Mengintip Sepak Terjang OPPO di Segmen Kamera Ponsel (bagian 2)

ArenaLTE.com - Upaya OPPO memperkuat fitur dan kemampuan kamera semakin terlihat dari tahun ke tahun. Padahal dari awal, OPPO tak memposisikan diri sebagai produsen ponsel kamera. Tapi sang vendor memang berkomitmen untuk memberikan yang terbaik buat pengguna soal kemampuan kamera ponsel.

Sebelumnya, ArenaLTE.com sudah mengulas perkembangan awal bagaimana OPPO meracik ponsel mereka dengan sisipan fitur kamera terbaik. Hingga tahun 2012, sang vendor telah memperkokoh pondasi sebagai produk dengan fasilitas kamera yang menjanjikan. Tahun berikutnya, OPPO semakin konsisten dan beberapa perubahan-perubahan penting pun terjadi sepanjang 2013 hingga tahun 2016.

2013: Inovasi Kamera di OPPO Find 5

2013 ditandai dengan kemunculan OPPO Find 5. Merupakan ponsel flagship dan menjadi benchmark untuk smartphone-smartphone di tahun 2013 ini. OPPO Find 5 merupakan ponsel pertama dengan hardware yang mendukung teknologi HDR di Fitur Video recorder-nya. Ponsel ini juga merupakan model pertama yang membawa kemampuan rekam video dalam kecepatan tinggi, yakni 90 hingga 120 fps pada resolusi 720p dan 480p. Namun bukan itu saja yang terjadi di 2013. Tahun tersebut merupakan tahun perkembangan teknologi kamera OPPO yang cukup kaya akan inovasi.

Selain fitur HDR pada Video recorder, tahun ini juga adalah tahun kemunculan OPPO N1 yang memiliki lensa kamera putar, hingga 260 derajat. Dibekali kamera 13 MP untuk mengambil gambar yang ada, bukan hanya di belakang ponsel, namun juga obyek yang ada di depannya.

Pada tahun yang sama, OPPO juga mulai memperkenalkan teknologi slow exposure hingga 8s. Menjadikan fotografi ponsel lebih menarik , menyenangkan dan memiliki banyak kemungkinan-kemungkinan baru.

2014: Penyempurnaan Mobile Photography di OPPO Find 7

OPPO Find 7 yang hadir di tahun 2014 merupakan stage penting dalam perkembangan fotografi mobile OPPO. Memperkenalkan teknologi Ultra-HD lebih dulu dari iPhone, dimana kualitas gambar yang ditangkap oleh lensa 13 MP dapat ditingkatkaan menjadi lebih rapat, hinga memiliki resolusi 50 MP.

OPPO Find 7 juga sudah dilengkapi dengan teknologi Multi-Frame Stablization. Saat kita menekan tombol shutter, sejumlah gambar akan tertangkap secara berkesinambungan di belakang sistem. Foto yang terbaik kemudian akan secara otonatis tersimpan. Keseluruhan proses ini berlangsung hanya puluhan milisecond. Pada saat itu, teknologi tersebut merupakan teknologi pemilihan multi-frame otomatis yang berjalan di belakang sistem tercepat, juga fitur image stabilization terbaik yang ada di pasaran.

Tahun ini, OPPO N3 juga hadir, dilengkapi dengan kamera putar 206 derajat yang sudah diupgrade menggunakan motor. Merupakan satu-satunya produk ponsel yang memiliki paten teknologi kamera putar dengan motorisasi. Lensa OPPO N3 juga mendapatkan sertifikat dari perusahaan lensa asal Jerman, Schneider Kreuznach. Lensa CMOS 1/2.3 inci dan 16 MP tersebut memungkinkan ukuran pixel mencapai 1.34 micrometer, yang mana telah meningkatkan kualitas gambar yang dihasilkan kamera OPPO N3. Ketika Ultra-HD digunakan, kualitas gambarnya bisa mencapai 64 MP.

OPPO N3 memiliki fungsi unik berupa auto panorama, fun tracking, dan sebagainya. Membuat fotografi ponsel menjadi lebih kreatif dan bisa dieksplor lebih lanjut.

2015: Screen Flash dan R7 di 2015

OPPO R7 membawa teknologi PDAF (phase detection Auto Focus), merupakan inovasi baru yang patut disebutkan di sini. Teknologi PDAF yang biasanya ada di lensa-lensa DSLR memungkinkan pengambilan gambar dengan kecepatan fokus hingga 0.1 detik. Dan OPPO R7 menjadi ponsel pertama di pasaran yang membawa teknologi tersebut.Baik R7 yang berbasis Qualcomm, maupun Mediatek.

Di tahun yang sama, OPPO juga melepas teknologi Screen Flash, beberapa bulan sebelum iPhone melepas teknologi serupa, retina flash. Mengkombinasikannya dengan fitur beauty selfie 3.0 yang telah diupgrade, pengguna dapat mengambil gambar selfie natural meski dalam kondisi cahaya yang redup alias low-light.

2016: OPPO F series

Seri F OPPO muncul di tahun 2016. Seri ini dibuat khusus untuk pengambilan foto. F1 sebagai model pertama, dirilis pada bulan Januari 2016, membawa teknologi selfie camera hingga di titik sekarang yang kita kenal bersama.

2017: Kejutan Baru?

Kabarnya di MWC 2017, OPPO juga akan mengumumkan sebuah produk yang membawa teknoogi kamera ponsel ke level yang lebih tinggi lagi. Menurut sejumlah teaser yang muncul, nampaknya teknologi kamera ini akan berkonsentrasi pada kemampuan lensa utama. 5X. Demikian yang tertampil di materi promo MWC OPPO 2017.

Leave a Comment