Merencanakan Keuangan Makin Mudah dengan Aplikasi Digital

ArenaLTE.com - ArenaLTE.com - Tingkat penetrasi asuransi di Indonesia masih sangat rendah. Hal ini disebabkan oleh rendahnya tingkat pemahaman masyarakat tentang pentingnya merencanakan keuangan dan berasuransi. Hasil survei yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di tahun 2013 menunjukkan bahwa hanya 18 persen dari populasi penduduk yang memiliki pemahaman yang cukup tentang asuransi, dan hanya 11,8 persen yang memiliki asuransi.

Di sisi lain, terjadi tren pertumbuhan pengguna internet dan smartphone yang signifikan di Indonesia, yang mencapai mencapai 78 persen. Hal ini membuat Commonwealth Life tergerak untuk meluncurkan aplikasi kalkulator finansial versi terbaru. "Kami paham betul akan perkembangan akses informasi yang lebih mudah mengenai perencanaan keuangan seperti kalkulator finansial ini, terutama bagi generasi millennial. Dengan menyediakan aplikasi smartphone dan menambahkan fitur yang memudahkan pengguna untuk merencanakan keuangan dan sharing mengenai informasi ini di media sosial mereka,” ujar Pieter Wattimena, Alternative Distribution Channel Director Commonwealth Life, saat peluncuran di Jakarta (26/11/2015)

Dijelaskan lebih lanjut, kalkulator finansial ini akan membantu dan memungkinkan siapa saja untuk merencanakan keuangan dan memahami tujuan serta kebutuhan finansial sesuai profil kehidupan. Aplikasi bernama CommLife Financial Calculator ini bisa diakses komputer, smartphone, dan tablet berbasis sistem operasi Android dan iOS.

screenshot-aplikasi-financi

Commonwealth Life menyediakan fitur yang praktis bagi masyarakat termasuk pengguna awam yang tidak memiliki latar belakang atau pengetahuan merencanakan keuangan, serta cara mengkalkulasi dan memulai sendiri target perencanaan finansialnya baik dalam jangka pendek, menengah, maupun panjang dengan mudah. Meski demikian, fasilitas ini tidak bertujuan untuk menggantikan peran dari profesi perencana keuangan professional.

Kalkulator finansial Commonwealth Life juga dilengkapi dengan 3 aspek perencanaan keuangan yakni untuk memahami mengenai perencanaan keuangan untuk pendidikan, masa depan, dan pensiun. Dalam proses penghitungan jumlah dana yang diinginkan, fitur kalkulator finansial juga menginformasikan kepada pengguna tentang atribut perencanaan keuangan, seperti istilah-istilah mengenai tipe investasi, profil risiko, dan juga memberikan saran mengenai produk investasi yang sesuai untuk mencapai tujuan keuangan pengguna.

 

Leave a Comment