dan kecepatan di seluruh jaringan nasionalnya.
 
Massive MIMO, yang diciptakan oleh Nokia Bell Labs, juga ditampilkan bersama dengan demonstrasi koneksi 5G NR secara langsung. Selain itu, Nokia dan Sprint juga menampilkan demonstrasi teknologi 5G lainnya di booth Sprint, termasuk kasus-kasus penggunaan latensi rendah untuk keselamatan publik dan car platooning, serta demo Augmented Reality untuk perusahaan enterprise.

Leave a Comment