​Microsoft Akhirnya Menyerah, “Windows Phone is dead”

ArenaLTE.com - Melalui cuitannya di Twitter, Joe Belfiore dari Microsoft mengungkapkan jika perusahaan software raksasa tersebut tidak akan lagi mengembangkan fitur baru, software dan harware untuk Windows 10 Mobile.

Padahal para pengguna Windows Phone masih berharap Microsoft akan memperbarui platform dan sitem operasi yang digunakan dengan fitur baru. Dan sekarang terungkap sudah bahwa sistem operasi Windows Phone yang sekarang digunakan oleh para penggunanya untuk selanjutnya tidak akan ada pengembangan baru, hanya perbaikan bugs dan update security saja.

Dalam cuitannya Belfiore mengatakan "Tentu saja kita akan terus mendukung platform .. perbaikan bug, update keamanan," "Tapi tidak fokus untuk mengembangkan dan membuat fitur baru.”

Selama fase pengembangan Windows 10 Fall Creators Update yang dilakukan baru-baru ini juga terlihat sangat jelas bahwa Microsoft tidak lagi mengembangkan proyek untuk meningkatkan pengalaman mobile. Hal ini yang membuat para penggemar Windows Phone kecewa.

Memang sudah hampir setahun lamanya platform windows Phone berhenti, namun belum ada pernyataan resmi dari pihak Microsoft mengenai status dari windows phone. Padahal ribuan PHK karyawan terjadi tahun lalu yang mengungkapkan jelas penghentian bisnis Windows Phone ini.

Bahkan baru-baru ini, CEO Microsoft Satya Nadella mengungkapkan fokus Microsoft "mobile-first, cloud-first" yang digambarkan sebagai pengembangan pada skenario multi-perangkat dan teknologi cloud yang tidak selalu melibatkan Windows.

Belfiore juga mengakui bahwa ia beralih ke Android, sama seperti Bill Gates, dan Microsoft akan mendukung pelanggan Windows 10 yang ingin menggunakan Android dan iOS di ponsel mereka.



Salah satu alasan besar Microsoft menyerah pada Windows Phone adalah karena pengembang tidak pernah mendukung platform tersebut. Microsoft memiliki banyak masalah dengan toko aplikasi Windows Phone-nya, dan tidak mampu untuk mempertahankan dan mengembangkan aplikasi pendukungnya.

"Kami telah berusaha sangat keras untuk mendorong developer aplikasi," jelas Belfiore. "Memberikan uang investasi .. mengembangkan aplikasi bersama mereka .. namun jumlah pengguna windows phone masih sangat kecil jadi tidak banyak perusahaan ingin berinvestasi untuk pengembangan aplikasi tersebut,” ungkap Belfiore di Twitternya.

Sudah jelas bahwa Microsoft mulai menerima kenyataan jika masyarakat tidak membutuhkan windows di ponsel mereka. Dan para developer juga lebih fokus membuat aplikasi baru untuk iOS dan Android dalam beberapa tahun terakhir ini.

Bahkan Browser Microsoft Edge juga dikembangkan untuk iOS dan Android yang sedang dibuat koneksi khusus untuk menyambukan antara data pada komputer dengan ponsel diantara aplikasi tersebut.

Bahkan launcher Microsoft terbaru untuk Android juga sudah diluncurkan untuk menambah pengalaman para pengguna Android. Dan sepertinya kita tidak akan melihat lagi perangkat baru buatan Microsoft dengan Sistem Windows Phone terbaru , justru akan banyak lagi aplikasi dan games buatan Microsoft untuk Android dan iOS.

Leave a Comment